Parenting Corner

Efektifkah Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak 1 Tahun?

14 August 2022

susu untuk menaikkan berat badan anak

Salah satu indikator anak bertumbuh dengan baik adalah berat badannya. Ketika si Kecil memiliki berat badan yang ideal, maka bisa diartikan kebutuhan gizi hariannya terpenuhi. 

Namun, saat berat badan si Kecil tak kunjung bertambah, perlu diketahui alasannya. Pemberian nutrisi yang tepat, terutama selama tiga tahun pertama, sangat penting dalam perkembangan mental dan fisik anak.1 

Di usia 1 tahun, biasanya anak masih mendapat asupan ASI. Selain itu anak juga sudah bisa mengkonsumsi beraneka makanan untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Orang tua juga bisa memberikan susu untuk menaikkan berat badan anak 1 tahun.

Anak usia 1 tahun masih berada dalam periode emas pertumbuhan (golden age), yakni 1000 hari pertama kehidupan anak sejak dalam kandungan hingga berusia 2 tahun. Pada periode ini anak bertumbuh secara optimal.

Namun, apakah memberi asupan susu efektif untuk menaikkan berat badan anak usia 1 tahun? Sebelum itu, Moms perlu tahu bagaimana definisi anak yang kekurangan berat badan. 

Tumbuh Kembang

Definisi Anak Kekurangan Berat Badan 

Seorang anak dikatakan mengalami kekurangan berat badan (underweight) saat berat badannya ada di bawah rentang rata-rata normal anak seusianya. Berat badan anak yang kurang bisa jadi pertanda bahwa tubuhnya tidak memperoleh cukup zat gizi untuk perkembangan tubuh. 

WHO menggunakan indikator berat badan berdasarkan usia untuk penilaian status gizi anak usia 0-60 bulan. Berdasarkan indikator tersebut anak usia 1 tahun dikatakan memiliki berat badan kurang ketika pengukuran indikator BB/U berada di antara angka di bawah -2 sampai -3 standar deviasi.

WHO juga menilai berat badan ideal untuk anak usia 1 tahun yakni 8,9 kg untuk perempuan dan 9,6 kilogram untuk laki-laki, dengan standar deviasi kurang lebih sekitar 1-2 kilogram.

Penyebab Anak Kekurangan Berat Badan 

Ada sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab kekurangan berat badan anak, yakni:

  • Penyakit pencernaan. Anak bisa mengalami kekurangan berat badan karena penyakit pencernaan, seperti gastroesophageal reflux disease (GERD) atau radang usus. 
  • Genetik. Seorang anak bisa bertubuh kurus karena kedua orang tuanya juga bertubuh kurus. 
  • Gangguan makan. Kasus gangguan makan pada dilaporkan semakin banyak terjadi dalam beberapa dekade terakhir.6 Anak dengan gangguan makan akan membatasi asupan makanan mereka hingga akhirnya kekurangan berat badan. 
  • Alergi makanan. Berat badan anak juga bisa sulit naik apabila si Kecil memiliki alergi makanan tertentu. Hal itu karena alergi akan membatasi asupan makanan yang bisa diberikan kepada si Kecil. Saat gejala alergi muncul, nafsu makan anak juga bisa menurun. 
  • Penyakit Tiroid. Gangguan hormon hipertiroidisme dapat menyebabkan anak kurus dan kekurangan berat badan. 

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Susu LACTOGROW 1-3 Tahun? 

Cara Meningkatkan Berat Badan pada Anak 1 Tahun 

Anak usia 1 tahun masih bisa mendapatkan nutrisi dari ASI. Selain itu tentu pemenuhan asupan gizi datang dari makanan sehari-hari. 

Jika kondisi kekurangan berat badan anak tidak berkaitan dengan penyebab medis, kunci utama untuk mengatasinya adalah dengan memperbaiki asupan nutrisinya. Lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan menu makanan anak mengandung kalori tinggi. Moms bisa memberi si Kecil masakan berbahan kacang-kacangan dan alpukat. 
  2. Beri camilan di luar jadwal makan. Saat berat badan si Kecil turun karena susah makan, Moms bisa menyiasati asupannya dengan camilan. 
  3. Buat momen makan menjadi menyenangkan. Melibatkan anak saat menyiapkan makanan mungkin bisa membuat anak lebih menikmati dan menantikan waktu makannya. 
  4. Beri asupan tambahan dari susu untuk menaikkan berat badan anak 1 tahun. Kalsium, zat besi, vitamin D adalah beberapa kandungan susu untuk menaikkan berat badan anak 1 tahun. 

LACTOGROW sebagai Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak 1 Tahun 

LACTOGROW 3 merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun hingga 3 tahun. Diperkaya nutrisi yang lengkap, LACTOGROW 3 bisa diberikan sebagai susu pertumbuhan untuk bantu menaikkan berat badan anak 1 tahun. 

Segelas susu LACTOGROW 3 mengandung 13 vitamin, 7 mineral, kalsium, omega 3 & 6, minyak ikan, dan Lactobacillus reuteri untuk dukung pertumbuhan si Kecil.  

LACTOGROW 3 tersedia dalam rasa Original, Madu, dan Vanilla. Sedangkan LACTOGROW 4 tersedia dalam rasa Madu dan Vanilla. 

Demikian Moms penjelasan tentang efektivitas susu untuk menaikkan berat badan anak 1 tahun. Semoga informasinya bermanfaat, ya! 


Sources

  1. https://www.babycenter.com/health/illness-and-infection/failure-to-gain-weight-in-children_11429  
  2. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/golden-age-pada-anak-dan-tahapan-pentingnya  
  3. https://dhsprogram.com/data/Guide-to-DHS-Statistics/Nutritional_Status.htm  
  4. https://www.who.int/toolkits/child-growth-standards/standards/weight-for-age  
  5. https://healthfully.com/decreased-appetite-stomach-pain-in-children-8005385.html  
  6. https://publications.aap.org/pediatrics/article/147/1/e2020040279/33504/Identification-and-Management-of-Eating-Disorders?autologincheck=redirected  
  7. https://parenting.firstcry.com/articles/underweight-child-causes-symptoms-and-remedies/  

“Tumbuh



Bagikan : Facebook WhatsApp