Parenting Corner

Manfaat Probiotik untuk Kesehatan Hati dan Ibu Hamil

18 January 2024

Manfaat Probiotik untuk Kesehatan Hati dan Ibu Hamil

Hi Moms, probiotik adalah bakteri baik yang hidup di usus kita. Mereka membantu tubuh kita dalam berbagai cara, termasuk pencernaan, daya tahan tubuh, dan mengurangi peradangan. Probiotik ada di banyak makanan, seperti yogurt, kefir, dan kimchi. Penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mengurangi lemak di hati, terutama pada orang yang mengalami obesitas atau diabetes. 

Namun, penting untuk diingat bahwa probiotik bukanlah pengganti gaya hidup sehat. Makan makanan seimbang, berolahraga secara teratur, dan tidur yang cukup tetap menjadi kunci utama dalam menjaga kesehatan hati. 

Masalah metabolik pada ibu hamil dan menyusui 

Ibu hamil dan menyusui rentan mengalami masalah metabolik, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit hati berlemak non-alkoholik (NAFLD). Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk perubahan hormon, perubahan pola makan, dan gaya hidup yang kurang aktif. 

Baca Juga: Apa Beda Susu Probiotik dan Prebiotik? Simak di Sini! 

Manfaat probiotik untuk ibu hamil dan menyusui 

Penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui, termasuk dalam membantu mengurangi masalah metabolik. Manfaat probiotik untuk ibu hamil dan menyusui meliputi: 

  • Membantu mengurangi risiko obesitas 
  • Membantu mengontrol gula darah 
  • Membantu mengurangi peradangan 
  • Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan 
  • Tips mengonsumsi probiotik untuk ibu hamil dan menyusui 

Ibu hamil dan menyusui yang ingin mengonsumsi probiotik sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu. Dokter atau ahli gizi dapat membantu memilih produk probiotik yang tepat dan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. 

Ibu hamil dan menyusui sebaiknya mengonsumsi probiotik dari makanan alami, seperti yogurt, kefir, kimchi, kombucha, tempeh, dan oncom. Makanan-makanan ini mengandung probiotik yang beragam dan dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

Jadi Moms, dapat disimpulkan bahwa probiotik dapat bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui, termasuk dalam membantu mengurangi masalah metabolik. Namun, penelitian tentang manfaat probiotik untuk kesehatan hati dan ibu hamil masih perlu dilakukan lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dan konsisten. 


Referensi

  1. Arellano-García, L., Portillo, M. P., Martínez, J. A., & Milton-Laskibar, I. (2022). Usefulness of probiotics in the management of nafld: evidence and involved mechanisms of action from preclinical and human models.. https://doi.org/10.3390/ijms23063167 
  2. Nestle Nutrition Institute Indonesia. Konsumsi Probiotik Selama Satu Bulan Membantu Mengurangi Akumulasi Lemak Dalam Hati [Internet]. indonesia.nestlenutrition-institute.org. 2014 [cited 2023 Dec 19]. Available from: https://indonesia.nestlenutrition-institute.org/berita/article/2014/08/20/konsumsi-probiotik-selama-satu-bulan-membantu-mengurangi-akumulasi-lemak-dalam-hati 



Bagikan : Facebook WhatsApp