Parenting Corner

Peran Orang Tua dalam Perkembangan Psikososial Anak

04 April 2024

Peran Orang Tua dalam Perkembangan Psikososial Anak

Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam perkembangan Si Kecil, termasuk di antaranya adalah perkembangan psikososial yang mencakup aspek sosial, emosional, dan kognitif.

Penting bagi Moms untuk memahami kompleksitas proses ini, di mana anak belajar berinteraksi dengan orang lain, mengontrol emosi, mengembangkan identitas diri, dan memahami nilai serta norma dalam masyarakat.

Tahapan Perkembangan Psikososial Anak Usia 1- 5 Tahun

Lalu, apa saja contoh perkembangan psikososial pada Si Kecil yang berusia 1-5 tahun? Menurut teori psikoanalisis anak oleh Erikson, terdapat beberapa tahapan yang perlu diperhatikan:

Usia 12 – 18 bulan

Pada tahap ini Si kecil akan sangat bergantung  pada orang tuanya untuk memenuhi kebutuhan dasarnya, seperti makanan, kenyamanan, dan kasih sayang.  Orang tua memainkan peran penting dalam memberikan kekuatan psikologis berupa rasa percaya, aman, dan terlindungi kepada anak. Penting bagi orang tua untuk memastikan bahwa kebutuhan tersebut terpenuhi, karena ketidakpuasan dalam tahap ini dapat memengaruhi pemahaman Si Kecil terhadap konsep rasa aman dan kasih sayang.

Usia 18 bulan – 3 tahun

Pada tahap ini Si Kecil mulai menunjukkan sikap mandiri. Moms dapat memberikan kebebasan kepada mereka untuk memilih camilan atau pakaian yang mereka sukai. Selain itu, Si Kecil juga mulai  belajar menggunakan toilet. Saat Si Kecil bisa melalui tahap ini dengan baik dan  mendapat bimbingan dari Moms, ia akan  mengembangkan rasa percaya diri terhadap kemampuannya.

Usia 3 – 5 tahun

Usia ini  menandai masuknya Si Kecil ke dalam usia prasekolah, di mana ia akan lebih sering berinteraksi secara sosial dan bermain dengan teman dan  serta orang-orang di sekitarnya. Moms juga dapat membimbing Si Kecil agar berani mengambil inisiatif, membuat keputusan, dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari.

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Psikososial 

Dikarenakan perkembangan sosial merupakan proses yang kompleks, Moms perlu menyadari bahwa terdapat beberapa faktor yang memengaruhi perkembangan ini. Faktor-faktor tersebut meliputi faktor genetik (biologis), pola asuh orang tua dan lingkungan keluarga, interaksi sosial, pendidikan (baik untuk anak-anak maupun orang tua), dan juga pengaruh budaya setempat.

Baca Juga: 10 Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Peran Orang Tua untuk Mendukung Perkembangan Psikososial Anak

Sebagai orang tua, tentunya kita ingin melihat perkembangan psikososial anak kita berkembang secara optimal. Berikut adalahbeberapa peran penting yang dapat Moms lakukan untuk mendukung Si Kecil melewati tahap perkembangan psikososialnya dengan baik. 

  1. Memberikan stimulasi. Moms perlu memberikan stimulasi yang sesuai dengan tahap perkembangan psikososial anak, seperti memberikan perhatian sehingga anak merasa dicintai, diterima, dan aman secara emosional. Sikap tersebut akan membantu Si Kecil mengembangkan hubungan sosial yang sehat dan mengatur emosi dengan baik.  Selain itu, Moms juga perlu mengajak anak bermain dengan teman untuk membiasakan Si Kecil berinteraksi, mengambil keputusan, dan meningkatkan rasa percaya diri. 
  2. Mendukung kemandirian. Moms perlu memberi ruang agar Si Kecil mandiri dengan mengambil keputusan dan mengatasi tantangan sendiri, sehingga bisa meningkatkan rasa percaya dirinya. 
  3. Memberikan batasan yang jelas.  Moms harus konsisten dengan aturan dan batasan yang telah dibuat, dan komunikasikan kepada si Kecil dengan cara yang mudah dipahami, yakni dengan menjelaskan mengapa aturan dan batasan tersebut dibuat.
  4. Cukupi kebutuhan nutrisi seimbang. Kebutuhan dasar yang dibutuhkan dalam perkembangan Si Kecil adalah nutrisi yang cukup dan seimbang melalui asupan makanan dan minuman, yang berperan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan mood anak. Selain itu, mengatur waktu istirahat yang cukup juga penting bagi perkembangan psikososial anak.

Moms dapat menyediakan asupan susu susu bagi Si Kecil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.  Ada beberapa jenis susu pertumbuhan yang dapat diberikan, seperti susu LACTOGROW 3 untuk anak usia 1–3 tahun atau LACTOGROW 4 untuk usia 4–5 tahun.

LACTOGROW 3 dengan Activgro, merupakan satu-satunya susu pertumbuhan dengan Lactobacillus Reuteri yang diperkaya dengan Omega 3 & 6, Inulin, 13 vitamin dan 7 mineral yang dapat mendukung pencernaan baik, bantu akal cerdas, dan tubuh aktif.

Itulah pembahasan mengenai peran orang tua untuk mendukung perkembangan psikososial anak agar Si Kecil mempunyai kemampuan untuk mengelola emosi dan berinteraksi sosial dengan baik.




Bagikan : Facebook WhatsApp