Parenting Corner

Hormon Pertumbuhan dan Manfaatnya pada Tumbuh Kembang Si Kecil

26 April 2024

Hormon Pertumbuhan dan Manfaatnya pada Tumbuh Kembang Si Kecil

Mungkin ada beberapa Moms yang belum familiar dengan istilah hormon pertumbuhan. Beberapa mungkin bertanya-tanya, apa fungsi hormon pertumbuhan pada Si Kecil? 

Untuk memahami lebih lanjut tentang hormon tumbuh kembang anak dan jenis hormon tumbuh kembang pada anak, yuk simak bahasan berikut, Moms. 

Apa Pengertian Hormon Pertumbuhan?

Hormon pertumbuhan atau Human Growth Hormone (HGH) merupakan zat kimia alami yang diproduksi oleh kelenjar pituitary, yang berada di bagian dasar otak dan berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. 

Fungsi penting hormon pertumbuhan adalah meningkatkan ukuran dan volume  otak, pertumbuhan rambut, otot, dan organ-organ dalam tubuh.1 Jumlah hormon pertumbuhan semakin meningkat pada awal kehidupan (anak-anak) dan mencapai puncaknya saat  masa pubertas .1

Selain hormon pertumbuhan, jenis-jenis hormon pada anak lainnya yang berperan dalam tumbuh kembangnya adalah tiroid, insulin, dan hormon steroid. 

5 Manfaat Hormon Pertumbuhan pada Tumbuh Kembang Anak 

Hormon pertumbuhan memiliki manfaat penting pada tumbuh kembang anak di atas 1 tahun. Beberapa manfaatnya antara lain:

  1. Pertumbuhan tulang dan otot. Hormon pertumbuhan memainkan peran utama dalam meningkatkan pertumbuhan tulang dan otot pada anak-anak dimana ini membantu Si Kecil mencapai tinggi badan yang sesuai dengan usianya.1
  2. Metabolisme tubuh. Hormon pertumbuhan juga membantu proses metabolisme tubuh, termasuk pembakaran lemak, menjaga kadar insulin dan gula darah, serta makanan menjadi energi. 
  3. Pertumbuhan organ dan jaringan. Hormon pertumbuhan juga berperan dalam pertumbuhan organ dan jaringan tubuh lainnya, seperti pembentukan sel-sel otak dan perkembangan sistem saraf. 
  4. Mempercepat pemulihan. Hormon pertumbuhan juga membantu memperbaiki kerusakan jaringan dan mempercepat pemulihan setelah cedera atau penyakit. 
  5. Mengoptimalkan perkembangan kognitif. Hormon pertumbuhan juga berperan dalam perkembangan otak atau kemampuan kognitif, daya ingat, kemampuan belajar, dan kemampuan menyelesaikan masalah. 

Baca Juga: Manfaat Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Anak

5 Tips untuk Optimalkan Fungsi Hormon Pertumbuhan

Moms bisa melakukan beberapa tips berikut untuk mendukung fungsi hormon pertumbuhan Si Kecil. 

  1. Kurangi asupan karbohidrat yang berasal dari nasi putih dan tepung, dan pilih karbohidrat kompleks. Lengkapi dengan nutrisi lain seperti protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan perbanyak sayur dan buah. 1
  2. Batasi konsumsi makanan atau minuman tinggi gula
  3. Mengajak Si Kecil aktif latihan fisik atau berolahraga.
  4. Jangan makan terlalu larut, pastikan makan atau minum Si Kecil setidaknya 2-3 jam sebelum tidur malam.
  5. Pastikan waktu istirahat yang cukup, yaitu 7-9 jam setiap malam.1

Selain memberikan menu bernutrisi seimbang, Moms juga bisa menyediakan asupan susu untuk bantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil. 

Moms bisa memberikan susu pertumbuhan, seperti susu LACTOGROW 3 untuk anak usia 1–3 tahun atau LACTOGROW 4 untuk usia 4–5 tahun. 

LACTOGROW 3 Activgro, merupakan satu-satunya susu pertumbuhan dengan Lactobacillus Reuteri yang diperkaya dengan Omega 3 & 6, 13 vitamin, dan 7 mineral yang dapat mendukung pencernaan baik, bantu akal cerdas, dan tubuh aktif.   

Itu tadi bahasan mengenai hormon pertumbuhan dan manfaatnya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil. Semoga bermanfaat, Moms!




Bagikan : Facebook WhatsApp