Parenting Corner

Seru! 7 Tips Liburan Bersama Anak di Era Pandemi

05 April 2022

liburan bersama anak

Pandemi Covid-19 sudah melanda seluruh manusia di seluruh dunia selama kurang lebih dua tahun. Praktis, ada banyak hal yang berubah total termasuk ke dalam kebiasaan sehari-hari. Salah satunya, mengurangi frekuensi ke luar rumah jika memang tidak ada keperluan mendesak. 

Tidak hanya orang tua, tapi anak-anak juga mengalami dampak ini. Kerja maupun sekolah dari rumah menjadi hal yang lazim, sehingga tidak heran jika kepenatan melanda, terutama bagi anak-anak. 

Meski demikian, adanya vaksinasi serta pemahaman dan penanganan akan Covid-19 yang lebih baik sedikitnya menghadirkan rasa aman bagi yang ingin beraktivitas keluar rumah, termasuk liburan bersama anak

Liburan bersama keluarga adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu. Untuk itu, liburan ala new normal pada era pandemi ini, membutuhkan sejumlah adaptasi agar liburan berjalan lancar, aman, dan menyenangkan sehingga dapat pulang dengan senyum tetap sehat. Apa saja, ya? 

Beberapa tips liburan bersama anak yang bisa Moms terapkan antara lain: 

1. Libatkan si Kecil dalam memilih destinasi 

Agar si Kecil semakin semangat berlibur, jangan lupa untuk melibatkan dia dalam memilih destinasi. Sambil memilih, Moms bisa menawarkan destinasi apa saja yang menjadi opsi dan memperlihatkan ada apa saja di destinasi tersebut serta aktivitas apa saja yang dapat dilakukan di tempat berlibur. Dengan demikian, si Kecil akan tetap antusias saat akan berlibur. 

2. Terapkan protokol kesehatan 

Liburan bersama anak di era Covid-19 tentunya membutuhkan penyesuaian. Persiapkan tisu basah, hand sanitizer, disinfektan, masker, juga air purifier untuk menjaga agar udara di sekitar tetap jernih. Jangan lupa untuk cuci tangan pakai sabun sebelum makan, minum, dan hendak memegang wajah. 

3. Pilih transportasi yang nyaman 

Sesuai dengan tujuan dan jarak ke tempat liburan, Moms bisa mempertimbangkan untuk memilih transportasi yang nyaman dan aman untuk liburan bersama anak. Selain jarak dan tujuan, biaya juga sebaiknya masuk pertimbangan. 

Yang terpenting adalah tetap menjaga protokol kesehatan baik mengendarai kendaraan pribadi, menyewa, atau naik transportasi umum. 

4. Bawa barang/mainan kesayangan si Kecil 

Untuk mencegah rasa bosan selama di waktu liburan bersama anak, hal yang tidak boleh dilupakan ketika liburan dengan anak adalah barang/mainan kesayangan si Kecil. Boneka, bantal, guling, selimut, atau mobil-mobilan kesayangannya juga dapat mengobati rasa homesick-nya karena tidak berada di lingkungan seperti biasa. 

5. Siapkan games seru untuk dimainkan bersama 

Agar si Kecil tidak melulu menatap layar smartphone, perhatiannya bisa dialihkan dengan mempersiapkan games seru untuk dimainkan bersama. Seperti permainan scavenger hunt. Dengan permainan ini, Moms bisa menggambar atau menuliskan kira-kira apa saja yang akan ditemui di jalan. 

Jika si Kecil melihat hal tersebut, lingkari atau warnai. Permainan tersebut dapat melatih kesadarannya terhadap suasana sekitar. Membawa buku -buku berisi permainan juga bisa digunakan untuk mengusir rasa bosan.

6. Hindari bertemu terlalu banyak orang 

Physical distancing masih menjadi rekomendasi untuk beraktivitas selama masa pandemi. Hindari pergi ke tempat dengan kerumunan orang banyak agar tetap bisa menjaga jarak. Dengan demikian, Moms dan keluarga bisa tetap bersenang-senang dengan aman dan nyaman. 

7. Persiapkan kebutuhan secara matang 

Catat kebutuhan apa saja yang harus dibawa agar tidak perlu repot-repot lagi membeli di jalan. Jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman bergizi yang biasa dikonsumsi si Kecil serta susu agar kebutuhan nutrisinya tetap terjaga dan si Kecil tetap sehat dan bugar selama berlibur.  

Demikian tips-tips yang dapat diterapkan untuk liburan bersama anak di era pandemi. Selain itu, jangan lupa untuk membawa asupan makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi. Dengan asupan nutrisi yang terjaga, maka si Kecil dapat berlibur dengan bugar serta riang gembira. 

Penuhi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan LACTOGROW 3. LACTOGROW 3 adalah salah satu susu pertumbuhan yang mengandung nutrisi untuk si Kecil. Dalam segelas susu LACTOGROW 3, si Kecil mendapatkan manfaat nutrisi seperti serat pangan (inulin) dan L. reuteri, serta 13 vitamin & 7 mineral yang merupakan sumber zat besi & tinggi vitamin C, tinggi kalsium maupun vitamin D, sumber protein, serta minyak ikan dan omega 3 & 6 serta 0g sukrosa.  

LACTOGROW 3 untuk anak berusia 1-3 tahun tersedia dalam rasa Original (350-750 gram), Madu (180 gram-1 kg), dan Vanilla (350 gram-1 kg). Sedangkan LACTOGROW 4 tersedia dalam rasa Madu (750 gram-1 kg) dan Vanilla (750 gram-1 kg). 

Semoga informasi mengenai liburan bersama anak ini membantu, ya Moms! 


Sources

  1. 50 Road Trip Activities for Toddlers and Preschoolers — A Mom Explores. Retrieved on February 15, 2022 from https://www.emilymkrause.com/blog/2018/3/24/road-trip-activities-for-toddlers-and-preschoolers 



Bagikan : Facebook WhatsApp