Parenting Corner

Manfaat Nutrisi Untuk Tumbuh Kembang Anak

04 April 2024

Manfaat Nutrisi Untuk Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya nutrisi dalam tumbuh kembang anak perlu Moms ketahui agar dapat memberikan asupan makanan dan minuman dengan nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil. Nah, apa saja manfaat dan nutrisi penting untuk tumbuh kembang anak? Berikut bahasan lengkap yang bisa Moms simak.

Manfaat Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Anak 

Gizi untuk tumbuh kembang anak merupakan fondasi bagi tumbuh kembang Si Kecil, terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), mulai dari janin hingga usia 2 tahun.   Apa saja manfaat gizi atau nutrisi untuk tumbuh kembang anak? 

  1. Menjaga pertumbuhan Si Kecil berjalan normal

Dengan memberikan asupan makanan dan minuman bergizi, akan sangat penting agar pertumbuhannya optimal di antaranya tinggi dan berat badan yang sesuai dengan kelompok usianya, serta lingkar kepala yang normal.1 

  1. Optimalkan perkembangan kognitif

Asupan nutrisi juga memengaruhi perkembangan kognitif anak, yang mendukung kecerdasan, ketangkasan, kemampuan berpikir, dan produktivitas Si Kecil saat dewasa nanti.

Jenis nutrisi yang berperan pada kemampuan kognitif atau kecerdasan anak, contohnya karbohidrat kompleks, protein, asam lemak omega 3, zat besi, vitamin B6, B12, asam folat, selenium, dan kolin. 

  1. Meningkatkan imun dan mencegah penyakit kronis

Asupan nutrisi yang cukup dan seimbang juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, sehingga mereka lebih tahan terhadap penyakit dan infeksi, termasuk penyakit kronis tidak menular seperti  penyakit jantung, hipertensi, stroke, diabetes, serta kanker. 1

Apa Dampak Kekurangan Nutrisi Tumbuh Kembang Anak? 

Nutrisi yang cukup diperlukan untuk memastikan tumbuh kembang yang optimal pada anak. Jika kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi, akan meningkatkan risiko mengalami gizi buruk yang berdampak pada kesehatan dan perkembangan anak, contohnya sebagai berikut: 

  • Gangguan pertumbuhan fisik, contohnya stunting (kondisi di mana anak memiliki tubuh lebih pendek dibandingkan rata-rata anak seusianya.   
  • Gangguan perkembangan otak atau kognitif, misal sulit konsentrasi, daya ingat dan nalar kurang, kemampuan belajar rendah, dan bisa mengakibatkan produktivitas saat masa dewasa tidak optimal. 
  • Mudah sakit karena sistem imun tubuh rendah. 
  • Berisiko tinggi mengidap penyakit berbahaya, seperti jantung, hipertensi, dan diabetes melitus saat usia dewasa. 

Baca Juga: Dukung Anak Miliki Akal Cerdas dan Pencernaan Sehat

Jenis Nutrisi dan Makanan untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak 

Moms perlu tahu, kebutuhan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil meliputi zat gizi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan zat gizi mikro (vitamin dan mineral, serta serat dan air minum.  Apa saja fungsi masing-masing nutrisi tersebut dan pilihan jenis makanannya? 

  1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh dan dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan, seperti nasi putih, nasi merah, sereal, ubi jalar, roti gandum, dan kentang. 

Menurut pedoman Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, anak usia 1 – 3 tahun membutuhkan 215 gram per hari. 

  1. Protein

Protein memiliki fungsi penting dalam tumbuh kembang Si Kecil, yaitu membantu dalam pembentukan jaringan tubuh, hormon, menjaga kekebalan tubuh, dan mendukung kemampuan kognitif. 

Ada dua jenis protein, yakni protein hewani dan nabati. Protein hewani dapat diperoleh dari daging, ikan, unggas, telur, dan susu, sementara protein nabati terdapat dalam kacang-kacangan, tahu, dan tempe. 4

Kebutuhan protein harian anak usia 1 – 3 tahun berdasarkan AKG adalah 20 gram, sedangkan untuk anak usia 4-6 tahun adalah 25 gram. 5

  1. Lemak 

Selain sebagai sumber energi, lemak juga berperan sebagai pelindung organ tubuh, pelarut jenis vitamin larut lemak (vitamin A, D, E, K), dan komponen penyusun vitamin dan hormon, . Lemak juga membantu dalam fungsi otak dan perkembangan saraf. 

Namun , pastikan Moms memilih jenis makanan yang mengandung lemak sehat, seperti ikan, minyak ikan, alpukat, dan kacang-kacangan.7 

  1. Vitamin 

Beragam jenis vitamin, seperti vitamin A, C, D, E, dan B kompleks, memberikan sejumlah manfaat dalam tumbuh kembang anak, seperti, menjaga kesehatan penglihatan, membantu proses metabolisme, meningkatkan kekebalan tubuh, mendukung pertumbuhan tulang yang sehat, dan perkembangan kognitif.7 

  1. Mineral

Mineral seperti, zink, zat besi, dan kalsium memiliki berbagai fungsi penting dalam tumbuh kembang anak, seperti menjaga fungsi imunitas, meningkatkan kemampuan kognitif, pembentukan hemoglobin, memperkuat tulang dan gigi. 

Moms bisa memberikan makanan dan minuman yang mengandung mineral tersebut, seperti daging, ikan, buah, sayur, dan susu.7

Moms dapat memberikan susu pertumbuhan, seperti susu LACTOGROW 3 untuk anak usia 1–3 tahun atau LACTOGROW 4 untuk usia 4–5 tahun. 

LACTOGROW 3 Activgro, merupakan satu-satunya susu pertumbuhan dengan Lactobacillus Reuteri yang diperkaya dengan Omega 3 & 6, 13 vitamin, dan 7 mineral yang dapat mendukung pencernaan baik, bantu akal cerdas, dan tubuh aktif.       

Dengan memahami manfaat nutrisi tumbuh kembang anak, Moms dapat memberikan asupan makanan dan minuman yang mengandung nutrisi untuk mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil.




Bagikan : Facebook WhatsApp