Parenting Corner

Apa Fungsi Laktosa? Laktosa Adalah Nutrisi dalam Susu

20 January 2021

laktosa dalam susu

Moms tentu sudah familiar dengan istilah ‘laktosa’, bukan? Laktosa seringkali disebut-sebut sebagai salah satu nutrisi yang penting bagi anak. Tapi, apa saja sih sebenarnya manfaat laktosa dalam proses tumbuh kembang Si Kecil? Sebelumnya, mari kita ketahui dulu secara singkat apa yang dimaksud dengan laktosa.

Apa itu laktosa?

Laktosa adalah komponen utama dari susu mamalia. Lactosa adalah jenis gula alami yang terdapat di dalam susu dan juga merupakan karbohidrat. Laktosa terdiri dari dua jenis gula, yaitu glukosa dan galaktosa.

Tumbuh Kembang

Apa manfaat laktosa dalam susu formula bagi tumbuh kembang anak?

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat gula laktosa bagi tumbuh kembang Si Kecil yang Moms perlu ketahui. Yuk, simak fungsi laktosa di sini!

  1. Laktosa dalam zat gizi susu berfungsi untuk sumber energi. Karena laktosa merupakan gula dan gula dapat menjadi sumber energi.
  2. Glukosa dalam laktosa yang menjadi sumber energi dan kalori untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Selain glukosa, galaktosa dalam laktosa juga merupakan nutrisi sumber energi.
  3. Galaktosa dalam laktosa berperan dalam mendukung agar perkembangan sistem syaraf pusat anak berjalan dengan baik.
  4. Fungsi laktosa dalam susu formula adalah menjaga kesehatan saluran cerna, karena laktosa juga merupakan prebiotik yang merupakan sumber energi bagi probiotik atau mikrobiota usus.
  5. Fungsi laktosa adalah membantu penyerapan mineral seperti kalsium dan magnesium dalam tubuh Si Kecil. Kalsium tentu turut berperan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sementara kekurangan magnesium dapat berdampak pada ketidakseimbangan mikrobiota usus yang kemudian dapat berdampak pula pada sistem kekebalan tubuh.
  6. Kegunaan laktosa adalah melalui galaktosa yang ada dalam lactosa, merupakan zat gizi esensial yang bermanfaat untuk perkembangan sel dan fungsi organ tubuh, termasuk otak. Karena itu galaktosa sering disebut sebagai brain sugar.

Ternyata banyak sekali manfaat laktosa dalam susu formula bagi tumbuh kembang anak ya, Moms. Jadi Moms, tak perlu lagi bertanya laktosa itu apa sih karena telah memahami penjabaran di atas. Ayo selalu pastikan Si Kecil mendapat asupan lactosa yang cukup agar tumbuh kembangnya berjalan optimal dan ia grow happy. Moms juga bisa temukan laktosa dalam zat gizi susu. Karena itu, diperlukan susu pertumbuhan yang tepat untuk tumbuh kembang anak.

Salah satu susu pertumbuhan untuk anak yang bisa jadi pilihan Moms adalah LACTOGROW. LACTOGROW mengandung Lactobacillus reuteri atau L. reuteri. Manfaat dari L. reuteri sendiri cukup beragam, terutama untuk menjaga sistem pencernaan. Selain lactobacillus reuteri, LACTOGROW juga mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk mendukung Si Kecil seperti serat pangan inulin, minyak ikan & omega 3 & 6, 13 vitamin & 7 mineral yang merupakan sumber zat besi & tinggi vitamin C, tinggi kalsium maupun vitamin D, sumber protein.

Lactogrow 3 untuk anak berusia 1-3 tahun tersedia dalam rasa Original (350-750 gram), Madu (180 gram-1 kg), dan Vanilla (350 gram-1 kg). Sedangkan LACTOGROW 4 dapat dikonsumsi secara umum dan tersedia dalam rasa Madu (750 gram-1 kg) dan Vanilla (750 gram-1 kg). Yuk, dukung tumbuh kembang anak dengan game LactoGo, dapatkan poinnya!


“Tumbuh



Bagikan : Facebook WhatsApp