Parenting Corner

Pencernaan Sehat Dukung Perkembangan Anak dan Kognitifnya

06 November 2020

Gambar 16 Pencernaan Sehat Memberi Sinyal Positif Pada Perkembangan Kognitif

Hi Happy Parents, yuk tingkatkan pencernaan sehat anak dukung tumbuh kembang Si Kecil!

Usia dini adalah periode kritis perkembangan otak Si Kecil. Pada rentang usia tersebut, otak Si Kecil akan berkembang sangat pesat, sehingga sensitif akan berbagai hal yang diterimanya. Contohnya, ketika Si Kecil belajar bicara.

Dari sekadar mengoceh dalam berbagai bentuk huruf vokal (cooing), berbagai suku kata berulang (babbling), sampai akhirnya ia mampu mengucapkan kata pertama, adalah bukti bahwa otak Si Kecil sedang berkembang.   

Tahukah Happy Parents, bahwa otak kita teryata tersusun dari milyaran sel saraf yang saling berkomunikasi satu sama lain.

Banyak sekali ya! Ketika sedang berkembang, jumlah sel saraf dan kecepatan komunikasi antar sel saraf di otak meningkat, loh! Hal ini membuat Si Kecil bisa terus belajar berbagai kemampuan yang ia perlukan seiring  pertambahan usianya, contoh: kemampuan bicara, makan, dan membersihkan diri sendiri. 

Untuk mendukung perkembangan otak Si Kecil, dua hal utama yang bisa Happy Parents lakukan yaitu memberikan stimulasi dan memastikan si kecil mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Pemberian stimulasi tidak terbatas pada mengajarkan warna, bentuk, huruf, atau alfabet saja loh, Happy Parents. Mengajak Si Kecil bermain bersama, mengobrol,dan melakukan berbagai aktivitas favorit keluarga juga termasuk sebagai pemberian stimulasi. 

Bonusnya, Happy Parents dan Si Kecil bisa sama-sama happy deh! 

Selain pemberian stimulasi, kecukupan asupan bernutrisi juga penting agar otak Si Kecil berkembang optimal.  Asupan nutrisi berperan dalam membantu menjaga struktur dan fungsi sel saraf, membantu memproduksi sinyal komunikasi antar sel saraf,dan membantu sel saraf bekerja dengan optimal. Beberapa jenis nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otak Si Kecil antara lain adalah karbohidrat, protein, omega 3, vitamin B kompleks, dan zat besi. 

Happy Parents, agar tubuh Si Kecil optimal menyerap berbagai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, diperlukan sistem pencernaan yang sehat. Karena jika pencernaan sehat, maka pencernaan akan bekerja secara efektif dan efisien dan bisa mendukung perkembangan anak.

Pada pencernaan sehat dukung perkembangan anak dan kognitifnya, dalam saluran cerna anak terdapat bakteri baik dalam jumlah yang banyak contohnya Bifidobacterium dan  Lactobacillus. Selain membantu penyerapan nutrisi, bakteri baik juga membantu produksi vitamin B kompleks seperti vitamin B1, B2,B3, B5, B6,B12.6 dan asam folat. Sebaliknya, jika pencernaan Si Kecil tidak dalam keadaan sehat, maka akan banyak nutrisi penting yang terbuang lewat urine dan feses karena pencernaan tidak mampu menyerapnya dengan baik. 

Akibatnya, Si Kecil bisa mengalami kekurangan gizi yang dapat membuat  perkembangan otaknya terhambat. Wah, sayang sekali, ya.

Oleh karena itu, tunggu apa lagi? Yuk Happy Parents, kita jaga pencernaan Si Kecil dengan memastikan ia mengkonsumsi makanan yang beraneka ragam, dan mengandung nutrisi yang seimbang! 

Penuhi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan LACTOGROW 3. LACTOGROW 3 adalah salah satu susu pertumbuhan yang mengandung nutrisi untuk si Kecil. Dalam segelas susu LACTOGROW 3, si Kecil mendapatkan manfaat nutrisi seperti serat pangan (inulin) dan L. reuteri, serta 13 vitamin & 7 mineral yang merupakan sumber zat besi & tinggi vitamin C, tinggi kalsium maupun vitamin D, sumber protein, serta minyak ikan dan omega 3 & 6 serta 0g sukrosa.  

LACTOGROW 3 untuk anak berusia 1-3 tahun tersedia dalam rasa Original (350-750 gram), Madu (180 gram-1 kg), dan Vanilla (350 gram-1 kg). Sedangkan LACTOGROW 4 tersedia dalam rasa Madu (750 gram-1 kg) dan Vanilla (750 gram-1 kg). 

Semoga informasi mengenai liburan bersama anak ini membantu, ya Moms! 




Bagikan : Facebook WhatsApp