Parenting Corner

5 Ciri-ciri Perut Sehat pada Anak yang Perlu Moms Perhatikan

21 March 2022

ciri ciri perut sehat anak

Memiliki tubuh yang sehat adalah hal yang sangat penting bagi siapapun, baik itu orang tua, muda, terutama anak-anak. Dalam masa pertumbuhan, setiap bagian tubuh penting untuk menjadi perhatian karena dapat mempengaruhi kesehatannya di masa yang akan datang. Salah satu yang tidak boleh disepelehkan adalah kesehatan perut. Organ pencernaan di dalam perut bekerja keras untuk menyerap semua hal yang dimasukkan ke dalam tubuh dan hasilnya yang akan berdampak pada pertumbuhan si Kecil sekaligus bertugas untuk membuang ‘sampah’ yang ada. Ada berbagai ciri-ciri perut sehat yang sebaiknya Moms ketahui agar si Kecil dapat mencerna segala asupan dengan baik.

Sebelum memahami tanda perut anak yang sehat, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kesehatan perut, mulai dari asupan makanan, tingkat stres, pola tidur, hingga penggunaan antibiotik. Memiliki perut yang menjadi ‘rumah’ bagi bakteri perut yang sehat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.Apalagi perut yang sehat memiliki bakteri baik dan sel imun yang mampu melawan bakteri buruk serta virus dan jamur. Perut yang sehat juga berkomunikasi dengan otak melalui hormon dan saraf, yang membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Ciri-ciri perut sehat pada anak

Ciri-ciri perut sehat anak antara lain:

1. Perut sehat anak dilihat dari frekuensi BAB

Ciri perut anak yang sehat pertama-tama dapat ditandai oleh frekuensi. Si Kecil dengan Saluran cerna yang baik akan BAB setidaknya satu kali sehari.

2. Waktu transit makanan di perut2

Tumbuh Kembang

Waktu transit makanan untuk dicerna oleh perut berbeda-beda. Namun rata-ratanya mencapai 30-40 jam hingga 72 jam masih dianggap normal. Untuk perempuan, waktu transit normal bisa mencapai 100 jam.

3. Tekstur feses

Tekstur feses juga menjadi ciri perut anak yang sehat. Feses yang sehat adalah yang memiliki sedikit makanan yang tidak tercerna serta tanpa darah atau lendir. Warnanya cokelat hingga cokelat tua. Teksturnya mulus dan keluar dalam saut bentuk atau beberapa potongan kecil.

4. Tidak sakit saat BAB

Mudah mengeluarkan feses ketika BAB menjadi ciri perut yang sehat. Artinya si Kecil tidak perlu berusaha keras untuk mengeluarkannya.

5. Tidak kembung dan bergas

Gas merupakan produk alami dari trilyunan bakteri perut yang memakan makanan yang kita konsumsi. Gas yang terjebak di dalam perut akan membuat kembung. Maka dari itu, ciri saluran cerna yang baik adalah yang secara rutin mampu mengeluarkan gas atau kentut.

Karenanya, penting bagi si Kecil untuk menjaga kesehatan perutnya agar tumbuh kembangnya optimal. Bakteri pada sistem pencernaan ‘menyukai’ beberapa makanan seperti kacang, buah dan sayuran dengan kandungan serat yang banyak.Makanan atau minuman yang mengandung prebiotik dan probiotik juga tidak kalah penting. Berikan si Kecil yogurt, kefir, makanan yang telah difermentasi seperti acar, kimchi, atau sauerkraut, maupun miso.4

Di luar itu, Moms bisa memberikan susu yang mengandung prebiotik dan probiotik. Selain dapat mengurangi gejala sembelit ketika sudah terjadi, kandungan nutrisi tersebut juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan secara khusus, dan kesehatan tubuh secara umum.

LACTOGROW 3 adalah susu pertumbuhan, sedangkan LACTOGROW 4 adalah susu bubuk yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh  si Kecil. Dalam 3, si Kecil mendapatkan manfaat nutrisi seperti serat pangan (inulin) dan L. reuteri, serta 13 vitamin & 7 mineral yang merupakan sumber zat besi & tinggi vitamin C, tinggi kalsium maupun vitamin D, sumber protein, serta minyak ikan dan omega 3 & 6.

Lactogrow 3 untuk anak berusia 1-3 tahun tersedia dalam rasa Original (350-750 gram), Madu (180 gram-1 kg), dan Vanilla (350 gram-1 kg). Sedangkan LACTOGROW 4 dapat dikonsumsi secara umum dan tersedia dalam rasa Madu (750 gram-1 kg) dan Vanilla (750 gram-1 kg).


Sources

  1. https://joinzoe.com/post/5-healthy-gut-signs. Retrieved on February 24, 2022 from https://joinzoe.com/post/5-healthy-gut-signs 
  2. Bowel transit time. Retrieved on February 24, 2022 from https://www.ucsfbenioffchildrens.org/medical-tests/bowel-transit-time 
  3. Gut health for kids - what you need to know. Retrieved on February 24, 2022 from https://www.wholeheartedfamilyhealth.com/gut-health-for-kids-what-you-need-to-know/
  4. Do you have a healthy gut?. Retrieved on February 24, 2022 from https://www.sbs.com.au/topics/voices/health/article/2016/02/26/do-you-have-healthy-gut

“Tumbuh



Bagikan : Facebook WhatsApp