Kalender Mingguan Kehamilan

Kehamilan Minggu Ke-37: Perkembangan dan Pola Makan

20 April 2023

Si kecil cenderung menundukkan kepala, lengan disilangkan, dan kaki dilipat di dada karena tidak ada banyak ruang bergerak. Ini perkembangan minggu ke-37.

 

Dengan beberapa minggu lagi, ibu akan merasa senang sekaligus khawatir. Siapa yang tidak begitu? Namun, cobalah untuk tetap rileks sebisa mungkin agar ibu dapat melahirkan dalam kondisi yang optimal. Terus lakukan latihan relaksasi dan pernapasan secara teratur. Jika ibu merasakan gelombang kontraksi, lihat dengan tenang jam tangan, berbaring dan rileks, bernapas dalam - dalam dan teratur. Kontraksi akan mereda. Saat kontraksi muncul kembali, lihat jam tanganmu lagi. Jika jaraknya lebih dari 20 menit,ibu tidak boleh melahirkan untuk saat ini (secara umum, jika kontraksi berjarak 5 hingga 10 menit, dan jika air ketuban pecah, maka inilah saatnya untuk pergi ke rumah sakit). Percayakah bahwa sekarang ibu sudah semakin dekat untuk menjadi seorang ibu?Atau, jika ini bukan yang pertama kalinya untuk memiliki si kecil lagi?! Lezat.

 

Si kecil di perut ibu tidak begitu kecil lagi. Dengan kurangnya ruang, ibu akan merasa gerakannya tidak sekuat sebelumnya. Namun, dia terus menendang, menyikut atau menggerakkan kepalanya untuk menunjukkan bahwa dia masih ada di sana. Bulu-bulu halus persik subkutan yang menutupi kulitnya, lanugo, sudah terlepas, sementara lapisan verniks yang seperti lilin, semakin tebal. Sabar, dia bersiap - siap untuk bertemu denganmu segera!

 

NUTRISI

 

Ibu mungkin pernah mendengar bahwa selama kehamilan, ibu hamil membutuhkan lebih banyak hal dibandingkan sebelum mereka hamil. Jika ibu memulai kehamilan dengan berat badan yang sehat, protein ibu perlu meningkat dari sekitar 50g menjadi sekitar 70g per hari. Protein ekstra 20g tidak sebanyak kedengarannya. Dengan mengonsumsi porsi tambahan makanan kaya protein dari makanan biasa, kemungkinan besar ibu sudah cukup. 60g tambahan daging, ikan, atau unggas menyediakan sekitar 15g protein. Satu telur memiliki sekitar 7g protein, dan 30g porsi keju atau 240ml segelas susu masing - masing memiliki 7 -8g. Semua sumber protein ini mengandung asam amino esensial yang baik bagi ibu dan bayi. Sama seperti nutrisi yang memiliki kalori, jika ibu makan lebih banyak protein, itu dapat menaikkan berat badan.

 

TIPS

 

Apakah ibu merasa sedikit ragu dengan kehadiran suami di dalam ruangan selama proses persalinan? Jika ibu tidak yakin, mungkin ibu bisa menjernihkan beberapa hal dalam pikiran sebelum memutuskan caranya. Apakah ibu merasa lebih aman ketika bersama suami? Atau apakah ibu memiliki perasaan bahwa ibu harus menyatukan diri? Mungkin akan lebih santai untuk memiliki teman di sisi ibu, orang yang sudah menjadi ibu sendiri. Namun, jangan lupakan perspektif "yang lain": apakah suami dapat bertahan hanya sebagai penonton? Bicaralah secara terbuka dengan suami tentang harapan dan ketakutan. Kemudian buatlah keputusan bersama. Cobalah untuk tidak menempatkan diri atau suami di bawah tekanan. Hal ini dimaksudkan untuk menenangkan.




Bagikan : Facebook WhatsApp


Artikel Terkait