Parenting Corner

5 Penyebab Gangguan Pencernaan pada Anak

29 April 2024

5 Penyebab Gangguan Pencernaan pada Anak

Moms perlu ekstra waspada saat terjadi gangguan pencernaan pada anak. Pasalnya, sistem pencernaan yang sehat sangat berperan pada tumbuh kembang kesehatan, dan imunitas Si Kecil secara keseluruhan. 

Perlu Moms ketahui, sebagian besar sel dalam sistem pencernaan menghasilkan antibodi, dan sekitar 40% dari jaringan sistem pencernaan terdiri dari kelenjar getah bening. Kedua komponen ini berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, untuk mengetahui lebih banyak tentang penyebab dan cara mengatasi gangguan pencernaan pada anak, simak berikut ulasannya.

6 Gejala Gangguan Pencernaan pada Anak

Bukan cuma sakit perut, berikut ciri-ciri gangguan pencernaan pada anak yang perlu Moms ketahui saat Si Kecil mengalami masalah pada sistem pencernaanya.  

  1. Diare.
  2. Kembung.
  3. Kram perut.
  4. Muntah.
  5. Demam.
  6. Kurang nafsu makan.

4 Penyebab pada Gangguan Pencernaan pada Anak 

Moms, gangguan pencernaan pada Si Kecil, termasuk pada anak usia 3 tahun bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut.

1. Konsumsi makanan tertentu 

Salah satu penyebab umum gangguan pencernaan pada Si Kecil adalah konsumsi makanan pedas, paparan bakteri dan virus, serta alergi makanan tertentu (seperti seafood, dan telur).

2. Kurang Serat dan Cairan

Kekurangan serat dan cairan dalam diet anak dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit. Selain itu, kekurangan serat juga dapat berkontribusi pada masalah obesitas dan diabetes.

3. Gangguan kecemasan

Kecemasan atau stres pada Si Kecil juga dapat menjadi pemicu gangguan pencernaan, menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri pada perut.

4. Kondisi medis tertentu

Beberapa penyakit seperti sindrom usus iritabel (Irritable Bowel Syndrome/IBS) dan penyakit radang usus (Inflammatory Bowel Disease/IBD) dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada Si Kecil, termasuk nyeri perut, diare, dan kembung.

Baca Juga: Ciri Pencernaan Anak Tidak Sehat dan Faktor Penyebabnya

7 Cara Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Si Kecil 

Untuk menjaga kondisi kesehatan dan mencegah Si Kecil mengalami gangguan pencernaan, berikut beberapa tips yang bisa Moms lakukan: 

  1. Menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan untuk mencegah paparan bakteri dan virus yang dapat mempengaruhi pencernaan.
  2. Menjaga Si Kecil untuk mengonsumsi cukup air minum minimal 8 gelas setiap hari.
  3. Jaga pola dan jadwal makan Si Kecil agar teratur.
  4. Memberikan pijatan lembut atau kompres hangat di perut Si Kecil untuk mengurangi ketidaknyamanan.
  5. Minta Si Kecil untuk rutin berolahraga untuk membantu menjaga imun dan juga untuk mencegah sembelit.
  6. Menjaga pola tidur dan istirahat yang cukup.
  7. Menjaga kebutuhan makanan Si Kecil dengan nutrisi seimbang, salah satunya makanan kaya serat seperti sayur dan buah-buahan.

Untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisinya, Moms bisa menyediakan asupan susu bagi Si Kecil. Moms bisa memberikan susu pertumbuhan, seperti susu LACTOGROW 3 untuk anak usia 1–3 tahun atau LACTOGROW 4 untuk usia 4–5 tahun.

LACTOGROW 3 Activgro, merupakan satu-satunya susu pertumbuhan dengan Lactobacillus Reuteri yang diperkaya dengan Omega 3 & 6, 13 vitamin, dan 7 mineral yang dapat mendukung pencernaan baik, bantu akal cerdas, dan tubuh aktif.

Itu tadi pembahasan seputar gangguan pencernaan pada anak dan tips untuk pencegahannya agar Si Kecil senantiasa sehat dan aktif. Semoga informasi ini bermanfaat!




Bagikan : Facebook WhatsApp