Parenting Corner

Susu Pertumbuhan untuk Anak 1-3 Tahun dan Waktu Konsumsi

17 March 2023

Susu Pertumbuhan untuk Anak 1-3 Tahun dan Waktu Konsumsi

Di usia 3 tahun, anak biasanya sudah tidak mendapat asupan ASI. Namun bukan berarti Si Kecil sudah tidak boleh minum susu, karena nutrisi dalam susu sangat baik untuk tumbuh kembanganak.

Moms bisa memberikan susu pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun untuk bantu memenuhikebutuhan nutrisi harian Si Kecil yang masih dalam masa pertumbuhan.

Lalu apa saja manfaat susu yang baik untuk anak usia 3 tahun? Hal apa saja perlu diperhatikandalam memilih dan memberikan susu untuk Si Kecil yang berusia 3 tahun?

 

Kebutuhan Nutrisi Anak 3 Tahun

Menginjak umur 3 tahun, anak sudah mulai memasuki usia balita. Pada masa ini, anak yang sehat masih berada dalam masa pertumbuhan yang pesat. Saat memasuki usia 3 hingga 5 tahun, beberapa keterampilan seperti penamaan warna, menunjukkan rasa sayang, dan melompatdengan satu kaki sebagai patokan dari tahap pertumbuhan anak.

Angka kebutuhan gizi (AKG) harian untuk anak usia 3 tahun, menurut Kemenkes RI, yaituenergi 1350 kkal, protein 20 gram, lemak 45 gram, karbohidrat 215 gram, serat 19 gram, dan air 1150 ml. Selain itu, Si Kecil juga membutuhkan berbagai mineral penting, di antaranya kalsium, zat besi, fosfor, zink, kalium, serta vitamin.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi Si Kecil, susu penting untuk diberikan bersama sumber nutrisiutama lainnya. Moms bisa memberi Si Kecil susu formula yang telah diperkaya berbagai nutrisipenting, seperti vitamin D, yang berfungsi membantu penyerapan kalsium dalam tubuh agar tulang dan gigi kuat. Tidak hanya vitamin D, beberapa nutrisi yang terkandung dalam susu di antaranya:

  • Kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi
  • Protein, membantu membentuk otot
  • Lemak, sebagai sumber energi
  • Fosfor, menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Kalium, membantu fungsi saraf dan otot
  • Vitamin A, membantu sistem imun tubuh
  • Vitamin B12, membantu membentuk sel darah merah
  • Vitamin B2 (Riboflavin), membantu mengubah makanan menjadi energi.
Tumbuh Kembang

 

Manfaat Minum Susu untuk Anak 3 Tahun

Mengonsumsi susu maupun produk olahan susu pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun secara rutindapat memberi banyak manfaat bagi Si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan. Berbagaimanfaat susu bagi anak usia 3 tahun, di antaranya:

 

  • Membantu menguatkan tulang. Susu sebagai sumber utama kalsium yang penting untukmenjaga kesehatan dan menguatkan tulang Si Kecil.
  • Sebagai sumber energi. Susu mengandung lemak dan karbohidrat yang berfungsi sebagaisumber energi untuk Si Kecil aktif setiap hari.
  • Membantu kesehatan gigi. Kalsium dalam susu juga berguna menjaga gigi anak tetapsehat, sehingga Si Kecil dapat makan dengan baik dan pada akhirnya turut membantumemenuhi kebutuhan nutrisinya.
  • Membantu menjaga sistem imun. Mengonsumsi susu dapat membantu Si Kecil tetapsehat dan sistem imunitasnya terjaga.
  • Mencegah masalah pencernaan yang muncul karena ketidakseimbangan bakteri baik di usus.
  • Sebagai sarana belajar anak. Waktu minum juga bisa Moms manfaatkan untukmembantu anak belajar mengenai berbagai hal di antaranya: 

                              ➔ Belajar minum susu dengan gelas

                              ➔ Belajar pola makan sehat dan nutrisi dalam susu

                              ➔ Belajar cara minum yang baik

                              ➔ Belajar rutinitas

Baca Juga: Tips Memilih Susu Pertumbuhan untuk Si Kecil

 

Tips Memberi Susu Pertumbuhan Untuk Anak 1-3 Tahun

Agar Si Kecil dapat memperoleh manfaat maksimal dari susu, Moms perlu memperhatikanaturan minum susu pertumbuhan anak 1-3 tahun, seperti waktu dan takaran yang tepat.

Saran jadwal minum susu pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun yakni pada pagi dan malam hari. Berikan susu di pagi hari sebagai sumber energi Si Kecil.

Sementara minum susu di malam hari dapat membantu anak tidur nyenyak karena kandungan zattriptofan dalam susu yang mendorong produksi hormon melatonin untuk meningkatkan kualitastidur anak.

Sedangkan takaran susu pertumbuhan untuk anak 1- 3 tahun yang disarankan adalah 300-750 ml perhari. 

 

Cara Memilih Susu untuk Anak 3 Tahun

Dalam memilih susu pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun untuk Si Kecil, Moms perlumemperhatikan beberapa hal, yaitu:

  • Pilih susu sesuai usia anak. Perhatikan keterangan pada kemasan susu. Jika Si Kecil berusia 3 tahun, maka pilihlah susu yang ditujukan untuk anak seusianya.
  • Pilih susu sesuai kondisi anak. Sebagian anak tidak dapat mencerna laktosa dari susu atauintoleransi laktosa, ada juga yang memiliki alergi tertentu.
  • Pilih rasa yang disukai anak. Agar Si Kecil makin bersemangat minum susu Moms bisamemilih susu dengan rasa yang disukainya.
  • Perhatikan kandungan gizi susu. Pastikan nutrisi di dalam susu sesuai yang dibutuhkanuntuk tumbuh kembang Si Kecil.
  • Perhatikan tanggal kedaluwarsa. Penting untuk selalu memperhatikan tanggalkedaluwarsa sebelum memberikan susu pada anak.

 

Setelah mengetahui manfaat minum susu untuk anak yang berusia 3 tahun, tidak ada salahnyabila Moms memberikan susu pertumbuhan kepada Si Kecil. Moms bisa memilih susu pertumbuhan yang memenuhi kriteria untuk bantu penuhi nutrisi penting Si Kecil, salah satunyaLACTOGROW 4.

Dalam segelas susu LACTOGROW 4, si Kecil bisa memperoleh manfaat nutrisi seperti seratpangan (inulin) dan L. reuteri, serta 13 vitamin & 7 mineral. Juga sumber zat besi dan tinggivitamin C, kalsium maupun vitamin D, sumber protein, serta minyak ikan dan omega 3 & 6.

Jangan lupa Moms, berikan asupan terbaik untuk Si Kecil di usia 3 tahun. Berikan tambahansusu pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun untuk bantu memaksimalkan pertumbuhannya. Selamatmencoba, Moms!


Source

[1] Halodoc, R. (2020, June 19). Tahap Pertumbuhan Balita 3-5 Tahun Yang Perlu Diketahui. halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/tahap-pertumbuhan-balita-3-5-tahun-yang-perlu-diketahui 

[2] Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia TentangAngka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia [Internet]. 2019. Available from: http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf 

[3] Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022, September 1). Direktorat JenderalPelayanan Kesehatan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1438/mitos-dan-fakta-seputar-susu

[4] Frey M. Milk Nutrition Facts [Internet]. Verywell Fit. Verywell Fit; 2016. Available from: https://www.verywellfit.com/milk-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4117877 

[5] FHS. Recommendations on Milk Intake for Young Children Information for Health Professionals. Dari: chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://www.fhs.gov.hk/english/archive/files/reports/Info%20for%20HP_Milk%20Feeding_final_Feb%202012.pdf


“Tumbuh



Bagikan : Facebook WhatsApp