Parenting Corner

Apa Itu Sukrosa dalam Susu? Ini Perbedaan Laktosa dan Sukrosa

20 January 2021

Sukrosa Dalam Susu

Moms tentu sudah biasa mendengar kata ‘gula’ dalam kehidupan sehari-hari, bukan? Bagaimana dengan kata ‘laktosa’ atau ‘sukrosa’? Tahukah Moms kalau kedua kata ini merupakan jenis gula? Nah, masih ada lagi nama-nama lain dari gula, lho. Apa perbedaan sukrosa, laktosa dan maltosa? Yuk, kenali nama-nama gula dan ketahui apa bedanya sehingga Moms bisa memahami mana jenis gula yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak dan mana yang sebaiknya dihindari. 

Apa itu Sukrosa, Lactosa, dan Gula sederhana?

Gula sederhana, atau simple sugar, juga dikenal sebagai karbohidrat sederhana. Gula sederhana ada yang merupakan monosakarida, yaitu jenis yang paling sederhana sehingga tidak bisa dipecah lagi oleh tubuh. Yang termasuk ke dalam monosakarida adalah glukosa, fruktosa, dan galaktosa.

Kemudian, ada pula gula sederhana yang termasuk ke dalam disakarida dimana terdapat dua jenis monosakarida yang diikat bersama. Agar dapat diserap oleh tubuh, disakarida perlu dipecah terlebih dahulu. Yang termasuk ke dalam jenis disakarida adalah sukrosa, laktosa, dan maltosa.

Apa perbedaan laktosa dan sukrosa serta dengan gula lainnya?

Glukosa

Glukosa adalah karbohidrat sederhana yang didapat dari makanan yang kita konsumsi dan kemudian diolah oleh tubuh menjadi energi. Karena glukosa mengalir dalam darah, maka juga dikenal sebagai gula darah. Glukosa umumnya didapat dari pangan tinggi karbohidrat seperti nasi, roti, kentang, dan sebagainya.

Fruktosa

Fruktosa juga dikenal sebagai gula buah karena secara alami terkandung di dalam buah-buahan. Fruktosa juga terdapat di dalam madu dan sayuran. Karena merupakan monosakarida, fruktosa bisa diserap oleh tubuh tanpa harus dipecah terlebih dahului. Jika dibandingkan dengan glukosa, fruktosa menaikkan kadar gula darah dengan lebih perlahan.

Tumbuh Kembang

Galaktosa

Galaktosa adalah gula sederhana yang berasal dari laktosa dan juga merupakan sumber energi. Karena sumber utama galaktosa adalah laktosa, maka galaktosa bisa didapat dari susu dan produk olahan susu seperti keju, mentega, dan yogurt.

Apa Itu Perbedaan Gula Laktosa dan Sukrosa? 

Sukrosa

Apa itu sukrosa? Gula jenis ini merupakan disakarida yang terdiri atas 50% glukosa dan 50% fruktosa. Sukrosa juga merupakan nama ilmiah dari gula meja. Secara alami sukrosa terdapat pada buah dan sayuran. Sukrosa yang ditambahkan dalam makanan atau minuman biasanya diolah dari tanaman tebu atau bit.

Apakah Laktosa Sama dengan Gula

Apa itu gula laktosa? Laktosa merupakan karbohidrat sederhana golongan disakarida yang terdiri dari glukosa dan galaktosa. Galaktosa dalam laktosa berperan dalam perkembangan sel dan fungsi organ tubuh. Laktosa juga merupakan prebiotic yang menjadi sumber energi bagi mikroba dalam usus sehingga berperan menjaga kesehatan pencernaan. Laktosa juga disebut sebagai gula susu karena secara alami terkandung di dalam susu dan produk olahan susu. Sumber laktosa berasal dari kondensasi antara galaktosa dan glukosa.

Maltosa

Maltosa terdiri dari dua jenis glukosa yang menjadi satu. Maltosa terbentuk di dalam bagian biji tumbuhan, atau bagian lainnya saat bertunas. Pada waktu tumbuhan akan bertunas, ia akan membelah zat energi yang disimpan di dalamnya dan kemudian membentuk maltosa. Karena itu, secara alami serelia dan umbi seperti ubi mengandung jenis gula ini.

Apa Saja Susu Bebas Laktosa

Nah, setelah mengetahui nama-nama lain dari gula, kini Moms bisa lebih cermat dalam membaca label pada kemasan makanan dan minuman, bukan?

LACTOGROW merupakan susu pertumbuhan yang mengandung nutrisi yang lengkap untuk Si Kecil. Selain serat pangan inulin dan L. reuteri, segelas susu LACTOGROW juga mengandung 13 vitamin & 7mineral yang merupakan sumber zat besi & tinggi vitamin C, tinggi kalsium maupun vitamin D, sumber protein, serta minyak ikan dan omega 3 & 6.

Lactogrow 3 untuk anak berusia 1-3 tahun tersedia dalam rasa Original (350-750 gram), Madu (180 gram-1 kg), dan Vanilla (350 gram-1 kg). Yuk, ikuti game LactoGo, dapatkan poinnya!


“Tumbuh



Bagikan : Facebook WhatsApp