Parenting Corner

Happy Kids: Simak Cara Membuat Anak Sukses dan Bahagia Berikut Ini

05 November 2020

anak happy kids

Tawa Si Kecil adalah candu dalam kehidupan keluarga ya, Moms. Tentunya, sebagai orangtua, Moms ingin selalu mendengar tawa riang dari Si Kecil karena itu artinya ia berhasil tumbuh menjadi anak bahagia atau happy kids.  

Keberhasilan tumbuh kembang Si Kecil tidak hanya punya keunggulan untuk suasana hatinya, Moms. Dengan tumbuh dengan perasaan suka cita, anak-anak dapat sukses tumbuh dengan optimal. Umumnya, anak yang bahagia adalah anak yang sehat, memiliki kemampuan sosial baik, dan sukses dalam pendidikan maupun karier. 

Penelitian membuktikan, orang yang bahagia lebih sukses daripada orang yang tidak bahagia dalam pekerjaan maupun hubungan1. Jadi, sangat penting ya Moms membuat anak tumbuh dengan bahagia. 

Tapi, bagaimana sih cara membuat anak bahagia dan memiliki tumbuh kembang yang sukses? Yuk, simak artikel berikut ini. 

1. Beri Kesempatan Main dengan Teman 

Bermain bersama dengan teman membantunya untuk belajar, menumbuhkan rasa percaya diri, dan mengerti tentang arti pertemanan sejak dini. 

2. Biasakan untuk Makan Makanan Bergizi 

Dengan membiasakan mereka makan makanan bergizi sejak dini, akan membuat Si Kecil tidak pilih-pilih makanan yang dikonsumsinya nanti. 

3. Berikan Tontonan dan Lagu Sesuai Usianya 

Tontonan dan lagu membantu merangsang perkembangan otak Si Kecil. Jangan lupa untuk memberikan video dan lagu yang sesuai usianya ya. 

4 Years Old

4. Ajak Liburan bersama Keluarga 

Liburan bersama keluarga memberikan pengalaman baru yang menyenangkan di luar rumah. Keluarga pun jadi lebih kompak. 

5. Berkreasi dengan Menggambar dan Melukis 

Menggambar dan melukis merangsang kreativitas serta imajinasinya untuk tumbuh bahagia secara fisik maupun mental. 

Baca Juga: Ide Permainan Kreatif untuk Anak

6. Ajarkan Kebiasaan yang Positif 

Kebiasaan yang positif membuat anak menjadi optimis. Optimisme sendiri erat kaitannya dengan kebahagiaan2. Moms tidak perlu mengajarkan hal yang sulit. Ajarkan hal-hal yang mudah terlebih dahulu, misalnya melakukan satu pekerjaan kecil dalam satu hari seperti membantu berbelanja, membantu membersihkan tempat tidur, atau sekadar mengajak hewan peliharaan berjalan3

7. Mendorong Anak untuk Punya Pola Hidup yang Sehat 

Salah satu cara untuk membuat anak bahagia di rumah dan memiliki tumbuh kembang yang sukses adalah dengan membiasakan pola hidup sehat. Dengan membiasakan anak makan makanan sehat, tidur tepat waktu, dan aktif bergerak; anak akan tumbuh menjadi happy kids4

8. Beri Kesempatan untuk Eksplorasi 

Anak-anak sejatinya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi lho, Moms. Karenanya, Si Kecil akan aktif bertanya dan mengeksplorasi berbagai hal yang ada di sekitarnya. Ketika dilarang, tentunya hal ini dapat membuat Si Kecil kecewa. Alih-alih melarang, Moms bisa memberi kesempatan anak untuk melakukan eksplorasi5. Tentunya, sambil diawasi untuk memastikan keamanannya. Moms bisa membetulkan caranya mengeksplorasi jika diperlukan ketika Si Kecil melakukan sesuatu yang berbahaya. 

9. Habiskan Waktu Bersama Anak 

Hal yang diinginkan anak bukanlah mainan mahal untuk membuatnya bahagia, Moms. Hingga usia 3 tahun, hal yang paling dibutuhkan Si Kecil justru adalah bermain bersama dengan orangtuanya. Hal ini menjadi cara paling ampuh untuk memastikan kesejahteraan emosional Si Kecil lho, Moms6. Jadi jangan ragu untuk menghabiskan waktu bersama dengan Si Kecil agar ia tumbuh menjadi happy kids dan memiliki tumbuh kembang yang sukses. 

10. Pastikan Pencernaannya Sehat 

Sistem pencernaan sangat berperan penting dalam suasana hati seseorang, tidak terkecuali Si Kecil7. Dengan memastikan sistem pencernaannya sehat, berarti Moms membantu Si Kecil tumbuh dengan bahagia.  

Untuk mendukung pertumbuhannya, Moms bisa memberikan Nestle LACTOGROW. LACTOGROW 3 mengandung Lactobacillus reuteri (L. reuteri). Selain itu, LACTOGROW 3 juga tinggi protein, kalsium, vitamin, mineral, serta omega 3 & 6, yang baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian anak. 

LACTOGROW 3 untuk anak usia 1-3 tahun tersedia dalam varian rasa Original, Madu, dan Vanilla. Sementara LACTOGROW 4 tersedia dalam pilihan rasa Madu dan Vanilla. 

Kandungan nutrisi seperti kalsium, 12 vitamin, minyak ikan, 7 mineral, serta omega 3 dan 6 dalam LACTOGROW juga mendukung Si Kecil Grow Happy. 

Jadi, sudah siapkah Moms membuat Si Kecil menjadi memiliki tumbuh kembang yang sukses dan menjadi Happy Kids? 


Sources

  • How to Raise Happy Kids: 10 Steps Backed by Science - Time. Retrieved on August 18, 2022 from https://time.com/35496/how-to-raise-happy-kids-10-steps-backed-by-science/  
  •  Making Kids Happier: One Habit a Day - Psychology Today. Retrieved on August 18, 2022 from https://www.psychologytoday.com/us/blog/thinking-about-kids/202207/making-kids-happier-one-habit-day  
  • 10 Tips on Raising a Healthy Child: From Screen Time to Mental Health - Teladoc. Retrieved on August 18, 2022 from https://www.teladoc.com/health-talk/10-tips-for-a-healthier-happier-child/    
  • Safe Exploring for Toddlers (for Parents) - Nemours KidsHealth. Retrieved on August 18, 2022 from https://kidshealth.org/en/parents/exploring.html  
  • 7 Secrets to Raising a Happy Child - Parents. Retrieved on August 18, 2022 from https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/fear/raising-happy-children/  
  • The gut-brain connection - Harvard Health. Retrieved on August 18, 2022 from https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/the-gut-brain-connection  

“Tumbuh



Bagikan : Facebook WhatsApp