Parenting Corner

Susu Prematur yang Bagus untuk Bayi

16 March 2023

Susu untuk Bayi Lahir Prematur

Bayi prematur adalah kelahiran yang terjadi sebelum usia kehamilan 37 pekan. ASI adalah makanan terbaik bagi bayi baru lahir, baik bayi yang dilahirkan cukup bulan (matur) maupun kurang bulan (prematur). Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ASI memberikan banyak keuntungan fisiologis maupun emosional. 

World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemberian ASI secara eksklusif sekurangnya selama usia 6 bulan pertama, dan rekomendasi serupa juga didukung oleh American Academy of Pediatrics (AAP), Academy of Breastfeeding Medicine, demikian pula oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Special Care

Bayi prematur membutuhkan ASI sebagai energi pertama yang masuk ke tubuhnya setelah lahir. Berikut sejumlah manfaat ASI untuk bayi prematur:

● Menghindarkan bayi dari berbagai infeksi, karena ASI membantu melindungi sistem pencernaan bayi yang belum matang. Yang perlu Moms ketahui, ASI lebih mudah dicerna dibanding susu formula untuk bayi prematur.

● Tumbuh kembang Si Kecil dapat terjaga karena ASI memiliki hormon pertumbuhan yang penting bagi bayi prematur. Selain itu, ASI efektif memacu perkembangan otak dan fisik anak.

Meski demikian, orangtua dari anak yang lahir secara prematur sering mengalami kesulitan dalam hal pemberian ASI. Hal ini biasanya disebabkan karena bayi prematur memiliki berat lahir rendah, atau juga memiliki gangguan medis lain karena fungsi pernafasan, jantung, saluran cerna, dan fungsi organ lainnya belum matang. Bahkan kadang bayi prematur memerlukan perawatan di ruang intensif.

Berhubungan dengan berat lahir dan usia kehamilan, terdapat beberapa kekhususan pemberian minum pada bayi prematur. Hal tersebut juga berkaitan dengan kematangan perkembangan fungsi oral motor pada bayi prematur.

Dengan demikian, bayi prematur memerlukan nutrisi yang khusus untuk mengejar pertumbuhannya. Apabila karena kondisi medis ASI tidak dapat diberikan, susu formula bayi prematur dapat menjadi salah satu alternatif untuk asupan nutrisi kejar tumbuhnya.. Hal ini tentu saja harus berdasarkan konsultasi dan rekomendasi dari dokter atau tenaga kesehatan.

Lalu apa yang harus diperhatikan saat memilih susu untuk bayi lahir prematur?

Kebutuhan Asupan Bayi Prematur

Asupan kalori tinggi penting agar bayi dengan kelahiran prematur mendapatkan tumbuh kembang yang baik.

Baca Juga: Apa Saja Nutrisi yang Dibutuhkan Anak dalam Tumbuh Kembangnya? Simak di Sini!

 

Cara Memilih Susu untuk Bayi Prematur

Bayi yang lahir prematur dengan berat badan rendah adalah kondisi yang tidak bisa dianggap sepele. Hal tersebut dapat memengaruhi tumbuh kembang organ tubuh si anak. 

● Moms disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan susu rekomendasi tenaga kesehatan atau jenis susu BBLR yang sesuai dengan kebutuhan anak. Hal ini penting untuk menjaga kondisi Si Kecil. Jangan sampai Si Kecil nantinya mengalami kelebihan nutrisi dan mendapat dampak buruk lainnya.

● Pastikan produk susu untuk bayi lahir prematur yang Moms pilih aman. Caranya, Moms bisa memeriksa segel kemasan, termasuk tanggal kedaluwarsanya.

● Baca keterangan label dan instruksi penyajian susu yang benar untuk menghindari kontaminasi yang dapat berdampak pada kesehatan Si kecil. 

● Moms juga perlu jeli dengan mencium aroma susu yang dibuat. Jika muncul bau aneh, lebih baik jangan berikan susu pada anak. 

Demikian penjelasan seputar pemberian susu bayi prematur untuk menambah berat badan Si Kecil. Jangan lupa bahwa setiap anak memiliki kondisi yang berbeda dan penggunaan susu bayi prematur harus atas konsultasi dengan tenaga kesehatan. Oleh karena itu, pastikan Moms cek rutin ke dokter untuk memantau tumbuh kembang Si Kecil agar tetap optimal.


Source

[1] Premature birth - Symptoms and causes. (2021, April 14). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/premature-birth/symptoms-causes/syc-20376730

[2] Pemberian ASI pada Bayi Lahir Kurang Bulan. (n.d.). IDAI. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-asi-pada-bayi-lahir-kurang-bulan

[3] Common questions about outpatient care of premature infants. (2014, August 15). AAFP. https://www.aafp.org/afp/2014/0815/p244.html  

[4] Optimizing nutrition in preterm low birth weight infants—Consensus summary. (n.d.). PubMed Central (PMC). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5445116/

[5] Providing breast milk for premature and ill newborns. (n.d.). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/breastfeeding/Pages/Providing-Breastmilk-for-Premature-and-Ill-Newborns.aspx

[6] Nutritional support in the premature newborn. (n.d.). PubMed Central (PMC). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2563699/

[7] Wood, R. (2022, May 20). Feeding your preemie: Infant formula 101. Hand to Hold. https://handtohold.org/feeding-preemie-infant-formula-101/

[8] Breastfeeding your premature baby. (2020, December 7). nhs.uk. https://www.nhs.uk/conditions/baby/breastfeeding-and-bottle-feeding/breastfeeding/premature-baby/#:~:text=Giving%20your%20premature%20baby%20your,baby%20to%20grow%20and%20develop


“Special



Bagikan : Facebook WhatsApp