Parenting Corner

Seberapa Banyak Si Kecil Perlu Minum Susu Anak

04 June 2021

Gambar 1 Seberapa Banyak Si Kecil Perlu Minum Susu Anak

Tahukah Moms bahwa anak memerlukan diet seimbang untuk memenuhi kebutuhan gizinya demi pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, serta aktivitas fisiknya? Susu termasuk dalam kelompok pangan sumber protein tinggi serta mengandung kalsium yang berasal dari hewan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak setelah usia mereka satu tahun. Akan tetapi, ketika susu dikonsumsi melebihi asupan rekomendasi akan berpotensi menjadi pertambahan berat badan yang tidak sehat. Hal ini ditemukan oleh DeBoer, dkk., dalam penelitiannya yang dilakukan di Amerika Serikat. Mereka menemukan bahwa anak-anak yang minum susu dalam jumlah tertinggi (lebih dari 3 porsi setiap hari) ketika mereka memasuki usia 4 tahun akan memiliki memiliki rata-rata Body Mass Index (BMI – Index Massa Tubuh) yang lebih tinggi dan memiliki kemungkinan kelebihan berat badan yang lebih tinggi pula. Karena itu, Moms perlu memilih susu yang baik untuk anak umur 4 tahun.

Jadi seberapa banyak Si kecil perlu minum susu anak dan bagaimana cara penyediaan yang baik?

Tumbuh Kembang

Tiap negara memiliki standar konsumsi susu anak. Hal ini disebabkan karena tiap negara memiliki ketersediaan pangan, situasi nutrisi, budaya kulinari, kebiasaan dan pola makan, yang berbeda-beda. Standar konsumsi ini dibuat berdasarkan hasil data saintifik yang terus dikembangkan dan revisi. Mari sama-sama lihat konsumsi terbaik susu anak dari berbagai negara termasuk Indonesia.

  1. Untuk Indonesia, Departemen Kesehatan Republik Indonesia menyarankan konsumsi susu anak usia 1 – 3 tahun dan 4 – 6 tahun adalah 200gr untuk memenuhi kecukupan 1125kkal perhari. Hal ini dengan catatan satu porsi susu sapi cair 200gr atau 4 sendok makan (20gr) susu tepung whole yang setara dengan 50kkal dan takaran ini dapat menjadi sumber protein hewani pengganti ikan segar
  2. Departemen Kesehatan Taiwan menyarankan konsumsi susu anak usia 1 hingga 6 tahun adalah 1,5 cangkir atau setara 240ml.
  3. Departemen Kesehatan Britania Raya merekomendasikan anak di atas usia satu tahun mengkonsumsi hingga 360 ml susu per hari.
  4. Sementara itu, berapa banyak susu untuk anak 2 tahun, berdasarkan American Academy of Pediatrics (AAP) dan the American Dietetic Association menyarankan dua porsi (setara dua cangkir atau 573ml) susu perhari untuk anak usia 2 hingga 8 tahun.

Perlu Mom ingat bahwa meskipun susu kaya akan protein, kalsium, dan nutrisi lainnya, susu perlu disertai dengan makanan yang seimbang. Lebih lanjut, pemberian susu pada anak tidak perlu penambahan gula karena pemberian susu dengan gula akan membuat selera anak terpaku pada kadar kemanisan yang tinggi. Hal ini karena pola makan yang terbiasa manis akan membahayakan kesehatannya di masa yang akan datang. Setelah Moms memahami takaran susu untuk anak 1 tahun yang tepat, Moms bisa memilih susu pertumbuhan yang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. 

LACTOGROW 3 mengandung Lactobacillus reuteri atau L. reuteri. Selain L. reuteri, 3 juga mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk mendukung Si Kecil seperti serat pangan inulin, minyak ikan & omega 3 & 6, 13 vitamin & 7 mineral yang merupakan sumber zat besi & tinggi vitamin C, tinggi kalsium maupun vitamin D, sumber protein.

Lactogrow 3 untuk anak berusia 1-3 tahun tersedia dalam rasa Original (350-750 gram), Madu (180 gram-1 kg), dan Vanilla (350 gram-1 kg). Sedangkan LACTOGGROW 4 merupakan susu bubuk yang tersedia dalam rasa Madu (750 gram-1 kg) dan Vanilla (750 gram-1 kg). Yuk, ikuti game LactoGo, dapatkan poinnya!


“Tumbuh



Bagikan : Facebook WhatsApp