Parenting Corner

Manfaat Serat Pangan pada Susu agar Anak Sehat

20 January 2021

Gambar 33 Manfaat Serat Pangan pada Susu untuk Kesehatan Ana

Tahukah Moms apa yang dimaksud dengan serat pangan? Apa saja yang merupakan sumber serat pangan? Apakah serat pangan ada pada susu dan apa manfaatnya? Yuk Moms, baca penjelasan singkat berikut ini seputar serat pangan dan manfaat serat pangan pada susu untuk kesehatan anak.

Apa itu serat pangan?

Tahukah Moms yang dimaksud dengan serat pangan? Serat pangan, atau dalam Bahasa Inggris disebut dietery fiber, merupakan jenis karbohidrat yang berasal dari tumbuhan. Serat pangan memiliki sifat tidak bisa diserap oleh tubuh, berbeda dengan zat gizi lainnya seperti protein, karbohidrat, atau lemak. Serat pangan hampir utuh saat melewati perut, usus halus, usus besar, dan kemudian keluar dari tubuh. Serat pangan sendiri ada yang dapat larut dalam air (soluble fiber) dan ada yang tidak larut (insoluble fiber).

Apa bedanya serat pangan soluble dan insoluble?

Soluble dietary fiber, adalah tipe serat pangan yang larut di dalam air dan kemudian membentuk semacam gel. Jenis serat pangan ini diantaranya terdapat pada apel, oats, polong, buah-buahan sitrus, dan sebagainya.

Insoluble dietary fiber, adalah serat pangan yang tidak larut. Jenis serat pangan ini mendukung pergerakan materi di dalam sistem pencernaan dan meningkatkan massa tinja. Serat pangan ini diantaranya terdapat pada tepung gandum, kentang, kacang-kacangan, kembang kol, dan sebagainya.

4 Years Old

Apakah serat pangan juga terdapat dalam susu?

Selain dari pangan utuh, serat pangan juga bisa difortifikasi dalam berbagai produk makanan dan minuman. Misalnya cereal, yogurt dan susu. Umumnya akan tercantum sebagai ‘inulin’ pada kemasan makanan atau minuman tersebut.

Apa manfaat serat pangan pada susu bagi kesehatan anak?

Pada umumnya, manfaat serat pangan berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan anak dan juga mencegah konstipasi. Serat akan membantu membuat feses anak lebih lunak dan lebih mudah bergerak melalui saluran pencernaan.

Selain itu, serat pangan seperti inulin merupakan prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam pencernaan.

Seperti yang disebutkan di atas, serat pangan inulin dapat difortifikasi dalam susu. Tentunya mengonsumsi susu yang mengandung serat pangan inulin akan memberikan manfaat yang ada pada inulin bagi anak.Termasuk mendukung kerja dan kesehatan pencernaan serta membantu penyerapan kalsium pada tubuh anak

Serat pangan, termasuk inulin, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan anak. Khususnya yang berkaitan dengan kesehatan pencernaan. Nah, Moms tentu tahu, bahwa saluran cerna merupakan organ kekebalan tubuh terbesar dimana sekitar 80% sel yang ada di saluran cerna menghasilkan antibodi. Yuk Moms, jaga kesehatan saluran cerna anak dengan asupan serat pangan yang cukup agar Si Kecil selalu sehat dan grow happy.

Moms bisa memberikan susu yang mengandung prebiotik dan probiotik. Selain dapat mengurangi gejala sembelit ketika sudah terjadi, kandungan nutrisi tersebut juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan secara khusus, dan kesehatan tubuh secara umum.

LACTOGROW merupakan susu pertumbuhan yang mengandung nutrisi yang lengkap untuk Si Kecil. Selain serat pangan inulin dan L. reuteri, segelas susu LACTOGROW juga mengandung 13 vitamin & 7mineral yang merupakan sumber zat besi & tinggi vitamin C, tinggi kalsium maupun vitamin D, sumber protein, serta minyak ikan dan omega 3 & 6.

Lactogrow 3 untuk anak berusia 1-3 tahun tersedia dalam rasa Original (350-750 gram), Madu (180 gram-1 kg), dan Vanilla (350 gram-1 kg).


“Tumbuh



Bagikan : Facebook WhatsApp