Parenting Corner

7 Makanan Serat Tinggi yang Baik untuk Optimalkan Kesehatan Si Kecil

29 April 2024

7 Makanan Serat Tinggi yang Baik untuk Optimalkan Kesehatan Si Kecil

Kebiasaan mengonsumsi makanan serat tinggi sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna tubuh dan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan serta mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, dan obesitas. 

Lalu, berapa kebutuhan serat harian anak dan apa saja contoh makanan tinggi serat yang dibutuhkan Si Kecil? Yuk, simak bahasan lengkapnya berikut, Moms. 

Kebutuhan Harian Serat pada Anak Usia 1-5 Tahun

Kebutuhan serat harian Si Kecil disesuaikan dengan usia. Menurut Angka Kecukupan Gizi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, anak usia 1–3 tahun membutuhkan 19 g serat per hari. Kemudian pada usia 4–6 tahun membutuh 20 g serat per hari.

8 Pilihan Makanan Tinggi Serat untuk Si Kecil

Perlu diketahui jenis serat dibedakan menjadi dua berdasarkan kelarutannya, yaitu serat pangan yang larut dan tidak terlarut. Serat larut menyerap air dan berubah menjadi gel saat proses pencernaan di usus. Sementara serat tidak larut tidak berubah saat melalui proses pencernaan.

Baca Juga: Makanan Serat Pangan pada Susu agar Anak Sehat

Berikut beberapa pilihan makanan yang tinggi serat dapat Moms berikan kepada anak Moms:

  1. Sayuran - Sayur seperti kubis, bayam, brokoli, jagung manis, kembang kol. dan kacang polong memiliki kandungan serat yang tinggi. Cobalah memasukkan sayuran ini dalam sup atau atau campuran menu lain untuk Si Kecil.
  2. Kacang-kacangan, seperti kacang hijau, kedelai, kacang hitam, dan kacang merah mengandung serat yang tinggi. Moms bisa menyediakan menu sup kacang atau dibuat minuman kacang hijau untuk memenuhi kebutuhan serat Si Kecil.
  3. Lentil juga merupakan salah satu nuat untuk Si Kecil. Moms dapat memberikan Si Kecil nasi dari lentil atau sup lentil untuk meningkatkan asupan seratnya.
  4. Buah-buahan, seperti pir, stroberi, rasberi, apel, pisang, nanas, dan jeruk bisa jadi opsi camilan sehat bagi Si Kecil.
  5. Oatmeal juga sumber serat yang baik dan dapat menu sarapan untuk anak-anak. Tambahkan potongan buah-buahan segar atau susu sebagai campuran untuk menambah rasa.
  6. Quinoa bisa jadi pilihan makanan tinggi serat yang digunakan sebagai pengganti nasi, dimasak tumis atau jadi campuran sup buat Si Kecil.
  7. Umbi-umbian dan biji-bijian utuh, seperti roti gandum utuh, nasi beras merah, atau pasta gandum utuh adalah pilihan yang baik untuk memperoleh serat tambahan menu tinggi serat Si Kecil. Makanan pokok sumber karbohidrat kompleks seperti beras berwana, kentang, ubi, singkong, dan jagung mengandung serat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama bagi si Kecil.

Demikian beberapa pilihan makanan serat tinggi untuk menjaga pencernaan Si Kecil tetap sehat. Selain itu, pastikan Si Kecil mendapatkan asupan makanan dan minuman lengkap dengan nutrisi seimbang, termasuk memberikan susu sesuai usia Si Kecil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Moms bisa memberikan susu pertumbuhan, seperti susu LACTOGROW 3 untuk anak usia 1–3 tahun atau LACTOGROW 4 untuk usia 4–5 tahun.

LACTOGROW 3 Activgro, merupakan satu-satunya susu pertumbuhan dengan Lactobacillus Reuteri yang diperkaya dengan Omega 3 & 6, 13 vitamin, dan 7 mineral yang dapat mendukung pencernaan baik, bantu akal cerdas, dan tubuh aktif.




Bagikan : Facebook WhatsApp