Parenting Corner

Apa Itu Probiotik? Ini 15 Manfaat Probiotik Susu bagi Pencernaan Anak

05 November 2020

manfaat-probiotik-untuk-anak

Moms, pernahkah mendengar apa itu probiotik? Probiotik akrab dikenal sebagai bakteri baik dan kerap disebut punya banyak manfaat bagi kesehatan pencernaan anak. 

Tapi sebenarnya apa sih probiotik itu dan apa saja manfaatnya? Makanan dan minuman apa saja yang memiliki kandungan probiotik? Yuk, Moms, berkenalan lebih jauh dengan probiotik dan bagaimana kebaikan bakteri probiotik ini berkontribusi pada kesehatan pencernaan si Kecil. 

Apa Itu Probiotik?

Probiotik adalah mikroorganisme yang bermanfaat bagi tubuh dan hidup secara alami di dalam tubuh. Di saat ada bakteri yang menyebabkan penyakit, probiotik dapat membantu mengatasi dan mencegah penyakit, termasuk gangguan pencernaan, seperti diare. Singkatnya, probiotik adalah bakteri baik.

Ada banyak bakteri baik yang termasuk probiotik, dua di antaranya yang paling dikenal adalah Lactobacillus dan Bifidobacterium. 

Bakteri Lactobacillus mungkin adalah bakteri probiotik yang paling banyak ditemukan. Bakteri Lactobacillus bisa ditemukan di dalam yoghurt atau makanan fermentasi lainnya. Beberapa bakteri Lactobacillus diketahui dapat mencegah diare dan membantu orang-orang yang mengidap intoleransi laktosa.

Sedangkan, Bifidobacterium adalah bakteri probiotik yang banyak ditemukan dalam produk olahan susu. Di tubuh, bakteri ini hidup di perut dan usus. Bakteri Bifidobacterium dapat meringankan gejala penyakit seperti irritable bowel syndrome (IBS) atau gangguan sistem pencernaan berupa iritasi pada usus besar.

Tumbuh Kembang

Peran Probiotik Bagi Pencernaan Si Kecil

Probiotik bagus untuk sistem pencernaan anak. Manfaat probiotik untuk anak salah satunya bisa didapat dari susu pertumbuhan. Susu dengan kandungan probiotik dapat meningkatkan sistem imunitas, meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi dari makanan. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mengatasi diare, kolik, dan gangguan pencernaan lainnya. Probiotik jenis Lactobacillus reuteri (L. reuteri) juga terbukti dapat membantu mengurangi durasi diare akut pada anak. Probiotik L. reuteri juga disebut dapat membantu konstipasi atau sembelit. 

Berikut ini beberapa manfaat probiotik bagi kesehatan anak:4 

  • mengurangi infeksi saluran pernapasan atas anak 
  • meminimalisir intoleransi laktosa pada anak 
  • mencegah eksim atau penyakit kulit anak 
  • menjaga jantung anak 
  • mencegah risiko kanker anak 
  • mengurangi gejala inflammatory bowel disease (IBD) atau radang usus pada anak 
  • manfaat probiotik salah satunya membantu anak yang mengalami gangguan pencernaan fungsional. 

Baca Juga: 6 Manfaat Lactobacillus Reuteri untuk Pencernaan Anak 

Makanan dan Minuman dengan Kandungan Probiotik

Mikroorganisme probiotik hidup di dalam tubuh, namun bakteri baik tersebut juga bisa didapatkan dari asupan makanan dan minuman. Probiotik bisa didapat dari makanan hasil fermentasi, seperti yogurt, keju, tempe, dan sebagainya. Beberapa jenis susu juga ada yang sudah diperkaya dengan probiotik. 

Cara kerja probiotik adalah membantu tubuh menjaga kelompok mikroorganisme baik atau membantu tubuh menyehatkan kembali kondisi mikroorganisme yang sempat terganggu. 

Ketika seseorang sakit, bakteri jahat masuk ke tubuh dan bertambah jumlahnya, saat itulah probiotik sebagai bakteri baik bekerja melawan bakteri jahat dan mengembalikan keseimbangan dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih baik.5 

Moms tentu tahu bahwa saluran pencernaan adalah organ yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, serta imunitas si Kecil. Karenanya, kesehatan saluran pencernaan anak perlu selalu dijaga dengan memaksimalkan manfaat probiotik agar selalu sehat dan grow happy. 

Setelah mengetahui manfaat kandungan probiotik untuk si Kecil, tidak ada salahnya Moms memberikan susu yang mengandung probiotik L. Reuteri. Selain mendapatkan manfaat probiotik, kandungan nutrisi dalam susu juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan secara khusus, dan kesehatan tubuh secara umum. 

Moms bisa beri si Kecil LACTOGROW 3, satu-satunya susu pertumbuhan yang mengandung L. reuteri. Segelas susu LACTOGROW 3 juga mengandung serat pangan (inulin), manfaat 13 vitamin & 7 mineral, di antaranya sumber zat besi & tinggi vitamin C, tinggi kalsium maupun vitamin D, sumber protein, serta minyak ikan dan Omega 3 & 6. 

LACTOGROW 3 untuk anak berusia 1-3 tahun tersedia dalam rasa Original (350-750 gram), Madu (180 gram-1 kg), dan Vanilla (350 gram-1 kg). Sedangkan LACTOGROW 4 tersedia dalam rasa Madu (750 gram-1 kg) dan Vanilla (750 gram-1 kg).

Setelah mengetahui peran kandungan probiotik untuk kesehatan pencernaan anak, Moms tak perlu ragu lagi untuk memberikan asupan susu dengan probiotik kepada si Kecil. Semoga Moms dan si Kecil sehat selalu ya! 


Sources

  1. https://www.gastroconsa.com/4-benefits-of-probiotics/  
  2. https://medlineplus.gov/druginfo/natural/790.html 
  3. https://www.healthline.com/health/bifidobacterium-bifidum 
  4. https://www.momjunction.com/articles/probiotics-for-kids-types-benefits-dosage-precautions_00793465/  
  5. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/14598-probioticshttps://my.clevelandclinic.org/health/articles/14598-probiotics  

“Tumbuh



Bagikan : Facebook WhatsApp