Parenting Corner

5 Tanda Melahirkan Pembukaan 1-10 Lengkap dengan Prosesnya

07 August 2023

Ini Tanda dan Tahapan pada Persalinan yang Perlu Moms Ketahui

Setelah mengandung selama 9 bulan, momen persalinan adalah saat yang ditunggu-tunggu. Ini tanda pembukaan pada persalinan.

Tanda Awal Ibu akan Melahirkan

1. Kontraksi Rahim

Kontraksi rahim adalah tanda paling umum dari persalinan. Otot rahim mengalami kontraksi untuk membantu mendorong bayi keluar dari rahim. Selama proses pembukaan, kontraksi akan semakin lama, semakin sering, dan semakin kuat.

Ibu hamil seringkali terkecoh dengan kontraksi palsu atau Braxton Hicks. Braxton Hicks adalah kontraksi dengan pola tidak teratur yang kerap hilang dan timbul, biasanya mulai terasa sejak usia kehamilan 35 sampai 36 minggu. 

Berbeda dengan kontraksi palsu, kontraksi rahim menjelang melahirkan durasinya lebih teratur dan  intervalnya semakin pendek (semakin sering).

2. Keluar Lendir Bercampur Darah

Selama hamil, leher rahim atau serviks akan ditutupi lendir yang kental. Menjelang persalinan, mulut rahim membesar dan membuat lendir campur darah keluar dari vagina. Warnanya beragam, mulai dari merah muda, merah, hingga kecoklatan.

Persalinan

3. Air Ketuban Pecah

Ketuban adalah kantong berdinding tipis dan berisi cairan.Fungsi utamanya untuk menjaga suhu tubuh janin agar tetap hangat, melindungi janin dari tekanan, melindungi dari infeksi, memberi makan janin, dan membantu perkembangan sistem paru-paru serta pencernaan janin.

 Jika ketuban pecah, bayi di dalam kandungan tidak lagi memiliki pelindung, jadi lebih mudah terpapar dan terinfeksi kuman. Karena itu, dokter biasanya akan mempercepat proses kelahiran saat ketuban pecah.

4. Sering Buang Air Kecil

Mendekati akhir trimester ketiga, saat bayi bersiap untuk lahir, kepala bayi masuk ke pelvis atau panggul dan menekan kandung kemih. Itu sebabnya ibu akan lebih sering buang air kecil.

5. Nyeri Punggung dan Pinggul

Rasa sakit dan ketidaknyamanan yang hebat di punggung bagian bawah selama menjelang persalinan bisa terjadi karena beberapa hal, di antaranya jika posisi bayi di bawah tetapi menghadap ke arah perut ibu.

Nyeri punggung dan pinggul juga bisa terjadi selama kontraksi.

Baca JugaPentingnya Melakukan Persiapan Persalinan untuk Ibu Hamil

Tahapan Pembukaan Melahirkan pada Ibu Hamil

Jika ingin melahirkan secara per vaginam, Moms bisa menunggu pembukaan lengkap secara natural. Pembukaan pada persalinan adalah proses terbukanya serviks atau leher rahim sebagai jalan lahir dimulai dari menipisnya serviks. 

Saat akan melahirkan, leher rahim akan terbuka hingga 10 cm. Tentunya pembukaan ini tidak langsung 10 cm ya, Moms tapi bertahap dari 1 cm. Inilah mengapa disebut pembukaan 1 hingga 10.

Ada 3 tahapan pembukaan persalinan hingga lengkap 10 cm. Berikut penjelasannya. 

1. Tahap Laten

Fase atau tahap laten terjadi pada pembukaan 1-4. Biasanya tanda pembukaan pertama pada persalinan adalah kontraksi yang mulai intens dirasakan. Pada saat ini, Moms perlu mulai mencatat seberapa sering kontraksi yang dirasakan.

2. Tahapan Pembukaan Persalinan Aktif

Tahap atau fase aktif merupakan proses pembukaan 5 hingga 8. Pada fase ini, kontraksi makin intens. Selain itu, biasanya pertambahan pembukaan terjadi lebih cepat dibanding fase laten. Pada fase ini, sebaiknya Moms segera berangkat ke rumah sakit.

3. Tahap Transisi dan Persalinan

Tahap atau fase transisi dan persalinan terjadi saat pembukaan antara 8-10 cm. Pada fase ini, Moms akan mulai mengejan untuk mengeluarkan bayi. Fase ini biasanya paling singkat namun paling menantang.

Cara Mempercepat Pembukaan Persalinan

Moms diharapkan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan sebelum memulai upaya mempercepat persalinan. Ada beberapa kondisi kesehatan tertentu yang bisa membuat upaya ini berbahaya. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin malah menyarankan untuk istirahat total untuk menjaga keamanan Moms dan bayi. Dan berikut beberapa informasi terkait cara mempercepat pembukaan pada proses persalinan.

1. Aktif Bergerak dengan Berdiri, Berjalan Kaki, atau Berjongkok

Salah satu keuntungan berdiri selama proses melahirkan adalah gravitasi, yang membantu tekanan pada mulut rahim dan membuat posisi bayi di dalam panggul tidak berubah.

2. Menstimulasi Payudara 

Stimulasi payudara melepaskan hormon oksitosin ke dalam aliran darah yang bisa memperlancar kontraksi dan menjadi cara mempercepat pembukaan setelah keluar lendir darah.

3. Pijat atau Akupresur

Pijat dan akupresur bermanfaat dalam membantu mempercepat proses persalinan yang terhenti. Pijat membuat ibu relaks, mengurangi rasa sakit, dan menimbulkan rasa senang.

4. Berganti Suasana

Setelah mencoba berbagai cara untuk mempercepat kelahiran namun belum berhasil, ibu bisa berganti suasana untuk keluar sejenak dari ketidaknyamanan proses melahirkan.

5. Intervensi Medis

Banyak ahli yang merekomendasikan menghindari intervensi medis. Tapi, kadang-kadang, tindakan medis jadi pilihan terbaik, seperti saat Moms mengalami komplikasi atau proses melahiran berjalan lambat. Beberapa contoh tindakan medis termasuk suntikan untuk mengurangi rasa sakit (epidural), obat untuk mempercepat kontraksi (pitocin), dan prosedur untuk memecahkan kantung air (amniotomi). Jadi, selalu diskusikan dengan dokter atau bidan ya, Moms.

Itu tadi beberapa tanda maupun tahapan pembukaan pada persalinan yang perlu Moms ketahui. Semoga informasinya bisa bermanfaat untuk Moms ya!


Referensi:

What To Expect. (2022). Signs of Labor: Early Labor, Active Labor & More. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/labor-signs

What To Expect. (2022). Braxton Hicks Contractions: Causes, Signs and Relief. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/symptoms-and-solutions/braxton-hicks-contractions.aspx

WebMD. (2020, March 10). What Is Bloody Show? https://www.webmd.com/baby/what-is-bloody-show

RSBUDI Sehat Purworejo. (n.d.). 5 Tanda Akan Melahirkan Sudah Dekat. http://rsbudisehatpurworejo.com/5-tanda-akan-melahirkan-sudah-dekat/

What To Expect. (2022). Frequent Urination During Pregnancy. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/symptoms-and-solutions/frequent-urination

What To Expect. (2022). Back Labor: Symptoms, Causes and Relief. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/back-labor/

Mayo Clinic. (2022, January 25). Stages of labor: Baby, it's time!. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/labor-and-delivery/in-depth/stages-of-labor/art-20046545

Healthline. (2022, February 8). Cervical Dilation Chart: The Stages of Labor. https://www.healthline.com/health/pregnancy/cervix-dilation-chart

Verywell Family. (2022, February 11). 11 Ways to Speed Up Labor. https://www.verywellfamily.com/ways-to-speed-up-labor-2759005


“Persalinan”



Bagikan : Facebook WhatsApp