Parenting Corner

Serba-serbi Fungsi Minyak Ikan untuk Anak

05 November 2020

manfaat minyak ikan untuk anak

Untuk mendukung proses tumbuh kembang Si Kecil, kebutuhan asupan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya harus terpenuhi. Kebutuhan nutrisi itu bisa diperoleh dari berbagai asupan harian Si Kecil. 

Omega-3 adalah salah satu dari banyak nutrisi yang dibutuhkan si Kecil. Omega-3 adalah asam lemak yang baik untuk tubuh,  terutama bagi Si Kecil yang masih dalam masa pertumbuhan. 

Membahas tentang omega-3 maka kerap dikaitkan dengan minyak ikan. Tapi apa sih sebenarnya minyak ikan itu? Apa manfaat minyak ikan untuk anak? Berapa takaran minyak ikan yang baik dikonsumsi anak? 

Berikut ini akan dibahas serba-serbi seputar minyak ikan dan manfaatnya untuk Si Kecil. Yuk, disimak Moms. 

Tumbuh Kembang

Apa Itu Minyak Ikan? 

Seperti namanya, minyak ikan adalah minyak yang berasal dari ikan. Minyak ikan merupakan hasil ekstrak lemak ikan, terutama yang berasal dari ikan laut, banyak diminati karena mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh, tidak hanya anak-anak namun juga orang dewasa.

Asam lemak Omega-3 dibagi menjadi 3 tipe utama, yaitu Alpha Linolenic Acid (ALA), Eicosapentaenoic Acid (EPA), dan Docosa Hexaenoic Acid (DHA). ALA adalah Omega-3 yang bersumber dari nabati seperti sayuran dan biji-bijian, sementara EPA dan DHA didapat dari ikan berlemak, seperti salmon, makarel, dan tuna. 

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak 

Karena kaya akan kandungan Omega-3, minyak ikan baik untuk Si Kecil. Beberapa manfaat minyak ikan untuk anak di antaranya: 

  • Minyak ikan untuk kecerdasan otak anak 
  • Membantu tidur lebih lelap 
  • Meringankan masalah ADHD 
  • Meringankan gejala asma2 
  • Meringankan inflamasi 
  • Membantu kesehatan mata 
  • Menjaga tubuh tetap fit 
  • Melindungi jantung dari kolesterol jahat
  • Mendukung tumbuh kembang anak 
  • Membantu meringankan gangguan pencernaan 
  • Membantu mencegah alergi pada anak4

Baca Juga: Ketahui Apa Saja Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

Sumber Minyak Ikan 

Minyak ikan yang kaya Omega-3 bisa diperoleh melalui suplemen atau sumber alamiah seperti ikan laut yang berlemak, yaitu ikan salmon, sarden, ikan kembung, ikan haring, teri, ikan trout, dan tuna.5 Omega-3 yang diperoleh dari ikan-ikan tersebut adalah EPA dan DHA. 

Selain itu, sumber lainnya seperti udang, kerang, ikan lele, tuna kaleng dan sebagainya juga bisa jadi pilihan walaupun dengan jumlah kandungan DHA maupun EPA yang lebih rendah. 

Tips Memberikan Minyak Ikan untuk Anak 

Meski mengetahui kegunaan minyak ikan untuk anak, namun pertanyaan yang kemudian muncul adalah seberapa banyak Si Kecil boleh mengkonsumsi minyak ikan? Berikut beberapa tips memberikan minyak ikan kepada Si Kecil: 

  1. Takaran pemberian Omega-3 kepada anak disarankan sesuai usia. Untuk anak usia 1-3 tahun, termasuk dosis minyak ikan untuk anak 2 tahun yang disarankan adalah 0,7 gram per hari dan usia 4-8 tahun sebanyak 0,9 gram per hari.6 
  2. Menyajikan ikan berlemak baik 2 kali dalam seminggu  
  3. Apabila Moms hendak memberikan suplemen minyak ikan untuk anak, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter anak untuk memastikan Si Kecil memang membutuhkan suplemen tersebut atau tidak dan berapa banyak dosis yang diperlukan. 
  4. Hindari memberikan suplemen minyak ikan apabila Si Kecil alergi terhadap ikan dan makanan laut lainnya. 

Seperti telah disebutkan di atas, minyak ikan merupakan sumber DHA yang baik untuk tumbuh kembang anak. Selain dari suplemen atau sumber alami, Omega-3 dan DHA juga bisa diperoleh dari susu pertumbuhan yang sudah difortifikasi. 

LACTOGROW 3 yang telah diperkaya minyak ikan, Omega 3 & 6, bisa menjadi pilihan Moms untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian penting Si Kecil. Juga mengandung Lactobacillus reuteri atau L. reuteri. 

Dalam segelas LACTOGROW 3 juga terkandung manfaat dari serat pangan inulin, 13 vitamin & 7 mineral, zat besi, vitamin C, kalsium, vitamin D, juga sumber protein. 

LACTOGROW 3 untuk anak berusia 1-3 tahun tersedia dalam rasa Original, Madu, dan Vanilla. Sedangkan LACTOGROW 4 tersedia dalam rasa Madu dan Vanilla. 

Demikian ulasan serba-serbi seputar minyak ikan untuk anak dan manfaatnya bagi Si Kecil. Semoga informasinya bermanfaat ya, Moms! Yuk, dukung tumbuh kembang anak dengan game LactoGo, dapatkan poinnya! 


Sources

  • Fish Oil - Mayoclinic. Retrieved on August 18, 2022 from https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-fish-oil/art-20364810  
  • Should Kids Take Omega-3 Supplements? - Healthline. Retrieved on August 18, 2022 from https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-for-kids  
  • 7 Potential Benefits of Fish Oil, According to a Nutritionist - Health. Retrieved on August 18, 2022 from https://www.health.com/nutrition/fish-oil-benefits  
  • Top 10 Reasons to Give Your Kids Omega-3 - Nutriadvanced. Retrieved on August 18, 2022 from https://www.nutriadvanced.co.uk/news/top-10-reasons-to-give-your-kids-omega-3/  
  • Are omega-3s safe for children? - Medical News Today. Retrieved on August 18, 2022 from https://www.medicalnewstoday.com/articles/omega-3-for-kids  

“Tumbuh



Bagikan : Facebook WhatsApp