Lactoclub Community

Diskusi Dengan Expert

Simak dan diskusi langsung seputar tumbuh kembang anak bersama para expert

Expert Doctor
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
22 January 2024, 18:08:15

Memahami dan Mendukung Perkembangan Komunikasi Anak

Proses perkembangan bicara pada anak merupakan hal yang penting dan menarik untuk diamati. Setiap anak memiliki kecepatan dan cara belajar yang berbeda-beda dalam mengembangkan kemampuan bicaranya. Namun, sebagai orang tua atau pengasuh, kita dapat memberikan stimulasi yang tepat untuk membantu anak mengembangkan kemampuan berbicaranya.

Stimulasi bicara anak merupakan langkah penting dalam membantu anak mengembangkan kemampuan berbicara mereka. Dengan memberikan lingkungan yang kaya akan bahasa dan interaksi yang positif, kita dapat membantu anak meraih kemampuan bicara yang baik dan membangun dasar yang kuat untuk perkembangan bahasa mereka di masa depan.

Lalu bagaimana tips dan trik untuk Membantu Mendorong Kemampuan Berbicara Anak? Pada hari minggu 28 Januari, pukul 19.00 - 21.00 malam dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A akan hadir secara live untuk menjawab keresahan Moms seputar hal tersebut.

113 Komentar
G
guest guest
22 January 2024, 21:07:30
G
guest guest
22 January 2024, 21:07:30

Bagaimna cara nya dok memberikan stimulasi yang tepat untuk membantu anak agar cepat bicara , sebagai seorang ibu itu menjadi salah satu kekwatiran saya, jika anak mengalami perkembangan yg terlambat terutama dalam berbicara

0
1
1
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:35:19
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:35:19

Ajak anak berinteraksi dan berkomunikasi.. Dan jauhkan paparan gadget sebelum anak berusia 2thn

I
Ismiyati Ismiyati
28 January 2024, 19:43:01
I
Ismiyati Ismiyati
28 January 2024, 19:43:01

Makasih banyak ilmunya dok

G
guest guest
28 January 2024, 20:45:06
G
guest guest
28 January 2024, 20:45:06

Terima kasih yaaa dok, sangat membantu

S
Sulis Widya
22 January 2024, 21:57:22
S
Sulis Widya
22 January 2024, 21:57:22

Anakku laki-laki ku, seperti agak sulit diajak berkomunikasi dua arah. Dan hanya fokus bermain saja, tidak mau menjawab pertanyaan hanya menirukan saja. Saya sangat butuh tips dan trik nya agar pola asuh saya bisa lebih baik. Karna memang mengejar tumbuh kembang anak itu butuh kesabaran dan telaten. Terimakasih dok.

1
1
0
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:34:18
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:34:18

Anak diatas 1thn (walau sebetulnya diatas 6 bulan sudah mulai ada tanda2nya) jika tidak bisa menerima instruksi atau perintah sebaiknya segera dibawa ke dokter ya bu, krn anak umur tsb mungkin memang msh tdk apa2 bila belum bisa bicara namun seharusnya sudah bs menerima perintah sederhana

I
Ismiyati Ismiyati
22 January 2024, 23:16:29
I
Ismiyati Ismiyati
22 January 2024, 23:16:29

Halo Dok, anakku berusia 2 tahun sudah mampu berkomunikasi tapi memang kurang jelas pengucapannya. Kira-kira stimulasi seperti apa ya yang perlu dilakukan? Kadang kalau diajari suka malu-malu anaknya...

0
1
1
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:51:46
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:51:46

Jgn ajarin anak bicara, tp ajakin ajak berkomunikasi.. Itu 2 hal yg sangat berbeda, banyak anak yg bila diajarin malah jd ga tertarik.. ajakin aja ngobrol, komunikasi, tanya jawab.. ga perlu secara spesifik “mengajarkan” bicara

G
guest guest
28 January 2024, 20:01:56
G
guest guest
28 January 2024, 20:01:56

Baik, terimakasih banyak ilmunya dok ...

I
Ismiyati Ismiyati
28 January 2024, 20:08:53
I
Ismiyati Ismiyati
28 January 2024, 20:08:53

Siap dok, makasih ilmunya...

S
Septi Yani
22 January 2024, 23:29:20
S
Septi Yani
22 January 2024, 23:29:20

Wah wajib hadir nih karena di usia anakku yang hampir 3 tahun tapi baru bisa merangkai 2 kata aja. Malah sempat was was neneknya bilang anak tetangga usia 2 tahun udah ngomong lancar tapi anakku masih gak jelas ngomongnya 🥹resah banget sebagai ibu. Selain stimulasi diajak ngobrol terus apakah ada cara stimulasi lain yaa dok?

0
1
0
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:31:59
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:31:59

Sebaiknya dibawa kontrol ke dokter ya bu supaya bs diperiksa secara lengkap

G
guest guest
23 January 2024, 02:42:36
G
guest guest
23 January 2024, 02:42:36

Emang stimulasi anak berbicara itu penting banget ya menurutku moms, Faktor keluarga dan lingkungan yang paling utama. Ini saya ngerasain banget yah tumbuh kembang anak saya dari Bayu sampe umur 5tahun ini. Gak mudah memang tapi sebagai seorang ibu tetep harus semangat demi tumbuh dan kembang buah hati 😊. Kalo tips dari saya sih tiap hari anak diajak berbicara entah aktivitas apapun itu dan diajak bernyanyi hhi itu yang sayan lakukan dan Alhamdulillah umur 1,5 tahun anak saya lancar untuk berbicara. Pengen menyaksikan secara live untuk hari Minggu besok supaya bisa nambah ilmu dan manfaat 😊.

0
1
0
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:57:36
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:57:36

Semangatt buu.. salam buat bayu yaa 😆

G
guest guest
28 January 2024, 20:38:34
G
guest guest
28 January 2024, 20:38:34

Dok, mohon maaf bayi dok typo dok hhi, terimakasih dokter miza semangatnya 😊

M
May aresca
23 January 2024, 04:34:11
M
May aresca
23 January 2024, 04:34:11

Mashaallah, ŵajib gabung nih. Penasaran sama tips menstimulasi bicara pada anak. Karena, ada salah satu anakku bicara nya belum seberapa lancar sekali.

0
1
0
G
guest guest
28 January 2024, 21:06:25
G
guest guest
28 January 2024, 21:06:25

wah anaknya usia berapa bun ? yuk semangat yaaa

G
guest guest
23 January 2024, 04:44:13
G
guest guest
23 January 2024, 04:44:13

Memang penting banget sih menstimulasi kemampuan bicara anak supaya kedepannya dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan yang lainnya berjalan dengan baik

0
1
0
S
Siti Rodiah
23 January 2024, 07:22:01
S
Siti Rodiah
23 January 2024, 07:22:01

Bagaimana jika anak sering main dengan temannya tapi temannya itu sering berkata kasar karena meniru orang dewasa dan bagaimana cara kita agar anak kita tidak mengikuti cara berbicara temannya?

0
1
0
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:30:32
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:30:32

Meniru memang merupakan kemampuan bicara natural pd anak, jika anak meniru kata2 yg kasar dan kurang baik, kita bisa mengingatkan berulang dgn baik, usahakan tanpa memarahi ya bu, cukup memeberi tahu saja secara berulang dan alasannya knp kata2 tsb jgn diucapkan

S
Siti Rodiah
28 January 2024, 19:43:33
S
Siti Rodiah
28 January 2024, 19:43:33

Baik dok, terima kasih ilmunya sudah sangat mengurangi kekhawatiran saya. Karena anak sedang dimasa masanya meniru segala hal yg dilakukan teman sebayanya.

J
Jeanita SA
23 January 2024, 13:42:24
J
Jeanita SA
23 January 2024, 13:42:24

Wah menarik banget topiknya. Memang penting melakukan stimulasi untuk anak bisa berbicara, karena dengan stimulaai tersebut bisa membantu anak.

0
1
0
A
Aloysia Nindyana Carissa Devi
23 January 2024, 13:55:32
A
Aloysia Nindyana Carissa Devi
23 January 2024, 13:55:32

Waduh aku ngga sabar banget dengerin penjelasan, favorit banget Dr Miza tuh penjelasannya gampang dipahami & enak didenger kalimatnya. Thank you Lactoclub datengin Dr Miza jadi narasumber di sinii 🥹

0
1
1
A
Asri Rahayu
23 January 2024, 14:19:46
A
Asri Rahayu
23 January 2024, 14:19:46

Ini wajib banget untuk ikutan sih..kalau umur 3tahun belum lancar bicara itu perlu terapi khususkah..?

0
1
0
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:26:56
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:26:56

Apabila sudah diatas 2th namun kemampuan bicara nya belum baik, ada baik nya lgs diperiksakan dahulu agar dpt diagnosis dan penanganan yg komprehensif

F
Fenny Suranie
23 January 2024, 15:42:15
F
Fenny Suranie
23 January 2024, 15:42:15

wah ini topik yang menarik banget ya dok, apalagi anakku juga baru bisa beberapa kata saja. Wajib pasang reminder nih.

0
1
0
G
guest guest
23 January 2024, 22:36:25
G
guest guest
23 January 2024, 22:36:25

Dok, sebenarnya latihan berbicara anak itu bisa. Distimulasi dengan cara apa saja ya Dok? Dan apakah benar, perkembangan berbicara anak cewek dan cowok itu lebih cepat cewek?

0
1
0
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:25:05
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:25:05

Secara umum hanya 2 prinsip stimulasi bicara pd anak sejak usia dini, yg pertama adalah ajak anak berinteraksi, berbicara, berkomunikasi sebanyak2nya.. Yg kedua hindari pengunaan screen time (hp, tv, tablet) sblm anak berusia 2 thn

G
guest guest
24 January 2024, 07:38:52
G
guest guest
24 January 2024, 07:38:52

pas banget nih dok topik nya dengan kondisi anak aku. anakku 4th tapi kadang masih ada awalan kata yg kurang.

0
1
0
G
guest guest
24 January 2024, 08:06:55
G
guest guest
24 January 2024, 08:06:55

Waahh gak sabar banget dapet insight-insight baru dari dokter Miza. Pas banget di usia anakku yang udah mulai pra-sekolah, kemampuan komunikasi penting banget buat bekal berinteraksi dan sosialisasi dengan teman sebayanya 🙏❤

0
0
0
G
guest guest
24 January 2024, 09:53:06
G
guest guest
24 January 2024, 09:53:06

Dok anak sy usia 25bln, kosakatanya sudah banyak, tp pelapalannya masih kurang, kira2 stimulasi apa yg pas utk anak sy dok?

0
0
0
G
guest guest
24 January 2024, 12:40:47
G
guest guest
24 January 2024, 12:40:47

MasyaaAllah menarik banget topiknya. Jadi gak sabar pengen gabung nih. Soalnya Penasaran banget sama tips menstimulasi bicara pada anak. Karena, ada salah satu keponakan saya usia 5 tahun tetapi ngomong nya masih celat/tidak jelas bicaranya.

0
0
0
N
Nisa Novita Sari
24 January 2024, 17:00:58
N
Nisa Novita Sari
24 January 2024, 17:00:58

dok anak saya umur 4th setiap bicara ada 1 kata yg tertinggal di awalan nya kadang juga dia bisa lancar. gimana cara mensitumulasi nya ya dok.

0
0
0
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:22:43
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:22:43

Maaf bu saya kurag mengerti maksud pertanyaannya 🙏🏻

A
Ade Arofah
24 January 2024, 17:25:30
A
Ade Arofah
24 January 2024, 17:25:30

Dok, Saya ingin Bertanya Bila Anak Usia 4 tahun tapi dia belum bisa Berbicara Huruf R Apakah harus di Terapi? Dan Bagaimana cara untuk mengatasinya? Terimakasih

0
0
1
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:21:23
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:21:23

Bbrp anak baru bisa mengucapkan huruf R saat berusia 6 tahun, namun jika di usia 4 tahun ibu khawatir sekali boleh dimulai dilakukan terapi wicara, silahkan dibawak ke dokter dulu untuk didiskusikan

G
guest guest
28 January 2024, 20:52:30
G
guest guest
28 January 2024, 20:52:30

Wah sama bgt bun, anaku udah mau 4 tahun belum bisa blg huruf R, tp apakah hal ini perlu di khawatirkan ya dok ? Klo memang normalnya usia 6 tahun saya masih berusaha buat stimulasi dengan komunikasi yg ada kosa kata R nya heheh

R
Rizkiyah Abudan
24 January 2024, 17:34:44
R
Rizkiyah Abudan
24 January 2024, 17:34:44

Penting bgt topiknya untuk case anakku yg pernah speach delay. Skrg belum lancar bgt komunikasi nya. Semoga engga ketinggalan live nya nanti.

0
0
0
N
Nia Dahniar Ambarsari
24 January 2024, 20:51:06
N
Nia Dahniar Ambarsari
24 January 2024, 20:51:06

Menurutku peran orang tua yang aktif terhadap perkembangan anak sangatlah penting, apabila orang tuanya pasif tidak melakukan hal-hal yang mendorong kemampuan berbicara anak tentu anak tidak akan berkembang

0
0
0
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:17:07
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:17:07

Betul buu.. peran keluarga vital sekali dlm perkembangan bahasa anak

S
Sherly Nurul fatimah
25 January 2024, 01:28:28
S
Sherly Nurul fatimah
25 January 2024, 01:28:28

Bagaimana caranya dok membantu anak berkomunikasi atau mencegah anak berbicara tidak cadel huruf?

0
1
0
S
Siti nurhawa
25 January 2024, 11:47:48
S
Siti nurhawa
25 January 2024, 11:47:48

Halo dok, kebetulan banget nih ada live dokter tentang hal ini, saya bingung mau ngajarin anak lebih dari 2 bahasa, dia akan bingung ga ya. atau malah justru lebih bagus?

0
1
0
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:15:41
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:15:41

Bilingual bukan merupakan faktor resiko speech delay ya bu, jd bila perkembangan bahasa anak baik secara milestones bahasa, silahkan dilanjutkan saja

S
Siti nurhawa
28 January 2024, 19:37:54
S
Siti nurhawa
28 January 2024, 19:37:54

makasi ya dok 🥰

L
Lusi Rumsari
25 January 2024, 20:24:55
L
Lusi Rumsari
25 January 2024, 20:24:55

Yeayy senang sekali bisa dapet ilmu lagi dari dokter Miza! Sampai ketemu di live dok.. Memang tidak cukup hanya bicara, anak juga harus bisa berkomunikasi ❤

0
1
0
L
Lia Juliani
26 January 2024, 11:28:53
L
Lia Juliani
26 January 2024, 11:28:53

Dok anak sy usia 25bln, kosakatanya sudah banyak, tp pelapalannya masih kurang, kira2 stimulasi apa yg pas utk anak sy dok?

0
1
0
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:14:09
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:14:09

Ibu bisa bermain tebak gambar, nama2 binatang atau bermain flash card. Namun pelafalan yg blm sempurna masih sangat bisa dimaklumi pd anak berusia 25bln, yg terpenting kata2nya sudah bs dimengerti orang2 terdekat anak

S
sintya hartono
26 January 2024, 14:53:11
S
sintya hartono
26 January 2024, 14:53:11

wahhh anak ku jg masih blm terlalu responsive utk komunikasi..dok kira2 aktivitas apa yg bisa kita lakukan buat melatih anak?

0
1
0
G
guest guest
26 January 2024, 14:56:55
G
guest guest
26 January 2024, 14:56:55

Kalo aku sih sering2 ajak ngobrol aja Moms

dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:10:09
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:10:09

Umur brp ya bu? Seharusnya dari sekitar usia 6-12 bulan anak sudah menunjukan response atas interaksi, misal ketawa saat diajak bercanda, mengeluarkan suara saat diajak bicara

G
guest guest
28 January 2024, 19:24:14
G
guest guest
28 January 2024, 19:24:14

umurnya udh hampir 2 tahun ya dok dan memang si anak sering terpapar gadget, kl main gadget fokus bgt susah diganggu😭 ini berpengaruh ke speech delaynya ga ya dok?

I
IIS BUDI HARTONO
26 January 2024, 17:57:59
I
IIS BUDI HARTONO
26 January 2024, 17:57:59

Aku menantikan nih live-nya di tanggal 28 Januari. Perlu banget ditandain nih di kalender

0
1
0
D
Damuin Damuin
26 January 2024, 20:08:05
D
Damuin Damuin
26 January 2024, 20:08:05

Dok izin bertanya? Bagaimana cara menstimulasi anak usia 4,5 tahun yang belum fasih berbicara? Apakah harus di Terapi atau di obatin? Terimakasih

0
0
0
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:08:30
dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A
28 January 2024, 19:08:30

Di usia 4.5th diharapkan anak sudah bisa mahir berkomunikasi, dgn kalimat, bisa bertanya jawab dgn baik, walau memang mungkin per kalimat belum sempurna, tp org yg diajak bicara seharusnya sudah dgn mudah bisa mengerti maksud perkataannya. Jika hal tsb belum bisa dicapai dengan umur 4.5th mungkin cara terbaik adalah terapi, namun untuk terapi harus bertemu dulu dgn dokter ya bu/pak agar mendapat diagnosis dan tatalaksananya dgn baik

A
Ayu Ayu
27 January 2024, 17:28:56
A
Ayu Ayu
27 January 2024, 17:28:56

MasyaaAllah menarik banget topiknya. Jadi gak sabar pengen gabung nih. Soalnya Penasaran banget sama tips menstimulasi bicara pada anak. Karena, ada salah satu keponakan saya usia 5 tahun tetapi ngomong nya masih celat/tidak jelas bicaranya

0
0
0
S
Syifa Fauziah Rohman
28 January 2024, 18:19:12
S
Syifa Fauziah Rohman
28 January 2024, 18:19:12

Halo dok, anak aku usianya 3 tahun sebenernya dia banyak bicara dan bawel bgt di lingkungan keluarga atau orang yg dia kenal. Tp kenapa ya klo ketemu orang lain dan kita ajarin untuk menyapa dia selalu diem dan seperi ada rasa tidak nyaman. Sebaiknya saya latih bagaimana ya dok padahal klo lagi main dengan temen2 sebaya di sekitar rumah dia pemberani. Mohon sarannya ya dok 🙏🏻

0
1
0
G
guest guest
28 January 2024, 20:07:13
G
guest guest
28 January 2024, 20:07:13

Sama mom anakku juga gitu, bahkan dengan anak2 tertentu sampai benar-benar gak mau bergabung berinteraksi. Tapi kalau dengan orang yang sudah sering ketemu bisa cerewet sekali.

A
Alfajri Putra
28 January 2024, 19:03:01
A
Alfajri Putra
28 January 2024, 19:03:01

Hi dok, mw bertanya, umur berapa biasanya anak bisa, mengenali ucapan dan mulai bisa berbicara mengulang kata dengan benar ya? Anak saya baru 6 bulan menuju 7 bulan, baru bisa ngoceh2, udah diajarin ngomong ayah, papa, belum bisa.. Kira2 apakah tiap anak beda2 atau secara umum bulan berapa ya? Trmksh ya dok sblumnya..

0
0
1
S
Sherly Nurul fatimah
28 January 2024, 19:09:24
S
Sherly Nurul fatimah
28 January 2024, 19:09:24

Dok anak saya selalu tidak mau menjawab atau berkomunikasi sama orng yang baru dia kenal, walaupun itu saudara tapi baru dia lihat tetap gak mau, solusinya gimana ya dok?

0
1
0
S
Sirka M
28 January 2024, 19:10:02
S
Sirka M
28 January 2024, 19:10:02

malam dok.. saya ada keponakan usianya sudah hampir 2 tahun.. kalau jalan/lari sdh bisa tapi sampai sekarang kurang bisa responsive dan belum bisa ngomong. kondisinya memang sering terpapar gadget/main video. apa ya dok yg bisa membantu utk bisa mengeluarkan kosa kata? katanya harus sering main2 di playground atau main dgn yg usia sebaya tapi dilingkungan nya tidak ada anak bayi lain

0
0
0
S
Sherly Nurul fatimah
28 January 2024, 19:12:36
S
Sherly Nurul fatimah
28 January 2024, 19:12:36

Dok anak saya udah mau 4 tahun tapi ngomongnya masih celat. Gimana biar bicaranya seperti biasa/normal ya dok? Apakah ada caranya atau nantik normal sendiri dok? Dan agar anak tidak bicara celat sebaiknya apa yang kita lakukan dok untuk tidak mengulangin kesalahan sama anak berikutnya.

0
0
0
S
Siti Komariah
28 January 2024, 19:12:52
S
Siti Komariah
28 January 2024, 19:12:52

Bagai mna dok cara mengembangkan kemampuan berbicara si kecil

0
0
0
J
Jeanita SA
28 January 2024, 19:17:15
J
Jeanita SA
28 January 2024, 19:17:15

Dok, perasaanku saja atau memang benar ya bahwa komunikasi dengan anak perempuan itu lebih cepat tanggap dibandingkan anak laki laki?

0
0
0
A
Aloysia Nindyana Carissa Devi
28 January 2024, 19:18:36
A
Aloysia Nindyana Carissa Devi
28 January 2024, 19:18:36

halo dok, pada umur berapa puncak perkembangan komunikasi anak ya dok? saya punya anak 9 tahun laki2, sudah mulai agak tertutup dok, apakah hal tsb normal? dan apakah masih bisa diperbaiki ya? sbg ibu saya merasa tidak dekat karena jarang waktu bersama

0
0
0
S
Siti Komariah
28 January 2024, 19:18:47
S
Siti Komariah
28 January 2024, 19:18:47

Bagimana cara nya menberikan stimulasi yg cepat dok ... agar anak cepat berbicara ?

0
0
0
C
cahya tyas
28 January 2024, 19:20:47
C
cahya tyas
28 January 2024, 19:20:47

Dok, anakku sekarang 4th dan mulai bisa sedikit2 ngomong bahasa inggris walau belum yang diajarin banget. Kira2 amannya usia berapa dok bisa mulai intensif ngajarin bahasa asing ke anak? makasi dok 🫶

0
0
0
D
Dimas Adi Putra
28 January 2024, 19:22:42
D
Dimas Adi Putra
28 January 2024, 19:22:42

Dok, anak saya umur 2 tahun mau merespon kalau dipanggil dengan panggilan yang dia senang dok, gimana ya

0
1
0
I
IIS BUDI HARTONO
28 January 2024, 19:23:01
I
IIS BUDI HARTONO
28 January 2024, 19:23:01

Dok, untuk awal perkembangan bicara komunikasi anak sebaiknya mengenalkan 1 bahasa sampai usia berapa ya Dok?

0
0
0