Lactoclub Community

Diskusi Dengan Expert

Simak dan diskusi langsung seputar tumbuh kembang anak bersama para expert

banner banner
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
15 February 2024, 13:54:44

Feeding Rules pada Anak

Prinsip pemberian makan anak yang benar adalah:

1. Tepat waktu. ada jadwal makan yg teratur (umumnya terdiri dari 3x makan besar, diselingi oleh 2x makan ringan/snack). Atur sedemikian rupa sehingga jarak antar makan tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh (biasanya tiap 3 jam sekali). Susu/ASI bisa diberikan sebelum tidur atau saat malam hari jika terbangun, pastikan susu/ASI terakhir diberikan 2-3 jam sebelum makan pagi ya.

2. Adekuat. Upayakan makan besarnya itu terdiri dari karbohidrat, lemak, protein hewani serta sayur/buah sehingga gizinya seimbang atau lebih dikenal dengan menu 4 kuadran.

3. Aman. Proses persiapannya dijamin kebersihannya (selalu melakukan cuci tangan, menggunakan talenan yg berbeda untuk sayuran mentah dan sayuran matang), paling lama dikonsumsi 2-4 jam setelah dipanaskan (suhu di atas 60 derajat).

4. Berikan dengan cara yg tepat. Tekstur makanan disesuaikan dengan usia (6-8 bulan teksturnya lumat, 8-10 bulan teksturnya lunak, 10-12 bulan teksturnya kasar dan di atas 12 bulan teksturnya sama dengan makanan keluarga). Saat makan anak tidak boleh dipaksa atau dimarahin sehingga makan merupakan proses yg menyenangkan bagi anak. Hindari aktivitas lain selagi makan seperti bermain, jalan2 atau nonton sehingga anak bisa fokus makan dalam waktu tidak lebih dari 30 menit (tidak ada distraksi). Pemberian makan dengan metode responsive feeding dimana memperhatikan tanda lapar dan kenyang anak, metode BLW (membiarkan anak makan sendiri) sangat tidak disarankan untuk anak.

Lalu apa yang harus dilakukan orang tua agar pemberian makan pada anak menjadi optimal?

Yuk gabung langsung dengan live chat lacto club pada hari sabtu 17 Feb 2024 pukul 19.00-21.00 WIB. dr. Joko Kurniawan SpA akan menjawab semua pertanyaan yang Mom and Dad sampaikan.

101 Komentar
A
Ade Arofah
16 February 2024, 11:13:37
A
Ade Arofah
16 February 2024, 11:13:37

Terimakasih banyak dokter untuk penjelasan dan informasinya ­čśŐ

0
1
1
D
Damuin Damuin
16 February 2024, 11:37:55
D
Damuin Damuin
16 February 2024, 11:37:55

Terimakasih dok atas informasi dan penjelasannya sangat bermanfaat sekali untuk semu moms ­čśŐ

0
2
0
D
Damuin Damuin
16 February 2024, 11:48:34
D
Damuin Damuin
16 February 2024, 11:48:34

Selamat siang dokter, izin bertanya : Bagaimana caranya agar si kecil suka makan sayur dan buah? Karena anak saya dari mpasi sampe sekarang sudah 2 tahun susah sekali makan buah dan sayur? Terimakasih

0
2
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:40:20
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:40:20

Proses pengenalan makan itu memang mesti dicoba dan diberikan secara konsisten (bukan menuruti kemauan anak). Tips y bisa diolah dalam bentuk yg tidak terlihat seperti bentuk aslinya misalnya sayuran dalam perkedal, kroket wortel dll

D
Damuin Damuin
18 February 2024, 07:57:22
D
Damuin Damuin
18 February 2024, 07:57:22

Terimakasih dokter atas jawaban dan penjelasannya ­čśŐ

N
Nena Manik Gardiana
16 February 2024, 12:22:15
N
Nena Manik Gardiana
16 February 2024, 12:22:15

Dok, anak saya yang ke- 3 usia 6 bulan terkait dengan cemilan biasanya dia suka pengen juga yang dimakan kakak2nya seperti wafer dll gimana ya dok sebaiknya ?

0
1
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:39:14
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:39:14

Tidak disarankan memberikan makan anak yg mengandung pemanis bauatan

N
Nena Manik Gardiana
19 February 2024, 07:19:29
N
Nena Manik Gardiana
19 February 2024, 07:19:29

Terima kasih dok

N
Nena Manik Gardiana
16 February 2024, 12:27:03
N
Nena Manik Gardiana
16 February 2024, 12:27:03

Dok kenapa kok metode BLW tidak disarankan untuk anak ?

0
2
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:38:45
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:38:45

Karena asupannya bisa tidak optimal mengingat anak untuk koordinasu memasukan makanan ke mulut juga masih belum sempurna

N
Nena Manik Gardiana
19 February 2024, 07:20:21
N
Nena Manik Gardiana
19 February 2024, 07:20:21

Terima kasih dokter atas penjelasannya

F
febylasmia22@gmail.com Febylasmia
16 February 2024, 13:15:14
F
febylasmia22@gmail.com Febylasmia
16 February 2024, 13:15:14

Halo dok izin bertanya, dok untuk umur 3,5 tahun tapi makannya sedikit Dan ga suka protein malah suka sayur buah itu ngatasinnya gimana ya dok,? Perlu asupan multivitamin ga dok biar napsu makan gitu?

0
1
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:38:13
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:38:13

Sayur atau buah sebetulnya poisisnya bisa saling melenhkapi jadi tidak apa2 asalkan salah satunya masih bs dikonsumsi. Pastikan kenaikan bb nya sesuai usianya

N
Norma Ratih
16 February 2024, 14:45:24
N
Norma Ratih
16 February 2024, 14:45:24

dokter, bagaimana sebaiknya jika bayi menangis terus karena tidak nenen 2-3jam sebelum mpasi?seperti apakah tahapan feeding rule yg baik dan tepat untuk dikenalkan pada bayi yg baru mulai mpasi?

0
1
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:37:27
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:37:27

Jeda antarmakan usia 6-12 bulan adalah 2 jam. Bisa duberikan air putih jika sebelum waktu makan anak mau makan/minum ya

C
Citra Tiasani putri
16 February 2024, 15:15:18
C
Citra Tiasani putri
16 February 2024, 15:15:18

Dok untuk anak 1,5 tahun berapa kadar gula yang seharusnya dikonsumsi perhari? Apa boleh anak 1,5 tahun minum susu kotak?

0
1
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:41:22
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:41:22

Maksimal 25 gram atau 3-4 sendok teh per hari untuk usia 1,5 th

N
Nur Amanah
16 February 2024, 17:15:23
N
Nur Amanah
16 February 2024, 17:15:23

Terimakasih banyak dok informasinya sangat bermanfaat

0
2
0
D
Delia Andi
16 February 2024, 18:42:48
D
Delia Andi
16 February 2024, 18:42:48

Dokter. Bagaimana bila anak usia 1 th lebih suka susu UHT drpd susu pertumbuhan.

0
2
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:36:27
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:36:27

Tudak masalah asalkan tanpa pemanis dan maksimal susu di atas 1 th tidak lebih dari 400 ml

E
Eka Vidi Pujiastuti
16 February 2024, 19:00:45
E
Eka Vidi Pujiastuti
16 February 2024, 19:00:45

Halo dok, katanya BLW tidak disarankan, tapi anak saya saat ini usia 21 bulan pengen nya selalu makan sendiri. Untuk menu nya tetap menu lengkap tapi dia maunya makan sendiri. Apakah hal tsb boleh atau untuk usia dibawah 2 tahun harus tetap disuapi dulu? Terimakasih sebelumnya dok ­čÖĆ­čĆ╗

0
1
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:35:57
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:35:57

BLW itu bukan melarang anak makan sendiri ya tetapi dibiarkan begitu saja tanpa pendampingan makanya tidak direkomendasikan krn risiko asupannya tidak masuk optimal. Anak tetap boleh makan sendiri namun orang tua trtap mendampingi untuk memastikan asupannya masuk

E
Eka Vidi Pujiastuti
16 February 2024, 19:05:20
E
Eka Vidi Pujiastuti
16 February 2024, 19:05:20

Dok, terkait feeding rules untuk aturan jam makan kebetulan anak saya usia 21 bulan dia ga bisa menahan kalo lihat makanan. Dia tetap makan utama 3 kali dok, dan porsi nya juga sesuai usia dia dan selalu habis. Anak saya jarang sekali GTM, tapi entah sebelum makan atau sesudah makan utama pun dia selalu pengen nyemil. Entah biskuit, kue, roti, atau minum susu. Apa itu tandanya anak belum kenyang? Tapi saat disuapin makan utama dia sudah menolak. Begitu juga sebaliknya, walaupun sudah nyemil nanti saat waktunya makan makanan utama dia juga tetap mau. Anak saya sejauh ini makan apa aja mau don, ga picky eater. Tapi apakah kebiasaan seperti ini pertanda anak bosan dengan makanan nya atau apa ya dok? Terimakasih sebelumnya dok ­čÖĆ­čĆ╗

0
3
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:34:48
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:34:48

Prinsip mengatur jadwal makan utama dan snack adalah agar asupan makro dan mikro nutriennya betul2 optimal. Jadi pastikan tetap konsisten jam makan utama y tidak diberikan snack begitu juga dengan jam snacknya agar tumbuh kembangnya optimal

A
Aida Putri
16 February 2024, 22:23:42
A
Aida Putri
16 February 2024, 22:23:42

Dok mau tanya, kami pasutri baru dan tidak ada bimbingan dr org tua, utk makan tepat waktu pembagiannya bagaimana ya dok? kami biasa memberikan sufor jam 6 pagi, makan pgi di jam 8/9, lanjut susu jam 11 siang, kemudian makan siang jam 1/2 siang dan terus di ulang. kadang kami bingung di jam brp anak itu diberi selingan snack. Terima kasih

0
2
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:33:26
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:33:26

Contoh jadwal makan: 07.00-07.30 makan pagi (mengandung menu 4 kuadran) 10.00-10.30 snack 13.00-13.30 makan siang (mengandung menu 4 kuadran) 16.00-16.30 snack 19.00-19.30 makan malam (mengandung menu 4 kuadran) 21.00 susu 24.00-04.00 boleh diberikan susu jika terbangun Susu maksimal 400-500 ml dalam 1x24 jam Jadwal di atas hanya sebagai contoh dan bisa dikondisikan sesuai dengan kondisi di rumah. Prinsipnya adalah teratur tiap 3 jam dengan 3x makan besar dan 2x selingan. Di luar jadwal yg ada, tidak ada pemberian makan kecuali air putih bila haus

P
Pika Hakim
17 February 2024, 05:46:43
P
Pika Hakim
17 February 2024, 05:46:43

Dokter, untuk makan anak apakah harus terjadwal dengan snack,? Karna anak saya tidak terlalu suka ngemil. Dan lebih suka sayur daripada daging2an. Sebaiknya bagaimana ya Dok

0
2
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:32:31
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:32:31

idealnya makan memang terdiri dari 3x makan utama dan 2x selingan yaa

G
guest guest
17 February 2024, 09:45:29
G
guest guest
17 February 2024, 09:45:29

Halo dok, ijin bertanya. Anak saya sekarang usia 2 tahun dia itu susah makan ikan sama daging gitu dok apa ada tips pemberian yang tepat? Terimakasih sebelumnya

0
3
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:31:58
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:31:58

bisa diolah dalam bentuk yang bervariasi seperti perkedel daging, nuget, bakso, dll yang mungkin lebih menarik untuk anak

E
Elis lia
17 February 2024, 09:58:17
E
Elis lia
17 February 2024, 09:58:17

Halo dok, ijin bertanya. Apakah kesalahan saat feeding rules seperti kurang tepat pemberian tekstur mpasi saat usia 8 bulan akan mempengaruhi nafsu makan anak kedepannya dok? Karna dulu anak saya usia 8 bulan makannya pengen nasi biasa nah akhir-akhir ini dia malah jadi GTM gitu dok? Apa ini bisa diatasi? Terimakasih dok

0
3
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:31:20
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:31:20

tentu. tidak diterapakan feeding rules akan berisiko gangguan perilaku makan anak di kemudian hari dan mengganggu tumbuh kembangnya secara tidak langsung

E
Elis lia
17 February 2024, 10:03:20
E
Elis lia
17 February 2024, 10:03:20

Halo dok, dok apakah pada saat pemberian cemilan pada anak itu juga tidak boleh BLW? Seperti pemberian finger food? Terimakasih

0
2
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:30:36
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:30:36

finger food boleh diberikan tetapi tidak dibiarkan begitu saja melainkan tetap didampingi agar asupannya tetap dipastikan masuk ya

W
Wulan Dzil Arkham
17 February 2024, 10:08:46
W
Wulan Dzil Arkham
17 February 2024, 10:08:46

Selamat siang dokter, lebih baik mana MPASI homemade atau MPASI instan dok? Apakah bisa saya mengkombinasi pemberian keduanya?

0
2
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:30:00
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:30:00

sama2 baik. fortif bisa digunakan saat mungkin berpergian, homemade bisa digunakan untuk mengenalkan semua jenis makanan

W
Wulan Dzil Arkham
17 February 2024, 10:10:57
W
Wulan Dzil Arkham
17 February 2024, 10:10:57

Halo Dokter, bolehkah saya menambahkan sedikit gula dan garam pada MPASI bayi saya?atau sebaiknya tidak perlu ditambah?

0
3
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:29:16
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:29:16

Boleh dong krn memang harus ada rasa tetapi dalam jumlah terbatas

A
Anindita Sakti
17 February 2024, 14:42:37
A
Anindita Sakti
17 February 2024, 14:42:37

Dokter, terkait dngn pola makan anak. Saat ini anak saya usia 2 tahun lebih memilih makanan halus, krna malas mengunyah. Boleh minta saran nya dok?

0
3
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:28:54
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:28:54

Tekstur makanan sebaiknya tetap diberikan sesuai usia anak. Tidak disarankan menurunkan tekstur sekalipun anak awal2 menolak yaa

D
Dori Latifa
17 February 2024, 14:57:12
D
Dori Latifa
17 February 2024, 14:57:12

Sore dok. Kenapa anak suka mendiamkan makanan dalam mulut ya dok? Sudah diminta untuk mengunyah, tapi lama sekali, jadinya waktu makan jg lama dok. Mohon sarannya ya Dok.

0
1
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:28:15
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:28:15

Ada kemungkinan anak masih kenyang atau sudah kenyang, makanya konsisten dengan aturan makan adalah yg utama

A
Ayu Nurlita
17 February 2024, 15:45:30
A
Ayu Nurlita
17 February 2024, 15:45:30

Dok, kalau anak sy maunya sebelum makan harus menyusu lalu setelah makan dia jg maunya menyusu lg, tp ketika makan porsi dia (7bln 100ml tekstur mashed) selalu habis. Aman kah dok ?

0
2
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:27:40
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:27:40

Sebaiknya jeda antarmakan dengan asi minimal 2 jam agar anak juga belajar mengenal rasa lapar dan kenyang

I
Iis Ismawati
17 February 2024, 15:48:43
I
Iis Ismawati
17 February 2024, 15:48:43

Dok anakku nggak suka buah, cara anak biar suka buah gimana ya Dok?

0
2
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:26:38
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:26:38

Prngenalan tetap dilakukan. Tipsnya bisa disajikan dalam bentuk lain misalnya puding buah, es buah, atau jika di atas 1 th bs jus

A
Ayu Nurlita
17 February 2024, 15:50:27
A
Ayu Nurlita
17 February 2024, 15:50:27

Mengenai adekuat, apakah sayuran wajib diberikan berbarengan dengan MPASI dok ? Kebetulan anak sy tiap memasak dgn sayur kadang jd sembelit, tetapi buah2an sy berikan untuk camilan

0
2
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:25:49
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:25:49

Sayur sama buah posisinya sama. Jadi bisa salah satunya dalam setiap saji makan

D
Devi Novia
17 February 2024, 15:56:24
D
Devi Novia
17 February 2024, 15:56:24

Halo dok, dok anak saya susah makan padahal sudah mencoba untuk di kreasikan makanannya tapi tetap saja makannya hanya bisa 1 atau 2 suap, bagaimana ya dok cara agar anak tidak susah makan?

0
2
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:25:21
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:25:21

Beberapa keluhan orang tua mengenai anak seperti anak saya sulit makan, anak saya picky eater (makannya pilih2), berat badan anak yg sulit naik bahkan sampai gerakan tutup mulut (GTM) pada anak sebenarnya disebabkan oleh penerapan prinsip pemberian makan anak yg kurang tepat. Untuk mengatasi masalah2 tersebut, orang tua sebaiknya mengembalikan pola makan anak ke yg seharusnya (prinsip makan yg benar) dan diminta untuk disiplin dan konsisten menjalankannya, khususnya awal2 karena mungkin ada rasa tidak tega dll. Tetapi percayalah setidaknya setelah 2 minggu biasanya hasilnya sudah mulai keliatan jika memang tidak ada masalah lainnya karena jika setelah 2 minggu penerapan prinsip makan tidak ada perubahan yg signifikan berarti ibu harus membawa anaknya ke dokter untuk diperiksa ­čśŐ Berikut saya berikan informasi sedikit mengenai prinsip pemberian makan anak yg benar ya..Prinsip pemberian makan anak yang benar adalah: 1. Tepat waktu. ada jadwal makan yg teratur (umumnya terdiri dari 3x makan besar, diselingi oleh 2x makan ringan/snack). Atur sedemikian rupa sehingga jarak antar makan tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh (biasanya tiap 3 jam sekali). Susu/ASI bisa diberikan sebelum tidur atau saat malam hari jika terbangun, pastikan susu/ASI terakhir diberikan 2-3 jam sebelum makan pagi ya. 2. Adekuat. Upayakan makan besarnya itu terdiri dari karbohidrat, lemak, protein hewani serta sayur/buah sehingga gizinya seimbang atau lebih dikenal dengan menu 4 kuadran 3. Aman. Proses persiapannya dijamin kebersihannya (selalu melakukan cuci tangan, menggunakan talenan yg berbeda untuk sayuran mentah dan sayuran matang), paling lama dikonsumsi 2-4 jam setelah dipanaskan (suhu di atas 60 derajat). 4. Berikan dengan cara yg tepat. Tekstur makanan disesuaikan dengan usia (6-8 bulan teksturnya lumat, 8-10 bulan teksturnya lunak, 10-12 bulan teksturnya kasar dan di atas 12 bulan teksturnya sama dengan makanan keluarga). Saat makan anak tidak boleh dipaksa atau dimarahin sehingga makan merupakan proses yg menyenangkan bagi anak. Hindari aktivitas lain selagi makan seperti bermain, jalan2 atau nonton sehingga anak bisa fokus makan dalam waktu tidak lebih dari 30 menit (tidak ada distraksi). Pemberian makan dengan metode responsive feeding dimana memperhatikan tanda lapar dan kenyang anak, metode BLW (membiarkan anak makan sendiri) sangat tidak disarankan untuk anak

D
Devi Novia
17 February 2024, 23:52:30
D
Devi Novia
17 February 2024, 23:52:30

Baik terimakasih atas penjelasannya dok

D
Devi Novia
17 February 2024, 15:58:13
D
Devi Novia
17 February 2024, 15:58:13

Dok anak saya susah sekali makan sayur, bagaimana ya dok cara agar anak mau memakan sayur?

0
0
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:24:11
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:24:11

dalam aturan makan yang harus ada adalah karbohidrat, lemak, prohe dan sayru/buah. jadi sayur sendiri posisisnya sama dengan buah. kebutuhan mikronutrie3nnya masih bisa dipenuhi dari buah jika tidak ada sayur

D
Devi Novia
17 February 2024, 23:49:02
D
Devi Novia
17 February 2024, 23:49:02

Baik terimakasih dokter

G
Guest Guest
17 February 2024, 16:04:43
G
Guest Guest
17 February 2024, 16:04:43

Apakah aman makanan fortif dok? Setiap makan pagi anak saya seringnya pake bubur bayi fortif. Dan lahap kalau pakai bubur fortif.

0
3
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:23:09
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:23:09

aman saja jika digunakan sesuai usia anak. namun alangkah lebih baiknya pengenalan mpasi tidak hanya fortif agar anak dikenalkan semua jenis makanan untuk mnghindari picky eater di kemudian hari

C
Citra Tiasani putri
17 February 2024, 16:15:15
C
Citra Tiasani putri
17 February 2024, 16:15:15

Dok ijin bertanya, apakah anak 3,5 tahun juga masih harus mengikuti feeding rules termasuk ada jadwal snack?

0
3
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:22:18
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:22:18

idealnya demikian karena proses makan itu sebetulnya berlangsung juga sampai dewasa kan. kita juga saat makan ada jam yg teratur apalagi anak yang masih dalam proses pembelajaran dan masih bertumbuh

N
Nur Fauzia Ramadhani
17 February 2024, 18:17:47
N
Nur Fauzia Ramadhani
17 February 2024, 18:17:47

Sore dok.. Kalau makan hanya dapat 5 suap. Dikasih makan lagi kapan dok ? Dan apakah mengganti cemilan dengan makanan sisa sebelumnya diperbolehkan ?

0
2
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:21:19
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:21:19

jika dalam 30 menit durasi makan proses makan diselesaikan. berapapun yang habis tidak perlu ada paksaan. sebaiknya tidak mengganti makanan lain saat jam makan utama misalnya yaa

E
Emilia Maudine
17 February 2024, 18:21:40
E
Emilia Maudine
17 February 2024, 18:21:40

Malam dok, kalau anak sudah tiba jadwal makan, dia sudah duduk di kursi makan, taoi malah menolak dan meminta nyusu asi.. Apakah harus dituruti atau ditolak saja meski menangis ?

0
1
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:20:14
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:20:14

tidak dong karena priinsip feeding rules adalah konsisten. tidak memberikan makanan lain di luar jamnya

A
Avelia Nina Charisma
17 February 2024, 18:25:16
A
Avelia Nina Charisma
17 February 2024, 18:25:16

Halo dokk.. Anakku dr awal MPASI ku terapkan feeding rules berjalan lancar. Tapi setelah 14m dia udah bisa jalan, mulai susah duduk anteng. Sebentar udah minta turun. Sekarang usia 21m makan udah sambil main muter2, padahal udah kupindahin ke ruangan yg gak ada mainannya. Gimana yaa dok menerapkan feeding rules diusia yg udah aktif begini?? Padahal jadwal makan udah rutin sama... ­čśč

0
2
0
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:19:23
dr. Joko Kurniawan, M.sc, Sp.A
17 February 2024, 19:19:23

memang proses makan harus dibiasakan sejak awal untuk duduk (bisa pakai baby chair atau dipangku) saat makan agar anak tau waktu makan memang berbeda dengan waktu bermain