Lactoclub Community

Diskusi Dengan Expert

Simak dan diskusi langsung seputar tumbuh kembang anak bersama para expert

banner banner
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
1 February 2024, 11:04:49

Anemia Bisa Jadi Penyebab Berat Badan Anak Turun, Kenali Cara Mengatasinya!

Indonesia sedang memerangi stunting karena angka stunting di Indonesia yang masih cukup tinggi. Stunting artinya adalah tinggi badan anak yang kurang dibandingkan anak seusianya dan disebabkan oleh gangguan gizi atau penyakit kronis.

Stunting diawali dengan berat badan anak yang tidak naik dalam waktu lama. Salah satu penyebab kenaikan BB anak seret adalah kurang darah atau anemia yang masih sering dialamin anak Indonesia. Selain menyebabkan BB anak tidak baik, anemia juga bisa mengganggu kecerdasan anak.

Yuk Moms boleh tanya dan diskusi, apa sih penyebab anemia dan bagaimana cara mengatasi anemia pada anak

142 Komentar
C
Citra Tiasani putri
1 February 2024, 15:51:53
C
Citra Tiasani putri
1 February 2024, 15:51:53

Ijin bertanya dok, ciri ciri anak yg terkena anemia itu apa ya? Terus kalau anaknya tinggi tapi berat badan nya susah naik apa itu termasuk stunting juga dok?

0
4
0
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 15:04:16
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 15:04:16

Ciri anemia: anak pucat (bandingkan warna telapak tangan anak dengan orang yang sehat), lemah, lesu, pertumbuhan dan perkembangan terganggu, atau sering sakit dan nafsu makan turun. Stunting adalah tinggi badan yang kurang. Mom Citra bisa cek tinggi badan si kecil di kurva pertumbuhan, atau tanyakan ke dokter terdekat

C
Citra Tiasani putri
3 February 2024, 15:22:20
C
Citra Tiasani putri
3 February 2024, 15:22:20

Kalo anak saya tinggi nya normal dok hanya berat badannya saja yg susah naik. Ada faktor lain kah dok selain anemia yg bisa mempengaruhi berat badan anak stuck?

W
Weslin Gartini
1 February 2024, 16:03:14
W
Weslin Gartini
1 February 2024, 16:03:14

Siang dok, ijin tanya dok sebetulnya apa yg membedakan penurunan berat badan akibat anemia atau bukan? Anakku BB nya gak stabil, tapi aku masih bingung cara ngebedain dia tuh anemia atau karena faktor lain ya.. Mohon pencerahannya dokter

0
3
0
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 15:03:03
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 15:03:03

Hi Mom Weslin.. diagnosis pasti anemia harus melalui pemeriksaan laboratorium, dengan melihat kadar Hb si kecil. Dari ciri fisik saja, kita tidak bisa mengetahui secara pasti

C
Chika Pramesti Soetanto
1 February 2024, 16:13:54
C
Chika Pramesti Soetanto
1 February 2024, 16:13:54

Waahhh.. Ini menarik bgt dok, mungkin ada saran jenis nutrisi apa aja yg harus kita kasih ke anak kita supaya gak mengalami anemia maupun stunting dok? Terima kasih

0
3
0
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 15:01:31
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 15:01:31

Membahas tumbuh kembang anak mmg selalu menarik ya mom Chika.. Suplemen dan vitamin yang dianjurkan oleh WHO dan IDAI adalah : (1) Vitamin D (2) Zat besi (terutama untuk anak usia 4 bulan s/d 2 tahun (3) Vitamin A dosis tinggi tiap 6 bulan

dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 15:02:05
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 15:02:05

Oya tentu saja, jangan lupakan protein hewani ya..ini sangat penting untuk pertumbuhan anak.

R
Refika Artari
1 February 2024, 16:17:51
R
Refika Artari
1 February 2024, 16:17:51

izin bertanya dok, bagaimana dgn anak yg hb nya normal tapi feritin rendah. itu kenapa ya dok? makasih

0
2
0
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:59:46
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:59:46

Halo mom Refika.. sudah pernah cek laboratorium yah.. Feritin mencerminkan simpanan zat besi dalam tubuh anak. Bila feritin rendah, namun zat besi masih cukup tersedia untuk membentuk Hb, maka bisa jadi tidak anemia. Namun pada kondisi ini mom harus hati2 karena caddangan zat besi tubuh sudah rendah, bila asupan zat besi tidak cukup, anak akan mudah terkena anemia karenan kekurangan zat besi

G
guest guest
3 February 2024, 15:35:48
G
guest guest
3 February 2024, 15:35:48

sudah periksa dok. makanya bingung feritin nya kok rendah.. makasih dok jawabannya

N
Norma Ratih
1 February 2024, 16:20:55
N
Norma Ratih
1 February 2024, 16:20:55

sore dr Devie Sp.A, maaf mau tanya apakah anemia ini bisa menyerang pada bayi yg belum mpasi?jika iya, apa yg hrs dilakukan untuk pencegahan dan penanganannya ya dok? mengingat 1000hr periode emas anak itu sangat penting..terima kasih sebelumnya 🙏

0
3
0
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:57:50
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:57:50

Wah bagus banget nih pertanyaan mom Norma.. benar sekali, kita harus mencegah anemia di 1000 HPK. Anemia bisa terjadi pada bayi sebelum usia MPASI. Mom harus pastikan tidak kekurangan zat besi saat hamil, berikan ASI eskslusif, dan menginjak usia bayi 4 bulan, tanyakan ke dokter yang menangani, apakah perlu diberikan suplemen zat besi

G
guest guest
3 February 2024, 15:16:28
G
guest guest
3 February 2024, 15:16:28

ouh gitu ya dok..btw dok, apakah untuk mencegah anemia ini busui juga harus minum suplemen khusus?

dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 15:46:45

Untuk busui tidak ada suplemen khusus, hanya pastikan asupan makanan dengan sumber protein hewan dan sumber zat besi yang cukup

H
hana rismayanti
1 February 2024, 16:25:26
H
hana rismayanti
1 February 2024, 16:25:26

bagaimana ya dok agar anak terhindar dari anemia? anakku susah nih dsuru makan sayur hijau.

0
3
1
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:55:36
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:55:36

Halo Mom Hana... Mencegah anemia defisiensi besi: (1) Pastikan ibu hamil tidak mendertia anemia (2) ASI eksklusif (3) MPASI yang kaya zat besi, yaitu daging merah dan hati dan sumber hewani lainnya (4) suplementasi zat besi mulai bayi berusia 4-6 bulan yang dosisnya sebaiknya ditanyakn dulu ek dokter terdekat... Nah, jadi, sumber zat besi yang baik bukan dari sayur ya... tetapi dari sumber hewani (protein hewan)

W
Windarini -
3 February 2024, 15:11:16
W
Windarini -
3 February 2024, 15:11:16

Dok mau tanya kalo ibunya pada saat hamil pernah anemia, apakah bayi lahirnya ada kemungkinan anemia juga?

G
guest guest
3 February 2024, 15:38:07
G
guest guest
3 February 2024, 15:38:07

trima kasih dok. oya untuk kandungan zat besi lebih besar mana antara daging merah sm hati ? soalnya anakku gak suka kalo sm hati ayam / sapi

I
Iis Ismawati
1 February 2024, 16:36:09
I
Iis Ismawati
1 February 2024, 16:36:09

Halo dok belum lama bulan Desember tahun lalu anakku usia 9 bulan juga anemia, katanya kekurangan zat besi juga. Disuruh minum zat besi dokter tapi sekarang belum minum lagi, apa boleh sekarang rutin minum zat besi lagi dok?

0
4
0
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:53:02
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:53:02

Hi Mom Iis, bila sudah terdeteksi anemia karena defisiensi besi, yuk, rutin kan zat besi nya lagi, tentu saja dalam pemantauan dokter ya, karena dosisnya harus dihitung berdasarkan BB anak. Selain itu, dokter perlu pantau berkala kadar Hb nya. DImulai lagi ya terapinya, karena dampak terbesar anemia: tumbuh kembang dan kecerdasan terganggu, daya tahan tubuh lemah, pada anemia berat bisa mengakibatkan sesak napas dan gangguan jantung.

W
Windarini -
3 February 2024, 15:15:49
W
Windarini -
3 February 2024, 15:15:49

Dok devi, ijin bertanya kalo sudah terdeteksi defisiensi zat besi apakah harus rutin minum zat besi? Bisa tidak tanpa minum zat besi tp anak rutin makan makanan yg tinggi zat besi nya?

G
guest guest
3 February 2024, 15:30:25
G
guest guest
3 February 2024, 15:30:25

Oh gitu dok, jadi harus Konsul lagi ya dok biar dapet dosis obat yang tepat. Terimakasih dokter

D
Devi Novia
1 February 2024, 17:41:26
D
Devi Novia
1 February 2024, 17:41:26

Selamat sore Dok, saya ijin bertanya ya dok, apa ciri-ciri dari Anemia dan dampak terbesar terkena Anemia itu dari usia berapa ya dok lalu bagaimana cara mencegah Anemia? Terimakasih

0
3
0
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:51:41
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:51:41

Halo mom Devi, ciri anemia bisa dilihat apda jawaban2 di atas yah.. dampak terbesar anemia: tumbuh kembang dan kecerdasan terganggu, daya tahan tubuh lemah, pada anemia berat bisa mengakibatkan sesak napas dan gangguan jantung.

G
guest guest
3 February 2024, 15:45:30
G
guest guest
3 February 2024, 15:45:30

Baik terimakasih dokter

D
Devi Novia
3 February 2024, 15:47:19
D
Devi Novia
3 February 2024, 15:47:19

Baik terimakasih dokter

F
febylasmia22@gmail.com Febylasmia
1 February 2024, 19:40:07
F
febylasmia22@gmail.com Febylasmia
1 February 2024, 19:40:07

Terimakasih dokter untuk infonya. Izin bertanya dok, anakku kan naik BB nya agak sulit dok, ada kayanya 1 tahun ga naik BB. Tapi tingginya sudah sesuai usianya, apa ada kemungkinan anemia juga ? Perlu konsumsi multivitamin kah?

0
4
0
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:48:49
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:48:49

Halo mom Feby, sebainya pemberian vitamin dan suplemen disesuaikan dengan kebutuhan anak, tidak semua multivitamin diperlukan dan bisa diberikan jangka panjang untuk anak. Bila BB anak sulit naik, emmang benar salah satu penyebabnya adalah anemia. Namun mom perlu konsultasikan terlebih dahulu apakah benar si kecil menderita anemia dengan pemeriksaan darah. Bila memang ebnar ada anemia, maka dokter akan menghitung kebutuhan atau dosis zat besi yang diperlukan

D
Damuin Damuin
1 February 2024, 19:48:28
D
Damuin Damuin
1 February 2024, 19:48:28

Dok izin bertanya, Apa benar jika ibu hamil kekurangan penambah darah anaknya akan anemia? Terimakasih

0
3
0
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:46:24
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:46:24

Halo siang... Penyebab anemia terbanyak di Indonesia adalah anemia defisiensi besi (ADB). Ibu hamil yang ADB berisiko memiliki anak yang juga ADB karena Cadangan zat besi rendah pada ibu. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan mendapat tablet zat ebsi (penambah darah)

D
Damuin Damuin
4 February 2024, 21:51:18
D
Damuin Damuin
4 February 2024, 21:51:18

Terimakasih dokter untuk informasi dan penjelasannya, sangat jelas dan bermanfaar 😊

H
Hany Wulandari
1 February 2024, 20:44:24
H
Hany Wulandari
1 February 2024, 20:44:24

Izin bertanya dok, anak saya sekarang berumur 4 th laki-laki ,termasuk yang BBnya sulit sekali naik, dan makannya agak susah, sempat khawatir stunting karena bb nya yg masih diangka 15kg dengan tinggi 95cm apakah masih normal yah dok?, dan ciri-ciri anak yang terkena anemia apa yah dok, karena anak saya alhamdulillah jarang sakit dan aktif

0
4
0
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:45:34
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:45:34

Ciri anemia: anak pucat (bandingkan warna telapak tangan anak dengan orang yang sehat), lemah, lesu, pertumbuhan dan perkembangan terganggu, atau sering sakit dan nafsu makan turun.

G
guest guest
3 February 2024, 16:06:39
G
guest guest
3 February 2024, 16:06:39

Baik, terimakasih dok

H
Hany Wulandari
3 February 2024, 16:10:53
H
Hany Wulandari
3 February 2024, 16:10:53

Baik , terimakasih dok☺

A
Ade Arofah
1 February 2024, 21:52:00
A
Ade Arofah
1 February 2024, 21:52:00

Dok izin bertanya, Apa Ciri ciri anak yang Anemia? Bagaimana Penanganannya? Terimakasih

0
3
0
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:45:11
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:45:11

Ciri anemia: anak pucat (bandingkan warna telapak tangan anak dengan orang yang sehat), lemah, lesu, pertumbuhan dan perkembangan terganggu, atau sering sakit dan nafsu makan turun. Penangannya sangat tergantung apda penyebab anemia nya ya mom Ade.

G
guest guest
3 February 2024, 14:59:05
G
guest guest
3 February 2024, 14:59:05

Terimakasih dok atas jawaban dan informasinya 😊

I
IRA SARI
2 February 2024, 05:31:50
I
IRA SARI
2 February 2024, 05:31:50

Hallo dok, ijin bertanya, anak saya dari usia 1 tahun tidak pernah mau makan nasi dan makan makanan lainnya, hanya mau minum sufor aja, sampe sekarang usia 3,5th. Di usia dia hampir 2 tahun pernah bb nya susah naik dok, klo pun naik lgsg skit dan akhirnya bb nya turun lgi, tapi untuk tb dia sllu naik dok.. Itu gmana ya dok apakah anak saya anemia/mengalami stunting? Dan untuk tidak mau mkn apa pun apakah saya sdah harus ke DSA?.. Lihat nasi dan lauknya aja lgsg kabur dok.

0
3
0
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:43:52
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:43:52

Halo mom Ira, susu hanya cukup untuk usia 6 bulan ke bawah. Di atas usia tersebut, anak membutuhkan makanan padat untuk mendukung pertumbuhannya. Bila si kecil mengalami trauma makan (kabur melihat nasi dan lauk), sebaiknya mom segera konsul ke dokter anak, karena pastinya susu saja tidak cukup untuk anak yang berusia 3,5 tahun.

E
Elis lia
2 February 2024, 07:36:29
E
Elis lia
2 February 2024, 07:36:29

Halo dok, ijin bertanya. Anak saya usianya 2 tahun dan sudah 2 bulan ini BB nya tuh tetap 10kg aja. Padahal anaknya aktif sekali dan saya selalu memberi dia tuh sayuran hijau, buah dan daging juga. Tapi memang makannya itu selalu sedikit-sedikit. Apakah ini termasuk anemia dok? Jika ia, bagaimana cara mengobatinya ya dok? Terimakasih sebelumnya.

0
3
0
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:41:47
dr. Devie Kristiani Sp.A(K)
3 February 2024, 14:41:47

Bila asupan gizi baik, namun BB tidak naik, salah satu yang harus disingkirkan adalah anemia. Sebelumnya, mom perlu pastikan dengan pemeriksaan laboratorium darah. Menurut anjuran IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), suplemen zat besi boleh mulai diberikan untuk bayi yang berusia 4-6 bulan. Untuk dosisnya konsultasikan dulu ek dokter anak ya

G
guest guest
3 February 2024, 14:59:26
G
guest guest
3 February 2024, 14:59:26

Baik dok terimakasih atas jawabannya dok

N
Nena Manik Gardiana
2 February 2024, 08:05:18
N
Nena Manik Gardiana
2 February 2024, 08:05:18