Parenting Corner

Isi Waktu Luang dengan 7 Aktivitas untuk Anak-anak di Rumah!

04 December 2023

Isi Waktu Luang dengan 7 Aktivitas untuk Anak-anak!

Bermain bersama teman sebaya di luar rumah memang menyenangkan untuk anak. Namun, ada kalanya Si Kecil harus tetap berada di dalam rumah, misalnya ketika cuaca buruk.

Memiliki banyak waktu luang di rumah, tak jarang Si Kecil pun merasa jenuh dan bosan. Apalagi jika tidak ada aktivitas selain bermain dan anak menjadi lebih banyak tidur atau tidak melakukan apa-apa.

Karenanya, Moms perlu tahu cara mengisi waktu luang Si Kecil dengan aktivitas untuk anak-anak di rumah agar tidak bosan. Yuk, kita simak bersama!

Pentingnya Aktivitas untuk Anak-anak di Rumah

Anak-anak dianjurkan agar tetap aktif bergerak meskipun seharian berada di rumah. Si Kecil disarankan untuk melakukan aktivitas fisik setidaknya selama 60 menit per hari.

Hal itu demi membantu tubuh anak tetap sehat, menjaga tulang kuat, serta menjauhkan Si Kecil dari risiko penyakit seperti diabetes dan obesitas.

Anak-anak membutuhkan aktivitas fisik dan mental untuk tetap terstimulasi dan bahagia. Jika mereka tidak memiliki aktivitas yang cukup, mereka mungkin akan merasa bosan dan rewel. Namun, setiap anak berbeda-beda, dan ada yang mungkin tidur lebih banyak atau melakukan lebih sedikit jika mereka tidak memiliki aktivitas untuk dilakukan. Apa saja kegiatan anak agar tidak bosan di rumah?

Lactogo

Ide Aktivitas untuk Anak-anak di Rumah

Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang anak di rumah. Berikut ini tujuh ide kegiatan anak yang bisa dilakukan Si Kecil di rumah:

1. Berolahraga

Olahraga menjadi salah satu aktivitas fisik yang baik dilakukan anak saat di rumah.Manfaat anak rutin berolahraga di antaranya menyehatkan tubuh, mengurangi risiko terserang penyakit, membantu pertumbuhan tulang dan otot, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh, hingga menjadi lebih percaya diri.

2. Membaca buku bersama

Ajak anak mengisi waktu luangnya di rumah dengan kegiatan membaca. Moms bisa menemani atau membacakan buku cerita kesukaan Si Kecil.

Aktivitas membaca buku bagus untuk melatih kognitif dan kemampuan bahasa anak. Selain itu juga dapat menambah perbendaharaan kata Si Kecil, mendorong kreativitas, dan mempererat ikatan orang tua dan anak.

3. Menonton film keluarga

Saat ini sudah banyak layanan streaming yang membuat Moms bisa mengajak Si Kecil menonton film keluarga di rumah. Pilih tayangan yang sesuai usia anak. Setelah menonton, Moms dapat mendorong perkembangan kemampuan bahasa anak dengan mengajaknya bercerita tentang kesannya terhadap film tersebut.

Namun, perlu diperhatikan screen time Si Kecil. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menghimbau untuk membatasi screen time tidak lebih dari 1 jam pada anak berusia 3-5 tahun, dan tidak dianjurkan untuk anak 2 tahun ke bawah.

4. Membantu memasak

Memasak juga bisa menjadi kegiatan anak di rumah yang menyenangkan. Ajaklah Si Kecil menyiapkan bahan-bahan masakan. Moms juga bisa mengajaknya membuat kue kemudian biarkan Si Kecil yang menghias.

Aktivitas di dapur ini bisa mengasah kreativitas dan rasa percaya diri anak, sekaligus mempererat hubungan dengan anak dan orang tua. 

Memasak juga menstimulasi panca indera kita, artinya Si Kecil didorong untuk mengeksplorasi makanan lebih dalam dibandingkan ketika makanan tersebut sudah siap tersaji di atas piring.

5. Membersihkan rumah

Ajak anak membereskan kamar atau kasurnya sendiri. Atau merapikan kotak mainannya. Aktivitas ini bisa sekaligus mengajarkan anak untuk lebih mandiri, kedisiplinan, dan serta peduli terhadap kebersihan lingkungan di sekitarnya.

6. Membuat prakarya

Moms bisa mengajak Si Kecil mengisi waktu luang di rumah dengan kegiatan produktif seperti membuat prakarya. Ajari dia membuat prakarya sederhana seperti kapal-kapalan, atau origami. Setelah selesai minta ia menghias hasil prakarya sesuka hati. 

Saat Si Kecil berkreasi dengan tangannya, dia tidak hanya membuat sesuatu yang unik, tetapi juga sedang belajar dan mengasah berbagai keterampilan. Menurut penelitian, anak-anak yang aktif dalam aktivitas kerajinan menjadi lebih kreatif. Jadi, mendorong Si Kecil untuk berkreasi bukan hanya membuatnya sibuk, tetapi juga membantu dia mengembangkan keterampilan penting sepanjang hidupnya.

7. Berkebun

Bila anak merasa jenuh di dalam rumah, Moms bisa mengajaknya berkebun di halaman, menanam bunga atau buah. Aktivitas ini tidak hanya mendorong anak untuk aktif bergerak tetapi sekaligus mengenal lingkungan di sekitarnya. Berkebun juga baik untuk melepas stres dan melatih fokus anak. 

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam aktivitas berkebun lebih mungkin untuk memakan sayuran yang mereka tanam sendiri. Berkebun adalah salah satu cara yang menyenangkan dan kreatif untuk mengajarkan pola makan yang sehat kepada si Kecil. 

Baca Juga: Ide Bermain untuk Anak 1 Tahun dan Aktivitas Seru

Manfaat Aktivitas Menyenangkan untuk Anak di Rumah

Mengisi waktu luang anak di rumah dengan aktivitas yang menyenangkan ternyata dapat memberi manfaat tersendiri bagi Si Kecil. Selain mendukung pertumbuhan dan menjaga kesehatan fisik anak, berikut beberapa manfaat lainnya:

  • Meningkatkan kesehatan mental anak dan mendorong perilaku hidup sehat.
  • Meningkatkan optimisme dan kepercayaan diri.
  • Mengurangi risiko anak mengalami masalah psikologis di kemudian hari.
  • Mempererat hubungan antara orang tua dan anak
  • Meningkatkan kemampuan anak dalam mengatur emosi.
  • Membantu keterampilan bahasa, matematika, dan sosial.
  • Membantu anak mengatasi stres.

Penting untuk diingat bahwa tidak ada pendekatan yang cocok untuk semua dalam mengasuh anak. Cara terbaik untuk mendukung perkembangan anak Anda adalah dengan menanggapi kebutuhan individual mereka.

Untuk membantu aktivitas Si Kecil di rumah, jangan lupa selalu penuhi kebutuhan energi dan juga gizi anak dengan asupan makanan dan minuman sehat. Bila perlu, Moms bisa memberi susu pertumbuhan kepada Si Kecil, seperti Lactogrow 4 untuk usia 3-5 tahun atau prasekolah.

Lactogrow diperkaya 13 vitamin dan 7 mineral, omega 3 & 6, serta inulin dan Lactobacillus Reuteri yang baik untuk membantu pertumbuhan Si Kecil, menjaga kesehatan saluran cerna, dan mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Bagaimana Moms, sudah tidak bingung mencari ide aktivitas untuk anak-anak di rumah, kan? Selalu isi waktu luang Si Kecil di rumah dengan kegiatan yang bermanfaat, ya. Sebagai rekomendasi, Moms juga bisa coba games AR baru LactoGo! Sambil bermain AR, Moms bisa mendapatkan berbagai informasi tentang nutrisi, mengumpulkan poin LactoClub, dan mendapatkan beragam hadiah menarik. Yuk, cek sekarang!


Referensi:

AAP. 11 Ways to Encourage Your Child to Be Physically Active. Retrieved November 10 2023, from https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/fitness/Pages/Encouraging-Your-Child-to-be-Physically-Active.aspx

Web MD. Physical Side Effects of Oversleeping. Retrieved November 10 2023, from https://www.webmd.com/sleep-disorders/physical-side-effects-oversleeping

AAP. The Power of Play: How Fun and Games Help Children Thrive. Retrieved November 10 2023, from https://www.healthychildren.org/English/family-life/power-of-play/Pages/the-power-of-play-how-fun-and-games-help-children-thrive.aspx

Better Health Channel. Sport and children. Retrieved November 10 2023, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/sport-and-children

Healthline. Reading to Children: Why It’s So Important and How to Start. Retrieved November 10 2023, from https://www.healthline.com/health/childrens-health/reading-to-children

Kidspot. 10 surprising benefits of ‘family movie night’ for your family. Retrieved November 10 2023, from https://www.kidspot.com.au/lifestyle/entertainment/entertainment-galleries/10-surprising-benefits-of-family-movie-night-for-your-family/image-gallery/ae70be50f39958bb6434757c453b72c9

Kids Health. Cooking With Preschoolers. Retrieved November 10 2023, from https://kidshealth.org/en/parents/cooking-preschool.html 

Raising Children. Household chores for children and teenagers. Retrieved November 10 2023, from https://raisingchildren.net.au/preschoolers/family-life/routines-rituals-rules/chores-for-children

Rasmussen University. Gardening for Kids: 7 Reasons Planting Seeds Enriches Their Lives. Retrieved November 10 2023, from https://www.rasmussen.edu/degrees/education/blog/gardening-for-kids-benefits/




Bagikan : Facebook WhatsApp