Parenting Corner

Dukung Anak Miliki Akal Cerdas dan Pencernaan Sehat

17 March 2023

dukung anak miliki akal cerdas dan pencernaan sehat

Tahukah Moms, 80% dari sistem kekebalan tubuh Si Kecil terdapat dalam saluran pencernaannya lho. Karenanya, pencernaan sehat penting untuk mendukung kesehatan tubuh secara umum. 

Selain itu, ada hubungan interaksi dua arah antara sistem pencernaan dan otak, yang dikenal dengan istilah gut-brain axis. Hal ini menunjukkan bahwa selain penting untuk menjaga kesehatan fisik, pencernaan yang sehat juga penting untuk mendukung perkembangan otak Si Kecil.

Ciri dan Tanda Pencernaan Sehat

Nah, apakah sistem pencernaan Si Kecil sehat, Moms? Untuk mengetahui pencernaan sehat pada anak dan terhindar dari gangguan pencernaan, yuk simak ciri-ciri pencernaan sehat Si Kecil. 

1. Jumlah Bakteri Baik Dalam Saluran Cerna Si Kecil Seimbang

Bakteri baik yang ada di saluran pencernaan anak akan membantu memecah makanan menjadi nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Semakin banyak bakteri baik yang ada di dalam saluran cerna, maka semakin sedikit pula ruang yang ada bagi bakteri jahat. Karena itu, salah satu ciri-ciri pencernaan anak sehat adalah terjadi keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat (pathogen) di saluran cernanya.

2. Pertumbuhan dan Perkembangan Si Kecil Sesuai dengan yang Direkomendasikan 

Ciri-ciri pencernaan anak sehat tubuh aktif juga bisa Moms ketahui dengan memantau tumbuh kembang anak. Misalnya dengan merujuk pada kurva WHO atau Buku Kesehatan Ibu dan Anak yang dikeluarkan Kementrian Kesehatan. Saluran cerna sebagai penyedia zat gizi dan energi yang dibutuhkan tubuh Si Kecil, membangun imun tubuh, membantu kerja otak. Semuanya dibutuhkan anak agar proses tumbuh kembangnya optimal.

Special Care

3. Jarang Mengalami Gangguan Pencernaan Anak

Masalah pencernaan pada anak akan membuat mood Si Kecil kurang baik. Karena itu, Moms perlu mengetahui ciri-ciri masalah pencernaan anak. Sistem saluran pencernaan anak memang belum terbentuk dengan sempurna sehingga ia mudah terkena gangguan pencernaan anak. Si Kecil yang saluran cernanya sudah baik dan memiliki kenyamanan saluran umumnya lebih jarang mengalami gangguan pencernaan seperti gumoh, kolik, sembelit, diare dan lainnya.

4. Nafsu Makan Si Kecil Baik

Ciri-ciri pencernaan anak sehat tubuh aktif yang bisa Mom perhatikan pula adalah nafsu makan yang baik. Si Kecil yang sering mengalami gangguan pencernaan bisa kehilangan nafsu makan.

5. Daya Tahan Tubuh Anak Kuat

Tanda pencernaan bayi atau gangguan pencernaan pada anak adalah sering sakit. Saluran cerna anak sehat dapat membuat imunitasnya meningkat. Seiring pertambahan usia, sel usus menjadi lebih rapat dan lapisan saluran cerna lebih matang. Hal tersebut menyebabkan saluran cerna makin sulit ditembus bakteri atau makanan yang terlalu besar. Karena itu, daya tahan tubuh jadi lebih baik sehingga anak tak mudah mengalami infeksi. 

6. Penyerapan Makanan Makin Efektif pada Pencernaan Anak yang Sehat

Salah satu gangguan pencernaan pada anak ditandai oleh saluran cerna yang baik adalah anak lancar buang air besar dengan kondisi BAB yang normal. 

7. Perilaku dan Mood Anak Baik

Tanda bahwa saluran cerna anak sehat tubuh aktif dan anak terhindar dari gangguan pencernaan pada anak adalah Si Kecil terlihat aktif dan bahagia.

Baca JugaIntoleransi Laktosa adalah Gangguan Pencernaan pada Anak, Yuk, Simak!

Hal yang Perlu Dilakukan Agar Pencernaan Sehat

Pencernaan sehat membantu anak-anak berkembang. Untuk memastikan kesehatan pencernaan Si Kecil, Moms perlu melakukan langkah khusus. Namun terkadang sistem yang luar biasa ini membutuhkan sedikit perhatian dan kasih sayang. Berikut ini sejumlah cara menjaga organ pencernaan agar tetap sehat yang bisa Moms terapkan di rumah:

1. Konsumsi Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi yang mengandung kultur bakteri aktif seperti yogurt dan kefir dapat menambahkan lebih banyak bakteri baik ke saluran pencernaan anak Anda. Begitu juga makanan non dairy dan fermentasi seperti kimchi, tempe, dan tahu.

2. Menambahkan Probiotik untuk Dikonsumsi

Probiotik membantu saluran pencernaan anak  mencapai keseimbangan bakteri yang tepat untuk kesehatan usus yang baik dan untuk kesehatan secara keseluruhan. Tidak hanya dalam bentuk suplemen, Moms juga bisa memberikan probiotik untuk dikonsumsi Si Kecil lewat susu pertumbuhan tertentu.

3. Manfaat Pencernaan Anak yang Sehat

Pencernaan sehat turut mendukung akal sehat dan kesehatan tubuh anak secara keseluruhan. Saluran pencernaan bertugas memproses nutrisi secara sempurna yang sangat penting untuk tumbuh kembang Si Kecil. Penyerapan nutrisi dari saluran cerna ini juga berperan penting untuk perkembangan kecerdasan Si Kecil.

Penelitian menunjukkan bahwa keseimbangan bakteri yang buruk dalam usus selama masa kanak-kanak dapat meningkatkan risiko alergi Pada akhirnya, hal ini membuat anak-anak merasa energik dan sehat.

Untuk mendukung pencernaan sehat Si Kecil, Moms bisa memberikan susu pertumbuhan yang mengandung prebiotik dan probiotik. Selain dapat mengurangi gejala sembelit ketika sudah terjadi, kandungan nutrisi tersebut juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan secara khusus, dan kesehatan tubuh secara umum.

LACTOGROW merupakan susu pertumbuhan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk Si Kecil. Selain serat pangan inulin dan L. reuteri, segelas susu LACTOGROW 3 juga mengandung 13 vitamin & 7 mineral yang merupakan sumber zat besi & tinggi vitamin C, tinggi kalsium maupun vitamin D, sumber protein, serta minyak ikan dan omega 3 & 6.

Lactogrow 3 untuk anak berusia 1-3 tahun tersedia dalam rasa Original (350-735 gram), Madu (180 gram-1 kg), dan Vanilla (350 gram-1 kg). Sedangkan LACTOGROW 4 dapat dikonsumsi secara umum dan tersedia dalam rasa Madu (735 gram-1 kg) dan Vanilla (735gram-1 kg). 

 

Yuk, beri asupan nutrisi baik secara teratur demi membentuk pencernaan sehat Si Kecil.Selamat mencoba, Moms!


Source

[1] 5 Ways to Boost Your Child’s Gut Health - Stanford Medicine.  Retrieved on January 16, 2023 from https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=5-ways-to-boost-your-childs-gut-health-197-29161

[2] 6 Ways to Boost Your Child’s Gut Health - University Hospital. Retrieved on January 16, 2023 from https://www.uhhospitals.org/blog/articles/2017/03/6-ways-to-boost-your-childs-gut-health

[3] BAHAYA MAKANAN SIAP SAJI - RS Kariadi. Retrieved on January 16, 2023 from https://www.rskariadi.co.id/news/100/BAHAYA-MAKANAN-SIAP-SAJI/Artikel

[4] 5 SIMPLE STEPS TO IMPROVE YOUR CHILD'S DIGESTIVE HEALTH - Love Bug Probiotic. Retrieved on January 16, 2023 from https://lovebugprobiotics.com/blogs/news/5-simple-steps-to-improve-your-childs-digestive-health

[5] Tahukah Ibu? Tumbuh Kembang Anak Yang Optimal Berawal Dari Pencernaan Sehat - Dinas Kesehatan Palangkaraya. Retrieved on January 16, 2023 from https://dinkes.palangkaraya.go.id/tahukah-ibu-tumbuh-kembang-anak-yang-optimal-berawal-dari-pencernaan-sehat/

[6] The Importance of Good Gut Health in Children - Only About Children. Retrieved on January 16, 2023 from https://www.oac.edu.au/news-views/the-importance-of-good-gut-health-in-children/

[7] 4 REASONS TO SUPPORT KIDS GUT HEALTH - Natural Super Kids. Retrieved on January 16, 2023 from https://www.naturalsuperkids.com/kids-gut-health/


“Special



Bagikan : Facebook WhatsApp