Parenting Corner

6 Cara Atasi Sakit Perut Anak Secara Alami. Coba Yuk, Moms!

04 April 2022

cara atasi sakit perut anak

Salah satu penyakit yang kerap diderita oleh anak-anak adalah sakit perut. Boleh dibilang bahwa anak-anak dan sakit perut memang selalu berjalan beriringan.1  

Pada umumnya, sakit perut pada anak-anak bukan hal yang perlu dikhawatirkan kecuali sakit perut akibat hal lain seperti penyakit yang sebenarnya sedang dialami oleh si Kecil. Namun untuk sakit perut biasa yang sembuh sendiri, Moms bisa melakukan beberapa cara atasi sakit perut pada anak untuk mengurangi rasa sakitnya. 

Seperti sakit perut pada umumnya, banyak cara yang bisa Moms tempuh untuk mengurangi rasa kram atau sakit yang dirasakan oleh si Kecil. Berikut tips mengobati anak sakit perut:

1. Biarkan Anak Beristirahat 

Cara atasi sakit perut pada anak yang paling mudah adalah jangan terlalu banyak memberikan aktivitas baik berat maupun ringan, terutama setelah makan. 

2. Atasi gejalanya 

Gejala sakit perut bisa diredakan dengan memberikan cairan berupa air putih, kaldu, atau jus buah yang diencerkan dengan air. Makanan dengan rasa yang tawar juga bisa digunakan seperti roti tawar, crackers asin, jelly, atau nasi. 

Hindari makanan pedas atau berminyak serta minuman bersoda atau berkafein hingga 48 jam setelah seluruh gejala hilang.  

Lactogo

3. Beri obat 

Beberapa obat untuk meredakan rasa sakit bisa Moms beli dan berikan untuk si Kecil. Namun pastikan dulu dengan dokter mengenai obat yang tepat dengan kondisi anak. Obat yang tidak tepat malah justru dapat memperburuk rasa sakitnya. 

4. Beri Teh Chamomile

Teh Chamomile adalah teh yang bebas kafein dan aman diminum oleh anak-anak. Selain mengandung zat penenang, kandungan anti inflamasi dalam teh ini dapat membantu meredakan gejala sakit perut. Chamomile membantu menenangkan otot bagian atas saluran pencernaan, meredakan kejang dan kram serta kontraksi yang menggerakkan makanan melalui perut dan usus kecil. 

5. Beri Minuman Jahe 

Teh jahe mengandung gingerol, kandungan utama pada jahe berupa antioksidan yang membantu mengurangi produksi radikal bebas dari potensinya merusak tubuh. Jahe juga mengurangi rasa mual dan kandungan anti inflamasinya meningkatkan cairan di saluran pencernaan sekaligus menetralisir asam pada perut.

6. Kompres perut 

Mengompres perut dengan kain hangat atau botol berisi air panas sambil duduk atau berbaring juga dapat dilakukan sebagai cara atasi sakit perut pada anak. Panas dapat melancarkan aliran darah ke permukaan kulit. Panas tersebut akan mengurangi rasa sakit yang datang dari bagian dalam perut. 

Sakit perut biasanya akan hilang sendiri dalam hitungan jam atau hari terutama dengan gejala-gejala ringan yang tidak disertai gejala lain. Jika si Kecil merasakan sakit perut disertai beberapa gejala seperti sakit yang terus menerus hanya pada satu bagian perut; sakit yang parah atau secara bertahap semakin parah dan tidak hilang dalam 24 jam; merasa sakit atau empuk ketika perutnya dipegang; bengkak atau perut terasa keras; sakit di selangkangan atau bengkak pada testikel; tiba-tiba demam; mual dan sering muntah; anus berdarah; atau feses berdarah, sebaiknya segera hubungi dokter untuk diperiksa lebih lanjut. 

Untuk kesehatan sistem pencernaan, Moms juga bisa memberikan asupan yang mengandung probiotik. Dari berbagai jenis probiotik, salah satu yang paling bermanfaat adalah Lactobacillus reuteri atau L. reuteri. Beberapa penelitian menunjukkan manfaat dari L. reuteri untuk mengurangi sakit perut, diare, maupun sembelit, pada anak-anak.

LACTOGROW 3 adalah susu pertumbuhan yang mengandung L. reuteri yang dapat menjadi pilihan untuk si Kecil. Dalam segelas susu LACTOGROW, si Kecil mendapatkan manfaat nutrisi seperti serat pangan (inulin) dan L. reuteri, serta 13 vitamin & 7 mineral yang merupakan sumber zat besi & tinggi vitamin C, tinggi kalsium maupun vitamin D, sumber protein, serta minyak ikan dan omega 3 & 6.  

LACTOGROW 3 untuk anak berusia 1-3 tahun tersedia dalam rasa Original (350-750 gram), Madu (180 gram-1 kg), dan Vanilla (350 gram-1 kg). Sedangkan LACTOGROW 4 tersedia dalam rasa Madu (750 gram-1 kg) dan Vanilla (750 gram-1 kg). 

Semoga informasi mengenai cara mengatasi sakit perut pada anak tadi membantu, ya Moms! Dukung tumbuh kembang anak dengan game LactoGo, dapatkan poinnya! 


Sources

  1. Stomach Pain in Kids - Children's Health. Retrieved on February 15, 2022 from https://www.childrens.com/health-wellness/stomach-pain-in-kids-when-to-worry.   
  2. Abdominal Pain in Children Treatment. Retrieved on February 15, 2022 from https://www.webmd.com/first-aid/abdominal-pain-in-children-treatment.  
  3. https://www.parents.com/health/stomach-ache/natural-tummy-ache-remedies/. Retrieved on February 15, 2002 from https://www.parents.com/health/stomach-ache/natural-tummy-ache-remedies/   
  4. Marcin, A. (n.d.). Teas for toddlers: Which are safe, helpful for coughs, and more. Healthline. https://www.healthline.com/health/childrens-health/teas-for-toddlers#best-teas 
  5. Lactobacillus Reuteri DSM 17938 (Limosilactobacillus reuteri) in diarrhea and constipation: Two sides of the same coin? (n.d.). PubMed Central (PMC). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8306447/  

“Tumbuh



Bagikan : Facebook WhatsApp