Parenting Corner

8 Tanda Bayi Cukup ASI, Bisa Cek dari Berat Badan hingga Tingkah Lakunya

29 June 2023

8 Tanda Bayi Cukup ASI, Bisa Cek dari Berat Badan hingga Tingkah Lakunya

Seperti apa tanda bayi cukup ASI? Pertanyaan itu mungkin ada di benak Moms yang tengah menyusui Si Kecil. Sebagian ibu mungkin belum tahu pasti apakah Si Kecil telah mendapatkan ASI yang cukup atau belum. Apalagi bayi yang baru lahir belum dapat mengontrol saat menyusu.  

Untuk menjawab kegelisahan Moms, yuk simak artikel tentang tanda bayi cukup ASI eksklusif berikut ini!

Proses Terbentuknya ASI setelah Melahirkan

Saat bayi baru lahir, payudara ibu akan menghasilkan kolostrum yang merupakan cairan berwarna kuning keemasan yang diproduksi tubuh sejak beberapa pekan terakhir kehamilan. Selanjutnya, ASI transisi (transitional milk) akan keluar menggantikan kolostrum mulai hari kedua hingga kelima setelah persalinan.

Berbeda dengan kolostrum, ASI berwarna putih dan lebih encer. ASI adalah satu-satunya makanan atau nutrisi terbaik bagi bayi baru lahir yang berusia kurang dari 6 bulan. Moms harus menyusui setiap 2-3 jam sekali untuk memenuhi kecukupan ASI sebagai nutrisi pada Si Kecil. Meskipun ada juga bayi yang perlu menyusu lebih sering dan lebih lama terutama pada masa pertumbuhannya. Untuk itu Moms juga perlu mengenali tanda bayi lahir cukup ASI.

Tanda Bayi Cukup ASI

Berikut beberapa cara mengetahui bayi sudah kenyang minum ASI:

  • Bayi Merasa Tenang

Moms bisa lega apabila Si Kecil tampak tenang dan puas setelah menyusu. Hal itu menandakan asupan ASI sudah tercukupi. Saat menyusu, Si Kecil akan melepaskan puting payudara Moms dari mulutnya sebagai tanda sudah mendapat cukup ASI.

  • Berat Badan Bertambah

Bayi umumnya akan kehilangan hingga 7-8% berat badannya pada hari ketiga setelah lahirdan itu merupakan kondisi yang normal. Namun penting bagi Moms terus memperhatikan perkembangan berat badan bayi sesuai dengan usia sebagai tanda cukup ASI.2

Biasanya, berat badan bayi akan kembali saat usia dua pekan. Seterusnya, berat bayi akan terus bertambah. Berat badan bayi dapat naik sekitar 155-240 gram per pekan hingga usia 4 bulan. Menginjak usia 12 bulan, bayi bahkan dapat mengalami kenaikan tiga kali lipat dari berat badan saat lahir.

  • Tangan Relaks

Mom dapat memperhatikan posisi tangan Si Kecil untuk melihat apakah ia cukup mendapat ASI. Biasanya, tangan bayi tampak mengepal sebelum menyusu. Setelah mendapatkan ASI, tangan bayi akan kembali rileks dan terbuka.

  • ASI Dicerna dengan Baik

Saat Moms menempelkan Si Kecil ke payudara, ia akan mengisap dengan cepat dan ritmis untuk membantu mengeluarkan ASI. Jika bayi mendapatkan cukup ASI, akan terasa gerakan mulut teratur saat mengisap dan menelan ASI2. Sebaliknya, bayi bisa kekurangan ASI saat ia mengisap dengan cepat tapi tidak perlahan dan teratur.

  • Sering Buang Air Kecil

Jangan khawatir apabila Si Kecil sering buang air kecil atau mengompol. Frekuensi buang air kecil bayi yang meningkat menjadi tanda ia mendapatkan cukup ASI. Dalam sehari, Moms bahkan bisa mengganti popok bayi sebanyak enam kali atau bahkan lebih.

Moms juga dapat memperhatikan warna urine bayi. Si Kecil cukup cairan jika urine-nyaberwarna pucat atau jernih. Jika berwarna lebih pekat, mungkin itu tanda Si Kecil kekurangan cairan.

  • Perubahan Warna Tinja

Cara lain untuk mengetahui tanda bayi cukup ASI adalah dengan mengecek tinjanya. Kotoran bayi mungkin berubah menjadi kuning dengan tekstur tidak begitu padat setelah mendapat cukup ASI. Namun hal ini tidak selalu menjadi patokan untuk mengecek apakah bayi cukup ASI atau tidak. Setelah usia 6 minggu, frekuensi BAB bayi bisa saja mulai lebih jarang. Moms tidak perlu khawatir jika bayi tetap terlihat senang, masih rajin menyusui, dan berat badan tetap meningkat sesuai kurva pertumbuhan.

Terkait banyak bayi yang buang air besar setelah habis menyusui, hal tersebut dipicu refleks gastrokolik, yang menyebabkan sistem pencernaan menjadi aktif setiap kali perut terisi makanan

  • Jadwal Menyusui Teratur

Jadwal menyusui yang konsisten bisa menjadi tanda bayi menerima cukup ASI. Hal ini karena bayi mampu mengisap payudara dengan benar dan rutin.

  • Punya Perlekatan yang Baik

Bayi yang mendapatkan asupan ASI cukup biasanya memiliki perlekatan yang baik dengan payudara. Artinya, isapan bayi tak membuat rasa sakit, luka atau trauma pada payudara ibu. Tanda lain bahwa Moms telah memberikan ASI yang cukup yakni payudara yang terasa kurang penuh.

Baca Juga: 10 Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Tanda Bayi Cukup ASI Ketika Moms Puasa

Pada momen bulan Ramadan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi Moms yang menyusui untuk menjaga asupan ASI Si Kecil. Untuk itu Moms juga perlu mengetahui tanda bayi cukup ASI saat puasa. Salah satu tandanya yakni tidak rewel di siang hari. Kemudian, buang air kecil bayi lebih dari enam kali setiap hari hingga ada kenaikan berat badan bayi.

Berpuasa pada ibu menyusui tidak akan membahayakan bayi karena Moms akan tetap memproduksi ASI seperti biasa. Moms dapat mengonsumsi multivitamin, madu, atau sari kurma saat berbuka atau sahur agar tetap fit menjalankan ibadah puasa.

Itulah tanda bayi cukup ASI yang perlu Moms diperhatikan. Setelah mengetahuinya semoga aktivitas menyusui dapat berdampak optimal bagi tumbuh kembang Si Kecil.


Referensi:

WIC Breastfeeding Support (n.d) - The Phases of Breast Milk. Retrieved 13 April 2023 from https://wicbreastfeeding.fns.usda.gov/phases-breast-milk  

NHS (6 September 2022).Breastfeeding: is my baby getting enough milk? Retrieved 13 April 2023 from https://www.nhs.uk/conditions/baby/breastfeeding-and-bottle-feeding/breastfeeding-problems/enough-milk/  

Parents. (2022). How Can I Tell If My Newborn Is Getting Enough Milk? Retrieved March 13, 2023, from https://www.parents.com/baby/care/how-can-i-tell-if-my-newborn-is-getting-enough-milk/  

Australian Breastfeeding Association (April 2022). Is my baby getting enough breast milk? Retrieved 13 April 2023 from https://www.breastfeeding.asn.au/resources/baby-getting-enough-breastmilk 

American Academy of Pediatrics (8 Mei 2021). Baby's First Days: Bowel Movements & Urination. Retrieved 13 April 2023 from https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Babys-First-Days-Bowel-Movements-and-Urination.aspx  

EMC Healthcare (6 April 2022). Here are 5 Fasting Tips for Mothers Who Are Breastfeeding. Retrieved 13 April 2023 from https://www.emc.id/en/care-plus/here-are-5-fasting-tips-for-mothers-who-are-breastfeeding


“Tumbuh



Bagikan : Facebook WhatsApp