Parenting Corner

Apa Beda Susu Probiotik dan Prebiotik?

04 June 2021

Gambar 5 Apa Beda Probiotik dan Prebiotik pada Susu?

Moms tentu pernah mendengar tentang susu probiotik, atau susu yang mengandung probiotik. Moms tentu juga pernah mendengar istilah prebiotik. Nah, walaupun kedengarannya mirip, probiotik dan prebiotik adalah dua hal yang berbeda, lho. Apa bedanya probiotik dan prebiotik? Yuk, simak penjelasan perbedaan probiotik dan prebiotik berikut ini.

Susu Probiotik

  • Probiotik adalah komponen sel mikroba yang memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan tubuh.
  • Bedanya probiotik dan prebiotik adalah probiotik mikroorganisme hidup nonpatogen yang tahan terhadap pencernaan normal yang dapat mencapai usus besar dalam keadaan hidup.
  • Beberapa contoh probiotik adalah Lactobachillus reuteri, Bifidobacterium, dan lainnya.
  • Efek susu probiotik terjadi melalui aktivitas microflora usus yang kemudian memengaruhi perkembangan dan fungsi sistem imun.
  • Probiotik bisa didapat dari pangan hasil fermentasi dan juga dari susu mengadung probiotik.
Tumbuh Kembang

Susu Prebiotik

  • Prebiotik adalah komponen makanan yang tidak dicerna yang dapat menstimulasi pertumbuhan serta aktivitas bakteri di kolon secara selektif sehingga memperbaiki kesehatan tubuh.
  • Prebiotik dan probiotik berbagi peran dalam memanipulasi populasi atau aktivitas mikrobiota di saluran cerna.
  • Prebiotik dapat merangsang pertumbuhan mikrobiota sehat, dan juga meningkatkan penyerapan mineral, seperti kalsium, magnesium dan zat besi. Sementara probiotik perannya banyak dalam hal kesehatan dan kenyamanan saluran cerna.
  • Prebiotik biasanya dalam bentuk oligosakarida yang dapat terbentuk secara alami dan juga dapat ditambahkan ke dalam makanan, minuman, juga susu.
  • Beberapa jenis prebiotik yang efektivitasnya telah terbukti adalah fruktooligosakarida dan inulin, laktulosa, dan galaktoologosakarida.

Ada pula kesamaan antara probiotik dan prebiotik, lho. Keduanya sama-sama sudah terbukti memiliki peran terhadap respon imun dan menurunkan risiko terjadinya infeksi, termasuk gangguan saluran cerna akibat pemberian antibiotik yang dapat menimbulkan diare.  Mengonsumsi susu probiotik dan yang mengandung prebiotik dapat membantu membuat tubuh Si Kecil lebih sehat. Untuk itu, Moms bisa pilih susu yang mengandung probiotik dan prebiotik. 

LACTOGROW 3 mengandung Lactobacillus reuteri atau L. reuteri. Selain L. reuteri, 3 juga mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk mendukung Si Kecil seperti serat pangan inulin, minyak ikan & omega 3 & 6, 13 vitamin & 7 mineral yang merupakan sumber zat besi & tinggi vitamin C, tinggi kalsium maupun vitamin D, sumber protein.

Lactogrow 3 untuk anak berusia 1-3 tahun tersedia dalam rasa Original (350-750 gram), Madu (180 gram-1 kg), dan Vanilla (350 gram-1 kg). Sedangkan LACTOGGROW 4 merupakan susu bubuk yang tersedia dalam rasa Madu (750 gram-1 kg) dan Vanilla (750 gram-1 kg). Yuk, dukung tumbuh kembang anak dengan game LactoGo, dapatkan poinnya!


“Tumbuh



Bagikan : Facebook WhatsApp