Parenting Corner

12 Manfaat Kalsium dan Susu Tinggi Kalsium untuk Anak 4 Tahun

16 April 2021

manfaat kalsium dan vitamin D

Bagi anak usia 4 tahun, susu, dan juga produk olahannya dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Pasalnya, susu mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan dan proses tumbuh kembang anak. Diantaranya adalah kalsium dan vitamin D. Memang vitamin D tidak banyak terdapat dalam makanan, tetapi beberapa produk makanan dan minuman ada yang diperkaya dengan vitamin D. Salah satunya adalah susu anak 4 tahun.

Apa saja sih fungsi dan manfaat Kalsium dan Vitamin D bagi anak? Yuk, simak penjelasan singkatnya berikut ini.

  1. Kalsium dalam susu penting untuk menjaga kesehatan tulang sepanjang hidup manusia. Jadi tentunya anak usia balita yang sedang tumbuh pesat membutuhkan kalsium untuk menjaga kekuatan tulangnya.
  2. Kalsium dalam tulang memiliki dua fungsi, yaitu sebagai bagian integral dari struktur tulang dan sebagai tempat menyimpan kalsium.
  3. Studi menunjukkan bahwa kekurangan kalsium juga dapat mengakibatkan osteoporosis di kemudian hari
  4. Kalsium juga dibutuhkan untuk mendukung kerja jantung, otot, dan syaraf.
  5. Pada waktu otot berkontraksi kalsium turut berperan dalam interaksi protein di dalam otot. Apabila tubuh kekurangan kalsium, otot akan sulit mengendur setelah kontraksi dan tubuh akan kaku
  6. Kalsium juga berperan dalam memberi kekuatan dan pembentukan gigi. Mineral yang membentuk dentin serta email gigi adalah mineral yang sama dengan pembentukan tulang.
  7. Gigi bisa dibilang tidak dapat memperbaiki diri setelah tumbuh. Kekurangan kalsium selama masa pembentukan gigi dapat menyebabkan gigi mudah rusak.
  8. Kalsium juga mengatur pembekuan darah. Bila tubuh anak mengalami luka, ion kalsium akan mengaktifkan komponen-komponenpenggumpalan darah.
  9. Tubuh membutuhkan Vitamin D untuk dapat menyerap kalsium. Tanpa vitamin D yang cukup, tubuh tak dapat menyerap kalsium dengan baik dan akan mengambil kalsium yang disimpan di dalam tulang. Akibatnya tulang melemah dan dapat menghambat pembentukan tulang yang kuat.
  10. Vitamin D membantu pengerasan tulang dengan cara mengatur agar kalsium dan fosfor tersedia di dalam darah untuk diendapkan pada proses pengerasan tulang.
  11. Pada anak-anak, kekurangan  Vitamin D dapat mengakibatkan gangguan kesehatan tulang dikenal dengan rickets (dikenal juga dengan penyakit riketsia yang ditemukan di negara-negara dingin berabad-abad yang lalu),  dimana tulang terasa sakit, pertumbuhan tulang tidak baik dan lunak.
  12. Vitamin D menstimulasi pangkreas untuk membentuk insulin, kemudian meregulasi sistem imunitas.

Nah, mengingat banyaknya manfaat Kalsium dan Vitamin D dalam dalam kesehatan dan tumbuh kembang anak balita, yuk Moms, selalu pastikan Si Kecil mendapat asupan yang cukup. Salah satunya melalui susu anak 4 tahun yang diperkaya dengan Kalsium dan juga Vitamin D.

Jika Moms mencari produk susu yang mengandung inulin, pastikan Moms memberikan LACTOGROW. yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk Si Kecil. Dalam segelas susu LACTOGROW, si Kecil mendapatkan manfaat nutrisi seperti serat pangan (inulin) dan L. reuteri, serta 13 vitamin & 7 mineral yang merupakan sumber zat besi & tinggi vitamin C, tinggi kalsium maupun vitamin D, sumber protein, serta minyak ikan dan omega 3 & 6.

Lactogrow 3 untuk anak berusia 1-3 tahun tersedia dalam rasa Original (350-750 gram), Madu (180 gram-1 kg), dan Vanilla (350 gram-1 kg). Sedangkan LACTOGROW 4 dapat dikonsumsi secara umum dan tersedia dalam rasa Madu (750 gram-1 kg) dan Vanilla (750 gram-1 kg).


“Tumbuh



Bagikan : Facebook WhatsApp