Parenting Corner

Ini 7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini

04 April 2024

Ini 7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini

Kebahagiaan orang tua melihat anak tumbuh sehat dan cerdas tentu tak ternilai harganya. Namun, proses ini tidak instan karena berbagai faktor memengaruhi kecerdasan, termasuk aspek inteletektual, emosional, dan sosial pada perkembangan Si Kecil.   

Selain tahu faktor apa saja yang berpengaruh pada kecerdasan, Moms juga perlu tahu cara meningkatkan kecerdasan anak usia dini yang membantunya agar lebih mudah menyerap informasi dan mengikuti proses belajar di sekolah untuk mendukung kesuksesan di kemudian hari. 

Untuk lebih jelasnya, simak tips meningkatkan kecerdasan usia dini dan faktor apa saja yang memengaruhinya di sini!

Faktor yang Memengaruhi Kecerdasan Anak Usia Dini

Meskipun genetik berperan, faktor eksternal seperti lingkungan, pendidikan, pola asuh, interaksi keluarga, akses ke sumber belajar, dan nutrisi memiliki dampak signifikan. 

Meskipun genetik berperan, faktor eksternal seperti lingkungan, pendidikan, pola asuh, interaksi keluarga, akses sumber belajar, dan nutrisi memiliki dampak signifikan. Penelitian juga menunjukkan hubungan antara tingkat pendidikan, profesi, dan pendapatan orang tua dengan pola asuh dan perkembangan anak.

Penelitian juga menunjukkan hubungan antara tingkat pendidikan, profesi, pendapatan orang tua dengan pola asuh dan perkembangan Si Kecil.

Hal-hal yang Menghambat Kecerdasan Anak

Beberapa faktor, seperti kebiasaan menggunakan gadget secara berlebihan, kurangnya stimulasi, tidur yang tidak cukup, dan kekurangan nutrisi, dapat menghambat perkembangan Si Kecil. 

  • Terlalu lama terpapar gadget

Kebiasaan bermain gadget atau menonton televisi terlalu lama bisa mengurangi waktu bermain dan belajar yang diperlukan Si Kecil untuk meningkatkan kecerdasannya. Paparan penggunaan perangkat teknologi juga berdampak kurang baik pada kemampuan kognitif, emosional, dan sosialnya. Untuk itu pastikan Moms membatasi screen time Si Kecil. Screen time yang dianjurkan untuk anak usia 2 tahun ke atas adalah tidak lebih dari 2 jam setiap hari. 

  • Kurang stimulasi

Saat Moms dan Si Kecil tidak memberikan stimulasi baik, seperti obrolan, bermain bersama, atau membacakan buku cerita, hal tersebut bisa menjadi hambatan dalam pengembangan kecerdasan anak.

  • Kurang tidur

Waktu tidur yang kurang pada Si Kecil akan menghambat perkembangan otak anak. Selain itu, tidur cukup juga bermanfaat untuk memulihkan energi, meningkatkan efisiensi belajar, sistem imun dan pertumbuhan fisik. 

  • Kurang nutrisi

Moms juga perlu selalu memperhatikan asupan nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi Si Kecil. Saat Si Kecil kondisi kesehatannya tidak baik akibat kurang gizi, hal tersebut akan menghambat perkembangan kognitif, sosial emosional, dan dan motorik anak. 

Baca Juga: Dukung Anak Miliki Akal Cerdas dengan Pencernaan Baik

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini

Ada berbagai langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan Si Kecil, mulai dari stimulasi lingkungan hingga memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang. Berikut 7 cara meningkatkan kecerdasan otak anak di usia dini. 

  1. Stimulasi lingkungan

Peran lingkungan sekitar seperti keluarga terdekat yang memiliki interaksi harmonis akan memberi stimulasi yang baik pada perkembangan kognitif dan psikis Si Kecil.1 Beberapa stimulasi yang bisa dilakukan contohnya adalah memberi pujian dan semangat saat Si Kecil menyelesaikan tugas atau meraih prestasi.

  1. Aktivitas fisik atau olahraga

Aktivitas fisik seperti bermain bola atau berenang dapat meningkatkan koordinasi dan konsentrasi anak serta membantu dalam belajar dan menyelesaikan masalah. 

  1. Melibatkan anak dalam aktivitas di rumah

Moms juga bisa mengajak Si Kecil untuk ikut serta membantu beberapa tugas rumah tangga dapat meningkatkan kemampuan motorik serta kecerdasan emosional dan sosialnya, yakni melatih tanggung jawab, kemandirian, dan bekerja sama. 

  1. Mendengarkan musik klasik

Studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan visual anak. Studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan memecahkan masalah dan kemampuan visual anak. 

  1. Bermain di alam

 Memperkenalkan Si Kecil pada alam sejak dini dapat menstimulasi kecerdasan naturalisnya. Moms, bisa menemani anak menanam bibit tanaman, main ke pantai, gunung, dan juga mengenal jenis hewan di kebun binatang. 

  1. Menyusun puzzle atau lego

Moms bisa mengajak Si Kecil menyusun puzzle atau lego karena aktivitas tersebut bisa melatih kecerdasan visual-spasial anak. 10

  1. Cukupi kebutuhan nutrisi seimbang

Memastikan anak mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan mencukupi kebutuhan nutrisi adalah kunci penting dalam perkembangan fisik dan kecerdasannya. 

Sebagai opsi untuk asupan nutrisi, Moms bisa memberikan susu pada Si Kecil untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Moms bisa memberikan susu pertumbuhan, seperti susu LACTOGROW 3 untuk anak usia 1–3 tahun atau LACTOGROW 4 untuk usia 4–5 tahun. 

LACTOGROW 3 dengan Activgro, merupakan satu-satunya susu pertumbuhan dengan Lactobacillus Reuteri yang diperkaya dengan Omega 3 & 6, Inulin, 13 vitamin dan 7 mineral yang dapat mendukung pencernaan baik, bantu akal cerdas, dan tubuh aktif.     

Itu tadi beberapa cara meningkatkan kecerdasan anak usia dini yang untuk membantu mengoptimalkan kecerdasan Si Kecil baik pada aspek intelektual, psikis, dan interaksi sosialnya.




Bagikan : Facebook WhatsApp