Parenting Corner

Jenis Vitamin Usus untuk Jaga Kesehatan Pencernaan Si Kecil

26 April 2024

Jenis Vitamin Usus  untuk Jaga Kesehatan Pencernaan Si Kecil

Moms pernah dengar istilah vitamin usus? Ini adalah istilah yang merujuk pada jenis vitamin untuk tingkatkan bakteri baik usus yang berfungsi menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi vitamin dan nutrisi yang tepat, hal tersebut bisa berdampak untuk menjaga usus atau sistem pencernaan berfungsi dengan baik. 

Lalu, apa saja jenis nutrisi dan vitamin untuk usus sehat anak? Mari simak bahasan lengkapnya pada artikel berikut. 

Jenis Vitamin Usus dan Makanan untuk Kesehatan Pencernaan 

Selain makanan tinggi serat dan cukup air minum, Si Kecil juga membutuhkan sejumlah vitamin untuk menjaga sistem pencernaannya. Fungsi dari sejumlah vitamin tersebut adalah untuk menjaga komposisi mikrobioma usus dan meningkatkan bakteri baik  di dalamnya.   

  1. Beta karoten (vitamin A), vitamin C, dan E memiliki peran untuk mendukung kesehatan usus karena berperan untuk mengatur komposisi mikrobiota di usus. Selain itu, ketiga jenis vitamin tersebut menjaga kondisi usus tetap sehat sehingga bisa menjadi sistem perlindungan dan imun tubuh. Vitamin beta karoten dapat ditemukan dalam wortel, aprikot, mangga, sementara vitamin C terdapat dalam buah jeruk, beri, tomat, paprika, brokoli. Vitamin E dapat diperoleh dari alpukat. 
  2. Vitamin D memiliki peran penting dalam penyerapan kalsium dan berfungsi untuk mendukung kesehatan saraf, otot, dan sistem kekebalan tubuh.    Sumber alami vitamin D termasuk kuning telur, ikan laut, hati, susu dan sereal yang difortifikasi. Berjemur di bawah sinar matahari juga membantu tubuh memproduksi vitamin D. 
  3. Vitamin B kompleks. Vitamin B berperan penting dalam pemrosesan protein dalam sistem pencernaan, membentuk keragaman mikrobiota usus, menjaga sistem saraf dan produksi sel darah. Makanan yang kaya akan vitamin B termasuk ikan, daging unggas, produk susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Selain jenis vitamin di atas, nutrisi lain yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah: 

  1. Serat
  2. Calcium
  3. Zink 
  4. Zat besi 
  5. Selenium
  6. Prebiotik

Baca Juga: Penyebab Gangguan Tidur pada Si Kecil dan Cara Mengatasinya

Gangguan Kesehatan Akibat Pencernaan Tidak Sehat 

Jika sistem pencernaan tidak sehat dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi Si Kecil. Beberapa masalah yang mungkin timbul termasuk diare, sembelit, kelelahan, mual, kerapuhan tulang akibat tubuh kurang maksimal menyerap kalsium, imun lemah, hingga risiko kanker usus di kemudian hari. 

Kebiasaan yang Perlu Dihindari agar Sistem Pencernaan Sehat

Berikut beberapa hal yang kerap terjadi di keseharian yang perlu dihindari untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat. 

  1. Kurang konsumsi makanan kaya serat, air minum, dan nutrisi lain secara lengkap dan seimbang. 
  2. Kurang aktivitas fisik dan olahraga teratur. 
  3. Sering tidur larut atau kurang waktu istirahat. 
  4. Stres. 

Mengingat nutrisi lengkap penting untuk kesehatan usus, pastikan Moms selalu memberikan asupan makanan dan minuman dengan gizi seimbang, salah satunya dengan memberikan susu bagi Si Kecil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. 

Moms bisa memberikan susu pertumbuhan, seperti susu LACTOGROW 3 untuk anak usia 1–3 tahun atau LACTOGROW 4 untuk usia 4–5 tahun. 

LACTOGROW 3 Activgro, merupakan satu-satunya susu pertumbuhan dengan Lactobacillus Reuteri yang diperkaya dengan Omega 3 & 6, 13 vitamin, dan 7 mineral yang dapat mendukung pencernaan baik, bantu akal cerdas, dan tubuh aktif.   

Itu tadi bahasan mengenai vitamin usus dan faktor-faktor lain yang mendukung kesehatan sistem pencernaan Si Kecil. Dengan pencernaan yang sehat, akan membantu Si Kecil tetap aktif dan tidak mudah sakit.




Bagikan : Facebook WhatsApp