Kalender Mingguan Kehamilan

Kehamilan Minggu Ke-26: Perkembangan dan Pola Makan

20 April 2023

Meskipun ibu menyadari tonjolan perut terasa lebih kencang namun tonjolan juga terasa lebih bagi si kecil. Simak perkembangan janin usia kehamilan ke-26.

 

Ahh, malam hari. Akhirnya bisa tidur. Tetapi tidak demikian dengan bayi yang mungkin ingin lebih banyak bergerak di malam hari. Ketika tonjolan ibu semakin besar dan besar, semakin sulit untuk menemukan posisi yang menyenangkan untuk tidur. Ibu mungkin tidak bisa tidur dengan posisi miring lagi. Posisi yang paling nyaman untuk berbaring selama beberapa minggu ke depan mungkin adalah miring. Letakkan bantal di antara kedua lutut agar sedikit lebih nyaman, dan cobalah untuk rileks dan tidur.

 

Kepala bayi sekarang berukuran jeruk kecil, dan beratnya sekitar 1000 g. Tubuhnya semakin gemuk berkat lemak yang menumpuk secara bertahap di bawah kulitnya untuk memberinya cadangan saat lahir. Rambut dan kukunya tumbuh dengan baik dan, di bawah gusinya, gigi gadingnya di kemudian hari hampir tertutupi oleh email. Terlebih lagi, dia mulai benar - benar bereaksi terhadap suara keras.

 

NUTRISI

 

Jika ibu menderita refluks dan mulas di malam hari, cobalah mengangkat kepala sedikit dengan menambahkan bantal. Usahakan agar makan malam ibu juga sedikit. Perhatikan lemak, lemak dapat memperlambat pencernaan dan memperparah masalah pencernaan ibu yang dapat menyebabkan gangguan tidur. Jika makan malam yang terlalu ringan membuat ibu mengidam di malam hari, pertimbangkan untuk menambahkan camilan satu jam sebelum tidur. Camilan malam hari di tempat tidur, mau? Jangan ragu untuk membawanya ke tempat tidur di atas nampan jika ibu ingin buang air besar di malam hari.

 

TIPS

 

Meskipun ibu menyadari tonjolan perut terasa lebih kencang akhir-akhir ini, namun tonjolan tersebut juga terasa lebih kencang bagi si kecil di dalam perut. Kegembiraan si kecil yang jungkir balik di dalam bak mandi air ketuban akan segera berakhir. Namun, jika ibu khawatir dengan berkurangnya gerakan bayi, segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan semuanya baik - baik saja.




Bagikan : Facebook WhatsApp


Artikel Terkait